Google Membuat Banyak Orang Menjadi Pintar

Tidak terbayangkan, apa yang harus dilakukan jika melakukan pencarian di internet tanpa adanya mesin pencari. Wah, betapa repotnya. Miliaran halaman web tersedia di internet, dan halaman-halaman tersebut selalu tumbuh setiap waktunya. Baik selaku pihak yang ingin berbagi informasi dengan domain mereka sendiri, seperti kalangan perusahaan, penerbitan, pemberitaan, hobbiest, kelompok diskusi, catatan pribadi, opini pribadi, dst., maupun melalui mesin-mesin yang menciptakan data dan informasi secara otomatis.

Berikut ini beberapa kejadian singkat yang menarik untuk diangkat dengan keberadaan mesin pencari, termasuk Google salah satunya.


Tugas Belajar/Kuliah

Saya jadi ingat ketika mengajar di perguruan tinggi, mahasiswa begitu hebatnya dalam menyelesaikan tugas mereka, misalnya diminta untuk mengetahui bagaimana cara kerja suatu alat, dalam beberapa hari, tugas-tugas mereka pun sudah terkumpul melalui e-mail. Bahkan ada yang kurang dari 24 jam, mereka sudah mampu memberikan laporan mereka.

Saya sendiri kadangkala tersenyum, belum tentu seluruh dosen pun dapat mengakses informasi seperti yang mereka lakukan. Bahkan untuk beberapa kasus, bisa saja siswa sekolah menengah lebih mudah mendapatkan berbagai informasi dibandingkan guru mereka.

Beasiswa dan Kuliah ke Luar Negeri

Begitu banyaknya informasi yang tersedia mengenai beasiswa di internet, namun tidak mudah juga untuk mencari informasinya jika tanpa bantuan mesin pencari seperti Google.

Google merupakan alternatif yang patut diperhitungkan untuk mencari informasi beasiswa ini. Dengan mengetikkan kata “scholarship” akan muncul jutaan informasi tentang beasiswa yang bisa anda akses, jika ingin lebih detil lagi, katakanlah anda ingin beasiswa untuk universitas yang ada di Jepang, tinggal masukkan kata kunci seperti [scholarship japan university] maka akan muncul informasi yang lebih detil lagi.

Begitu banyaknya para pencari beasiswa memanfaatkan fasilitas ini. Google mempermudah mereka untuk mendapatkan informasi sehingga bisa untuk ditindaklanjuti oleh mereka.

Strategi Bisnis

Persaingan bisnispun selalu tumbuh dan semakin tajam. Lalu bagaimana caranya agar strategi bisa semakin jitu? Banyak kasus-kasus yang ada di dunia ini, baik berupa keberhasilan dan kegagalan.

Langkah apa yang paling tepat untuk bisnis anda? Carilah di internet, manfaatkan Google sebagai mesin pencari, masukkan kata kunci yang anda inginkan. Temukan secara jitu!

Media Promosi

Tidak sedikit e-mail yang dikirimkan kepada penulis, kenapa situs mereka jarang dikunjungi? Bermacam-macam kasus yang dapat mengakibatkan hal demikian, termasuk diantaranya strategi untuk berpromosi di dunia maya, seperti memanfaatkan mesin pencari sebagai media promosi.

Beritahulah mesin pencari tersebut tentang keberadaan situs anda, susunlah informasi yang ada di dalamnya agar menarik untuk ditampilkan oleh mesin, dan menarik juga untuk dibaca oleh manusia, sehingga ketika suatu kata kunci dicari di mesin pencari, maka situs anda akan menjadi prioritas untuk ditampilkan.

Manfaatkanlah mesin pencari ini!

Orang yang Awal Mengetahui Informasi

Banyak orang yang menjadi perhatian lingkungan di sekelilingnya karena mereka adalah orang yang mengetahui informasi terlebih dahulu. Contohnya tidak usah jauh-jauh, seseorang yang mengungkapkan informasi terbaru terlebih dahulu di lingkungannya, akan menjadi perhatian lebih dari orang-orang yang ada di sekeliling mereka.

Apalagi dengan keberadaan mesin pencari, setiap orang bisa mendapatkan informasi terkini dari belahan negara sana, ingin mencari informasi tentang karyatulis ilmiah? Penelitian? Bola? Gosip? Dst? Ya, tinggal cari di mesin pencari saja!

Membeli Barang Murah

Ketika sebuah produk terkenal dikeluarkan, banyak orang yang mengincar produk tersebut untuk menjadi pemilik awal, atau bahkan iseng sekedar mengetahui spesifikasinya.

Begitu juga dengan berbagai hal lainnya. Anda mau beli tiket murah? Airasia sebagai salah satu contohnya, mereka memberikan penawaran yang lumayan murah jika membeli tiket mereka langsung dari internet.

Mau beli TV, Buku, VCD, atau lainnya, kenapa tidak dicari saja di internet? Temukan melalui mesin pencari! Google menyediakan fasilitas untuk anda yang ingin shooping di luar negeri, tanpa harus ke luar negeri sana!

Foto dari Satelit

Anda ingin mendapatkan foto dari satelit untuk daerah-daerah tertentu? Google dengan layanan foto satelitnya siap juga membantu anda. Gunakanlah layanan Google Earth!

Peta Lokasi

Anda punya kerabat di sebuah kota di Amerika sana, dan ingin mengunjungi mereka? Atau bahkan hanya sekedar untuk melihat-lihat nama jalan yang ada di sekeliling tempat tinggalnya?

Google siap membantu anda! Anda akan tahu peta alamat mereka tanpa harus membeli peta di negara asalnya!

Banyak Lagi!

Dan..... masih banyak fasilitas pencarian yang mungkin anda lakukan! Gunakanlah Google!

Buktikan bahwa mesin mereka ini mampu membantu ada dalam banyak hal!

___________
jack Febrian -- Dosen dan Praktisi Teknologi Informasi di Bandung. Telah menulis beberapa buku, diantaranya Menggunakan Internet, Kamus Komputer dan Teknologi Informasi, Menjelajah Dunia dengan Google, Tentang Pendidikan Tinggi di Indonesia, dll..
sumber : artikel.total.or.id
Previous Post Next Post