Breaking News
Loading...
29 January 2009

Terjemahan Online Al-Qur'an dan Al-Kitab

Thursday, January 29, 2009
Bagi sebagian besar orang, kamus terjemahan Al-Qur’an dan Al-Kitab online ke berbagai bahasa dalam satu situs adalah hal yang biasa, tapi jika ada kamus terjemahan dua Kitab tersebut dalam satu situs itu bukanlah hal yang biasa. Adalah Radio Nederland Wereldomroep bekerja sama dengan Organisasi Antar Gereja Belanda (IKON), meluncurkan program online terjemahan dua kitab tersebut. Dan yang bagus lagi hasil pencarian akan di tampilkan bersebelahan. Contoh, jika kita mencari kata “Isa” di dalam Al-Quran dan Al-Kitab, cukup ketik dan klik, mesin akan mencarinya dan hasilnya kan ditunjukkan bersebelahan: di kiri versi Al-Kitab dan di kanan versi Al-Quran. Demikian pula jika kita ingin mencari kata kunci yang lain hasilnya akn ditampilkan bersebelahan.

Meski kelihatannya sepele, pembuatan situs ini sempat membuat ‘panas-dingan’ beberapa pengamat di barat, menurut pengkritik, ini mengherankan, tapi menurut penggagas, dibuatnya situs ini karena adanya persamaan antar kedua agama besar ini.
Manfaat situs ini, bagi orang Kristen, mereka dapat memperoleh informasi tentang Al-Qur’an. Dan bagi orang Islam mereka dapat mengenal Al-Kitab. Sedang bagi yang tidak beragama dapat mempertimbangkan keduanya.

“Media memuat banyak opini tentang Al-Qur’an. Kami menberikan orang-orang itu pegangan. Suatu cara untuk melihat sendiri apakah yang mereka dengar itu benar atau tidak. Memberi penilaian pribadi,” jelas Marloes dari IKON. Dan IKON sedang mengembangkan situs ini ke bebagai bahasa. Atau kalau tidak ada bahasa yang akan kita pakai, gunakan saja google terjemah untuk melakukannya.

Yang perlu diingat, penerjemah Al-Qur’an untuk situs ini adalah Fred Leemhuis, seorang yang dikenal sebagai pengkritik Al-Qur’an. Nah jika nanti dalam penerjemahannya ada yang disembunyikan, Anda harap hati-hati. Untuk mencobanya silakan kunjungi http://www.bibleandkoran.net (SaHid)
gambar dari bibleandkoran

22 comments:

  1. Terimakasih atas infonya... :D

    ReplyDelete
  2. banyak orang yang tidak paham penafsiran sebenarnya dari al-qur'an, termasuk saya :$
    mudah2an aj ini bukan penyesatan terhadap al-qur'an ya..

    Nice post..maksih sharingnya..

    ReplyDelete
  3. Mantap cuy...
    sukses ya...

    silahkan mampir..
    http://gitarkeren.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. assalammualaikum... mas topik ini sangat menarik.. saya ingin berkomentar banyak, tapi jujur saja saya masih berpikir apakah ini akan SARA... saya mungkin berkomentar secara ilmiah saja ya...
    pada dasarnya ide situs itu, saya bilang TOP-Brillian,hanya satu dulu pertanyaan saya satu mas.. "Kalau mau menterjemahkan Antara Al-Qur'an dengan Al-Kitab, Samakah Versinya?" Qur'an yang kita gunakan versinya belum pernah berubah dari jaman Rasullullah, Jadi Al-Kitab versi mana yang digunakan situs tersebut?
    saya bukan ahli kitab, tetapi dalam ilmu komparasi, pembanding itu harus seimbang. baik dari segi waktu, tempat, dan keasliannya.. trims.. semoga ada manfaat, dan kita berdiskusi lewat blog ini.. bukan berdebat tetapi saling tukar pirikan, bukan tukar hujatan... wassalammualaikum...

    ReplyDelete
  5. @OnlineBuku
    wah mau berkomentar banyak ya? berkomentar saja apa saja, kritik atau saran ga' apa2 kok :D
    Al-Kitab yang saya maksud adalah injil kepunyaan kaum Nasrani. Karena memang Al-Kitab juga digunakan dalam Islam tapi untuk jaman sekarang nama Al-Qur'anlah yang digunakan, bukan Al-Kitab karena nama Al-Kitab ini sudah identik dengan "miliknya" agama Nasrani. Thanks

    ReplyDelete
  6. wuh yang ini keren nih.......sip mas.lanjut trus tips-tips nya

    ReplyDelete
  7. wah....kalu boleh tau apa nama situsnya....
    apa bisa diterjemahkan dalam bahasa indonesia juga...

    ReplyDelete
  8. Wah bagus banget nih infonya Ihsan

    ReplyDelete
  9. muantap nih infonya

    apalagi buat sy untuk menambah pengetahuan tentang agama

    keep posting...

    Good n Very Nice blog... Good Luck !!! may u add my link please !!!! tq b-4

    "Good Luck n Success trussss friend !!!!:thumbsup:"

    ReplyDelete
  10. Enak teenaaan infonya, banyak2 yaaa :D

    ReplyDelete
  11. Andai saja kedua ahama ini rukun berdampingan kayak di situs itu ;;)

    ReplyDelete
  12. Alhamdulillah
    mudah-mudahan Alquran yang digunakan versi asli bukan versi propraganda barat

    ReplyDelete
  13. anything can happen terutama di internet, bisa jadi si pembuat berat sebelah, bisa negatif tuhhh hasilnya. apalagi kalo orang islam yang awam malah bisa jadi tersesat juga... hemmhh kudu hati hati neh.. pertebal iman

    ReplyDelete
  14. Saya coba cari dengan kata kunci " muhammad " al hasil terjemahan dari alqur'an banyak hasilnya sementara di sisi bibble hasil nya " nol " pantas saja banyak orang selain islam tidak kenal betul dengan suri tauladan nabi muhammad dalam kitab mereka tidak ada sama sekali. Padahal yang saya tau di semua kitab yang pernah turun ke muka bumi ini sudah pasti ada menganai muhammad sebagai nabi terakhir. nlai negatif dari saya untuk web itu. menyesatkan

    ReplyDelete
  15. Contoh, jika kita mencari kata “Isa” di dalam Al-Quran dan Al-Kitab, cukup ketik dan klik, mesin akan mencarinya dan hasilnya kan ditunjukkan bersebelahan: di kiri versi Al-Kitab dan di kanan versi Al-Quran.

    ReplyDelete
  16. cukup ketik dan klik, mesin akan mencarinya dan hasilnya kan ditunjukkan bersebelahan: di kiri versi Al-Kitab dan di kanan versi Al-Quran.

    ReplyDelete
  17. Al-Qur’an. Kami menberikan orang-orang itu pegangan. Suatu cara untuk melihat sendiri apakah yang mereka dengar itu benar atau tidak. Memberi penilaian pribadi,” jelas Marloes dari IKON.

    ReplyDelete
  18. thanks for good post and it s content.

    ReplyDelete
  19. semoga terjemahannya tidak bertentangan dengan penafsiran al-qur'an sebenarnya

    ReplyDelete

Komentar Anda mewakili siapa Anda
Be Your Self !

 
Toggle Footer