Breaking News
Loading...
19 November 2009

Kiamat Kubro (Besar) dan Kiamat Sugro (kecil)

Thursday, November 19, 2009
Tahu kan Sob kalau sekarang sedang hangat-hangatnya atau panasnya berita tentang kiamat (Kubro/besar) yang berasal dari prediksi suku Maya yang katanya ahli nujum tersebut? tentu saja pro kontra muncul menggema di seluruh penjuru dunia termasuk Indosesia :D aplagi ditambah dengan munculnya film 2012 yang mengisahkan tentang kiamat nanti ( saya belum ninton :)) waw menambah kengerian berita tersebut dan tambah merinding bulu kuduk ini. Berbagai opini muncul dan mengomentari film tersebut bahkan ada yang melarang nonton film tersebut tapi justru penjualannya laris manis karena memang filmnya lagi booming :D he he he aneh ya?

Tapi ngapain juga kita ngurus berita kiamat beserta film pendukungnya tersebut? toh juga Nabi Muhammad SAW tidak tahu kapan kiamat terjadi, apalagi kita? JANGAN SOK TAHU! Beliau hanya menyampaikan tanda-tanda kiamat melalui banyak hadits beliau. Insya Allah banyak yang shahih dan dapat dipertanggungjawabkan. Tapi kalau melihat tanda-tandanya di jaman ini, banyak yang mirip dengan tanda-tanda tersebut, contoh: lelaki yang kewanita-wanitaan dan wanita yang kelelakian, zina merajalela, hukum rimba, memakai baju seperti tidak memakai baju, dan waktu yang "terasa" pendek serta masih banyak lagi. Tapi ditengah berita hangat dan panas tentang kiamat kubro, sadarkah kita kalau ternyata ada kiamat sugro? atau kiamat kecil seperti musibah dan kematian yang datang tidak diundang dan dijemput dan pergi tanpa diantar karena tanpa pemberitahuan, ya KEMATIAN datang kepada siapa saja, dimana saja dan kapan saja. Sudah siapkah kita menerima takdir kematian yang menjadi salah satu hal yang ghaib ini?

Kematian pasti datang kepada semua orang, bahkan saat saya ngetik posting ini atau Anda sedang membaca posting ini, pasti ada manusia yang meninggal, entah berapa nyawa dalam hitungan detik yang merenggang dan melayang. Kapanpun kiamat kubro terjadi, kita hanya berdoa semoga kita bukan salah satu orang yang bertemu dengan kiamat kubro ini, aamiin. karena orang yang bertemu kiamat kubro adalah seburuk-burk umat manusia dari jaman Nabi Adam hingga kiamat tiba. jadi kita tidak usah memikirkan kapan kiamat kubro datang? GA PENTING! yang penting SUDAH SEBERAPA SIAPKAH KITA MENGHADAPI MAUT?

173 comments:

  1. *ngambil PERTAMAX dulu aahh...*

    seperti yg banyak diberitakan kalau 2012 akan ada kiamat tapi saya tidak percaya karena yg tau kiamat itu Allah seperti yg Ihsan bilang. Menurut saya, ini adalah peringatan agar kita kembali ke jalan yg lurus. :27

    ReplyDelete
  2. Setuju bro, kiamat datangnya sewaktu waktu

    ReplyDelete
  3. Setuju bos.. kiamat datang Allah yg mengatur,, gak perlu sibuk nentuin tahun nya segala,, semua rahasia Illahi.. sukses selalu

    ReplyDelete
  4. salah besar kalau ada yang berpendapat bahwa kiamat datangnya sewaktu waktu kl ada yang berpendapat demikian berarti orang tsb tdk pernah 'belajar' agama. meskipun kiamat itu rahasia Allah, kiamat itu tidak langsung ujug-ujug datang tapi kiamat itu ada tanda tandanya, di mendekati akhir zaman akan muncul imam mahdi lalu mucul dajjal kemudian nabi Isa turun dari langit.
    ini adalah tanda tanda kiamat besar :
    # Asap,
    # Dajjal,
    # Binatang,
    # terbit matahari dari tempat tenggelamnya,
    # turunnya Isa bin Maryam alaihissalam,
    # munculnya Yajuj dan Majuj,
    # tiga kali gempa bumi, sekali di timur,
    # sekali di barat dan
    # yang ketiga di Semenanjung Arab
    # yang akhir sekali adalah api yang keluar dari arah negeri Yaman yang akan menghalau manusia kepada Padang Mahsyar mereka”
    bila tanda2 tsb blm tampak berarti belum akan ada kiamat besar...

    ReplyDelete
  5. salah besar kalau ada yang berpendapat bahwa kiamat datangnya sewaktu waktu kl ada yang berpendapat demikian berarti orang tsb tdk pernah 'belajar' agama. meskipun kiamat itu rahasia Allah, kiamat itu tidak langsung ujug-ujug datang tapi kiamat itu ada tanda tandanya, di mendekati akhir zaman akan muncul imam mahdi lalu mucul dajjal kemudian nabi Isa turun dari langit.
    ini adalah tanda tanda kiamat besar :
    # Asap,
    # Dajjal,
    # Binatang,
    # terbit matahari dari tempat tenggelamnya,
    # turunnya Isa bin Maryam alaihissalam,
    # munculnya Yajuj dan Majuj,
    # tiga kali gempa bumi, sekali di timur,
    # sekali di barat dan
    # yang ketiga di Semenanjung Arab
    # yang akhir sekali adalah api yang keluar dari arah negeri Yaman yang akan menghalau manusia kepada Padang Mahsyar mereka”
    bila tanda2 tsb blm tampak berarti belum akan ada kiamat besar...

    ReplyDelete
  6. apa pun masalahnya sudah seharusnya kita lebih mendekatkan diri kepadaNya, betul mas mungkin ini cuma peringatan

    ReplyDelete
  7. Kalo dah kiamat, gak perlu susah-susah nyari kerja lagi lah ya... capek, cari kerja susah bro :13 kalo gak di surga ya di neraka tergantung amal perbuatannya di dunia.

    ReplyDelete
  8. Pasti datang, tapi entah kapan...
    Dan pastinya nggak mesti 2012...

    ReplyDelete
  9. Yupz kiamat besar (kubro) datangnya didahului oleh tanda2 terlebih dahulu sedangkan kiamat sugra (salah satunya kematian) bisa datang kapan saja :20

    ReplyDelete
  10. :28 mau menculik sang koruptor buat penyumpal gempa

    ReplyDelete
  11. tidak ada yang tahu kapan kiamat akan terjadi....

    ReplyDelete
  12. :39 yaa betul sob, sudah siapkah kita..?
    haduh berasa banget iman ini lagi turun²nya nih sob... dari lubuk hati yg paling dalam sih saya takut banget... tapi kiamat itu pasti terjadinya...

    :42 mmm tapi masih penasaran sih pengen nonton...

    ReplyDelete
  13. betul mas, setiap orang pasti akan mengadapi kematian. kita tidak perlu memikirkan kapan hari kiamat.. itu diluar kekuasaan manusia. Yang penting kita harus selalu siap di dunia dan akhirat, banyak beramal beribadah.

    ReplyDelete
  14. Setuju mas, jadi ga' perlu ribut soal kiamat. :19 Pa lagi sampe demo soal film 2012, harusnya kan diambil hikmahnya saja..:14

    ReplyDelete
  15. Dari Abu Hurirah ra., ia berkata, "Rasulullah Saw bersabda: Pada hari Qiyamat Allah berfirman: Di manakah orang-orang yang senang pada kebesaran-ku?, Pada hari ini aku menaunginya dalam naungan-Ku, pada hari tidak ada naungan selain naungan-Ku."

    ReplyDelete
  16. It would be but not now. We have get ready for that.

    ReplyDelete
  17. Still i have not seen this movie but seems this movie controversial. I think this movie spreading humor.

    ReplyDelete
  18. apa ini efek dari FILM 2012???

    ReplyDelete
  19. malam mas
    postingan yg baik
    salam hangat selalu

    ReplyDelete
  20. Keren banget tuh film 2012. Tetapi untuk kiamat kayaknya belum deh..Karena imam mahdi dan nabi isya belum turun. Palestina belum merdeka, karena nabi isya dan imam mahdi akan shalat di mesjidil aqsha.

    ReplyDelete
  21. Kiamat Sughro atau kiamat kecil terjadi ketika orang-orang bodoh dan lalim menjadi penguasa, dimana terjadi penzaliman besar-besaran terhadap kebenaran dan ketika orang-orang pandai dan para ilmuwan sudah menjual kebenaran untuk kenikmatan dunia.

    Kiamat Sughro terjadi ketika orang-orang yang lemah dan tertindas, tak ada lagi yang membela. Dan, kiamat kecil terjadi ketika orang-orang yang teraniaya sudah tidak tahu lagi kemana harus mengadu. Di situlah terjadi kiamat kecil, di mana Tuhan akan memberikan adzab. (kalau kita bersama merenungkan situasi sekarang ini,....... apakah hal ini sudah terjadi?)

    ReplyDelete
  22. kapan kiamat tiba? Tidak penting kapan tiba.yang penting mari kita mempersiapkan diri untuk itu. Asal, masih ada harapan akan keadilan, kebenaran dan ketakwaan terhadap Tuhan.
    :12:40

    ReplyDelete
  23. jika ditanya sudah seberapa siapkah kita menghadapi maut??? Astagfirullah, sudahkah saya mempersiapkan diri saya untuk kehidupan di akhirat nanti. Ampunkan dosa hambamu ini ya Allah.
    Terimakasih telah mengingatkan mas Ihsan.

    Btw, ada informasi tambahan yang sedikit melenceng dari diskusi. Maaf ya, karena ada AWARD yang sayang saya berikan untuk mas Ihsan.

    Silahkan diambil dan dikonfirmasi ya. Salam sukses dan selamat dunia akhirat

    ReplyDelete
  24. Kagak usah percaya ama suku maya,mereka kan cuma manusia :D

    ReplyDelete
  25. mantapp mas ulasannya..
    dapat menyadarkan bagi siapa yg membacanya.. ;)

    maaf, baru sempat balas berkunjung mas.. coz koneksi lg rada rewel nih beberapa hari ini.. ;)

    ReplyDelete
  26. Sepakat tuh, sob. Kiamat sudah ada yang ngatur. So, gak usah khawatir deh. Paling tidak, semuanya harus dijadikan pelajaran agar kita tambah mawas diri. Betul nggak? Hehe....

    Salam akrab...

    ReplyDelete
  27. Ya gara-gara film Doomsday 2012 kan ada posting ini. Ya semua itu ada hikmahnya kan, ada yang pro dan ada yang kontra. Thanks ya IHSAN

    ReplyDelete
  28. Setuju Pak
    Mending nguatin ibadah daripada mikirin 2012
    Mau Kiamat kecil mau kiamat besar juga sama2 mati
    ______________________________________________
    Tidak menolak kunjungan Anda ke blog saia yang lain di http://rizaherbal.wordpress.com/

    ReplyDelete
  29. yang jelas, barat itu "confuse"dengan cara pandang mereka terhadap kiamat

    ReplyDelete
  30. Yup bos memang benar ada kiamat kubro dan sugro...thanks sudah dijelaskan.

    ReplyDelete
  31. yang penting persiapkan diri dulu..

    ReplyDelete
  32. itu kan hanya persepsi manusia saja... yang jelas wallahu a'alam bishowab..

    ReplyDelete
  33. betul sob, postingan ente cocok sbg penguat iman di tengah gencarnya isu kiamat 2012, dulu pernah diramal akan terjadi kiamat pd tgl 9-9-1999, tapi ternyata?

    ReplyDelete
  34. This movie have massive illusion of disaster to earth. Such movie should not be pass by censer board.

    ReplyDelete
  35. Saya suka teori konspirasi yg bilang, umat manusia bakalan bisa bersatu di bawah satu pemerintahan jika ada serangan mahluk asing dari luar angkasa.

    Dan satu2nya negara yg pengen menguasai dunia dalam satu pemerintahan cuma AS (dari mata uangnya, new order). Dan film2 2012 ini cuma grand design sebelum rekaya sejarah berikutnya dari negara adidaya tersebut.

    Pemusnahan massal umat manusia dengan alien (stealth mode, di mana alien adalah AS itu sendiri). Bener2 teori konspirasi yg membuat saya berdecak kagum.

    ReplyDelete
  36. @ Uchan
    Saya juga pernah membaca sebuah buku tentang teori konspirasi internasional untuk menyatukan dunia dalam satu payung kekuasaan dan saat itu disebut dengan nama new world, new language and new religion dan tahap2an serta langkah2 penyatuan sedang dimuali saat ini dan siapa lagi yang membuat konspirasi seperti ini kalau bukan AS dan Zionis :17

    ReplyDelete
  37. Setubu, manusia gak akan pernah tau kapan kiamat datang. Mbok yao ngurusi meneh nang akherat gowo opo?

    ReplyDelete
  38. yang jelas, yang penting persiapkan diri dulu..

    ReplyDelete
  39. Nice emoticons, keep up the good work. :22

    ReplyDelete
  40. Recently i have seen this movie, it's full or actions and drama. The plot of this movie seems dramatic. Many people were talking about the really disaster of earth when i was watching this movie. I think this is totally a humor.

    ReplyDelete
  41. Kiamat pastilah akan datang entah kapan itu tapi percaya pada ramalan adalah perbuatan dosa

    ReplyDelete
  42. Stunning action and such great direction. I am really impressed with this movie.

    ReplyDelete
  43. kalo denger kiamat .... ihh ngeri...
    mendingan sekarang kita hidup di jalan Alloh SWT, jd kalo tiba2 ada kiamat kita dah siap. he..he..

    ReplyDelete
  44. Thank's Infonya

    Ditunggu kunjungannya

    ReplyDelete
  45. Saya setuju dengan postingannya maz...
    datangnya kiamat nggak ada yang tau hanya ALLAH SWT yang tau kapan kiamat kubro bener - bener terjadi kita sebagai manusia wajib untuk mempersiapkan diri untuk datangnya hari kiamat itu.. ^^

    ReplyDelete
  46. yang penting kita harus siap menghadapinya

    ReplyDelete
  47. Film 2012 udah tersedia gratis di Internet Sob...

    ReplyDelete
  48. Tidak ada yang tahu kapan terjadinya hari kiamat

    ReplyDelete
  49. Beribadahlah untuk akhiratmu seolah-olah kamu akan mati besok, carilah rezeki (bekerja) untuk dunia mu seolah-olah kamu akan hidup 1000 tahun.

    ReplyDelete
  50. beribadahlah seakan2 besok akan kau mati besok
    dan bekerjalan se akan2 kau hidup selamanya
    jadi intinya yang penting kita giat beribadah dan giat bekerja,jadi hidup di dunia sejahtera,meninggal masuk sorga..betull..??!

    ReplyDelete
  51. saya ''mamas'' pernah lihat film, memang serem sih tapi semua itu saya jadikan motifasi untuk jadi yang lebih baik

    ReplyDelete
  52. Film 2012 ternyata gak seserem yang aku bayangin, pas aku tonton, eh.. biasa aja tu....

    ReplyDelete
  53. daripada mikirin kiamat. lebih baik cari amal..
    lam knl ya mas...

    ReplyDelete
  54. Wah bener ni. . .kiamat qubro kan diatandai dengan datangnya imam mahdi,dajzal dan nabì isa. . .

    ReplyDelete
  55. Wah bener ni. . .kiamat qubro kan diatandai dengan datangnya imam mahdi,dajzal dan nabì isa. . .

    ReplyDelete
  56. Visit http://fatma-snow.blogspot.com

    ReplyDelete
  57. Visit http://fatma-snow.blogspot.com

    ReplyDelete
  58. wah,, makasih mas infonya tentang kiamat . . .

    ReplyDelete
  59. I 'll try to keep focus on it. Thanks for the reminder buddy.

    ReplyDelete
  60. Thanks buddy for sharing the useful and informative post.

    ReplyDelete
  61. semoga aku diselamatkan oleh allah swt

    dan dapat syafaat nabi muhammad saw

    amin allahuma amin

    ReplyDelete
  62. Its really a very nice article. I am very much impressed with your ideas. You always come up with different ideas. I always wait for your updates. Thanks for sharing such a great article buddy.

    ReplyDelete
  63. betul banget mas... gak akan ada manusia tahu kapan dia akan meninggal

    ReplyDelete
  64. kiamat kubro dan musibah/kematian hanya Allah swt yg tau waktuna .. kita hrs menyiapkan diri sedini mungkin .. mrk bs terjadi stiap ssat

    ReplyDelete
  65. The plot of this movie seems dramatic. Many people were talking about the really disaster of earth when i was watching this movie.

    ReplyDelete
  66. contemplation for us di hari jumat yg penuh berkah.insyaAllah..

    ReplyDelete
  67. tetap berusaha untuk melakukan hal yng terbaik saja...

    ReplyDelete
  68. Kiamat adalah hak proegratif Alloh swt, Makluk di dunia tidak ada yang tahu kapan datangnya, kiamat

    ReplyDelete
  69. Ngenalin nih...
    Ya pada intinya kita juga harus siap menghadapi dua macam kiamat tersebut..

    ReplyDelete
  70. The theme and context is good, however some one may or may not like this. Thanks for sharing.

    ReplyDelete
  71. tukeran banner.. kirim info ke blogku

    ReplyDelete
  72. Betul tuh sob, trims atas info artikelnya..

    ReplyDelete
  73. Kita tingkatkan ketaqwaan kita aza gan,,, semoga kita termasuk golongan orang yang beruntung,,,

    ReplyDelete
  74. Sincerely, your article goes to the nitty-gritty of the topic. Your pellucidity leaves me wanting to know more. I will instantly grab your feed to keep up to date with your website. Sounding Out thanks is simply my little way of saying bravo for a remarkable resource. Accept my warmest wishes for your incoming publication.

    ReplyDelete
  75. setju mas ikhsan, saya juga tidak percaya kalao kiamat itu bisa di ketahui oleh manusia. itu artinya mengalahkan malaikat dan rasulullah -sallahu alaihi wa sallam-. kenapa ya orang pada disibukkan dengan kiamat kubro dan isunya. padahal kiamat surgo sugro

    ReplyDelete
  76. Exactly what i was looking for thank you very much for the article. A memorable example of text.Thanks for taking the time to post such a detailed and informative article.

    ReplyDelete
  77. It has been a remarkable achievement that the Google have introduce the moon map to explore.The Google map has also introduce the Mars map too to have the ingredient in their Google map application.

    ReplyDelete
  78. The excess of deposits after putting aside required reserves is called excess reserves.

    ReplyDelete
  79. Today we have varsities of computer accessories in the market and which hence provide us the more celebrate option choose and use that product.

    ReplyDelete
  80. I have always been hesitant to try them because I’ve heard they don’t always work.

    ReplyDelete
  81. I really discovered you by mistake, while I was searching Yahoo for one thing else, At Any Price I am here now and would just like to say thanks..

    ReplyDelete
  82. They are also very affordable, and come in various shape, styles and sizes that would definitely match your kitchen needs.

    ReplyDelete
  83. The film 2011 did actually give me the creeps but I don't believe that all this will happen.

    ReplyDelete
  84. These are the really exciting one which I think should be enjoyable and celebrated best of all.

    ReplyDelete
  85. We’ll see how it goes this time and how much pee I will be covered in by breakfast time every morning.

    ReplyDelete
  86. Websites take a while to be well-grounded, however many of my sites are already beginning to bring in a steady income everyday.It has been the remark.

    ReplyDelete
  87. You can join Freelancer.com without any degree and you can do many projects there. Just use this code “PLAN VIEW” to get more advantages from the site. Good luck.

    ReplyDelete
  88. Don't jump into the decision very quivery.Let’s Wait and watch the result.you just done a good work.keep it continuous.bye.

    ReplyDelete
  89. I always felt strongly about it, and it’s great to have an outlet and fellow boggy mommies who care too.I always like to try and visit everyone. I can’t always keep up, but I try.

    ReplyDelete
  90. I think it such a long time that you have not update your site. I am waiting for your new post.

    ReplyDelete
  91. kiamat mang gak perlu diramal, pasti datang sendiri kok

    ReplyDelete
  92. tapi kalau datang memang pertanyaannya siap atau tidak :D

    ReplyDelete
  93. memang sekarang2 banyak berita atau informasi bahwa kiamat akn trjadi pd thn 2012, v jgn trlalu percya dgn semua itu.

    ReplyDelete
  94. bner sob..
    gk ada manusia yg tau kapan terjadi nya hari AKHIR,,,,

    ReplyDelete
  95. Yang penting perbanyak ibadah buat bekal nanti,,,

    ReplyDelete
  96. kiamat, sugro mengingat kan kita,, untuk salau taat kpda printah'a...

    ReplyDelete
  97. is first The final attempt to move away from parental control. But

    ReplyDelete
  98. sburuk-buruk umat adalah yang bertemu hari kiamat,
    yang penting kita selalu siap siap ketika kiamat itu datang..
    Subhanaallah..

    ReplyDelete
  99. Kita semua tidak pernah ada yang tahu akan datangnya hari Kiamat, walaupun tanda2 kecilnya sudah nampak. Yang penting bagi kita menyiapkan bekal untuk akhirat, karena kita juga tidak tahu kapan kematian akan menjemput kita.

    ReplyDelete
  100. Hendaknya kita selalu belajar dari Kematian.
    Thanks for your share.

    ReplyDelete
  101. sekarang ini kiamat sugro sudah banyak tanda-tandanya, seperti tsunami, gempa, angin puting beliung dan lain-lain.

    oh ya Minal Aidzin Walfaidzin, Mohon Maaf Lahir & Batin ya. Ada award juga nih bagi top komentator di blog saya khusus bulan ramadhan. hehe :)

    ReplyDelete
  102. bener banget bro...kita tidak usah memikirkan kapan kiamat kubro itu datang....tapi yang kita perlu pikirkan adalah seberapa siap kita untuk menghadapi maut....

    ReplyDelete
  103. sekarang sudah banyak tanda-tanda kiamat sughro....
    tetapi kita pun tidak tau kapan kiamat kubro itu datang...

    ReplyDelete
  104. kita tidak usah memikirkan kapan kiamat itu datang......yang paling penting adalah seberapa siap kita jika bertemu dengan kiamat....

    ReplyDelete
  105. dari pada memikirkan kapan kiamat itu datang....lebih baik perbanyak lah ibadah.....

    ReplyDelete
  106. emang kematian merupakan salah satu kiamat sughro

    ReplyDelete
  107. bener juga tuh mas jangan sok tau donk deh kiamat itu tak ada yang tau ecuali allah

    ReplyDelete
  108. wew, harus rajin-rajin ibadah nih ..

    ReplyDelete
  109. Fantastic article! this is what i really need.. thanks for providing these information.

    ReplyDelete
  110. kalo bicara kiamat sih pasti takut..
    tapi semoga seja kita ga ngalamin nya..

    ReplyDelete
  111. harus lebih memperbanyak bekal buat di akherat nih...
    soal nya tanda-tanda kiamat kubro sudah mulai ada..

    ReplyDelete
  112. kiamat itu tidak ada yang tau kapan akan datang..
    jadi ga usah percaya kalo ada yang bilang kapan kiamat itu datang...

    ReplyDelete
  113. ga usah mikirin kapan kiamat itu datang...
    tapi yang perlu kita pikirin adalah seberapa banyak bakal yang sudak kita kumpulkan untuk nanti.

    ReplyDelete
  114. Oke bro
    http://health-ckj.blogspot.com

    ReplyDelete
  115. Great site...I actually added your blog to my favorites and will look forward for more updates. Great Job, Keep it up.

    ReplyDelete
  116. kita tidak usah memikirkan kapan kiamat itu datang.

    ReplyDelete
  117. ini yang saya cari, terima kasih mas. Emang top markotop deh tipsnya. Keren dan bermutu mas :) Oh ya bisa pasang link gak di blognya mas? Makasih :D

    ReplyDelete
  118. I actually added your blog to my favorites and will look forward for more updates. Great Job, Keep it up.

    ReplyDelete
  119. informasi yg mendidik skali gan,,,

    thanks

    ReplyDelete
  120. Setuju....

    Makasih buat infonya,...!!!

    ReplyDelete
  121. setuju, kita memang engga akan tau kapan kiamat akan terjadi... jadi kita sebagai umat muslim hanya bisa mempersiapkan diri untuk menghadapi kiamat yang ntah kapan akan terjadi...

    ReplyDelete
  122. Agree boss .. Judgement comes God who disposes,, do not need them all busy nentuin year,, all the secrets of divine ..

    ReplyDelete
  123. betul banget :))
    Nabi Muhammad SAW aja gak tau kiamat akan datang.. apalagi manusia?????

    ReplyDelete
  124. kiamat itu pasti datang..
    kita tak akan pernah tau kapan kiamat itu datang...
    setiap manusia yang hidup di dunia ini pasti akan mengalami kematian..

    ReplyDelete
  125. Really interesting post! keep it up...

    ReplyDelete
  126. kiamat memang ada , tapi waktunya hanya tuhan yang tau

    ReplyDelete
  127. Happy to find this post. It’s a very useful post for me, as it contains lot of information. I always prefer to read the quality content and this thing I found in you post.

    ReplyDelete
  128. I am very happy to find this post very useful for me, as it contains lot of information. I always prefer to read the quality content and this thing I found in you post. I really enjoyed reading this.

    ReplyDelete
  129. It is a great project, implemented by hand in the evening while watching TV, when the golf and tennis is not necessary to follow herpantumattomasti see! I try to get something HUS.in Collection.

    ReplyDelete
  130. Contains a vast amount of information I am happy to find this post very helpful to me. Always prefer to read quality content and that you found in this thing. I really enjoyed reading this.

    ReplyDelete
  131. agree, we do engga will know when the apocalypse will happen ... so we as Muslims can only prepare for the apocalypse that ntah when it will happen ...

    ReplyDelete
  132. This is a great project manually in the evenings while watching TV, when Golf and tennis does not necessarily follow the Sé herpantumattomasti! I'm trying to get something HUS.in collection.

    ReplyDelete
  133. Contains an extensive amount of information I am glad to find this post very useful for me. Always Prefer to read quality content and that you found in this thing. I really enjoyed reading this.

    ReplyDelete
  134. I am very happy to find this post very useful for me, because it contains more information. Always prefer to read quality content that is found in the post. I really enjoyed reading this.

    ReplyDelete
  135. It is an quite interesting post of movie review and its a great movie.

    Promotional Items
    Promtional Products
    Promotional Pens

    ReplyDelete

Komentar Anda mewakili siapa Anda
Be Your Self !

 
Toggle Footer