Breaking News
Loading...
29 January 2009

Terjemahan Online Al-Qur'an dan Al-Kitab

Thursday, January 29, 2009
Bagi sebagian besar orang, kamus terjemahan Al-Qur’an dan Al-Kitab online ke berbagai bahasa dalam satu situs adalah hal yang biasa, tapi jika ada kamus terjemahan dua Kitab tersebut dalam satu situs itu bukanlah hal yang biasa. Adalah Radio Nederland Wereldomroep bekerja sama dengan Organisasi Antar Gereja Belanda (IKON), meluncurkan program online terjemahan dua kitab tersebut. Dan yang bagus lagi hasil pencarian akan di tampilkan bersebelahan. Contoh, jika kita mencari kata “Isa” di dalam Al-Quran dan Al-Kitab, cukup ketik dan klik, mesin akan mencarinya dan hasilnya kan ditunjukkan bersebelahan: di kiri versi Al-Kitab dan di kanan versi Al-Quran. Demikian pula jika kita ingin mencari kata kunci yang lain hasilnya akn ditampilkan bersebelahan.

Meski kelihatannya sepele, pembuatan situs ini sempat membuat ‘panas-dingan’ beberapa pengamat di barat, menurut pengkritik, ini mengherankan, tapi menurut penggagas, dibuatnya situs ini karena adanya persamaan antar kedua agama besar ini.
Manfaat situs ini, bagi orang Kristen, mereka dapat memperoleh informasi tentang Al-Qur’an. Dan bagi orang Islam mereka dapat mengenal Al-Kitab. Sedang bagi yang tidak beragama dapat mempertimbangkan keduanya.

“Media memuat banyak opini tentang Al-Qur’an. Kami menberikan orang-orang itu pegangan. Suatu cara untuk melihat sendiri apakah yang mereka dengar itu benar atau tidak. Memberi penilaian pribadi,” jelas Marloes dari IKON. Dan IKON sedang mengembangkan situs ini ke bebagai bahasa. Atau kalau tidak ada bahasa yang akan kita pakai, gunakan saja google terjemah untuk melakukannya.

Yang perlu diingat, penerjemah Al-Qur’an untuk situs ini adalah Fred Leemhuis, seorang yang dikenal sebagai pengkritik Al-Qur’an. Nah jika nanti dalam penerjemahannya ada yang disembunyikan, Anda harap hati-hati. Untuk mencobanya silakan kunjungi http://www.bibleandkoran.net (SaHid)
gambar dari bibleandkoran

22 comments:

Post a Comment

Komentar Anda mewakili siapa Anda
Be Your Self !

 
Toggle Footer