Breaking News
Loading...
25 October 2008

Greenwich Mean Time (GMT)

Saturday, October 25, 2008
Mengingat penggunaan komputer merambah seluruh dunia, dimana masing-masing negara memungkinkan jam keseharian yang berbeda beda, tentu akan sedikit membingungkan ketika suatu jam ditampilkan pada komputer atau sistem yang sedang di akses. Untuk menghindari ketidakpastian yang ditimbulkan oleh perbedaan kawasan waktu (time zone) tersebut, sistem komputer, stasiun-stasiun radio amatir, maritim, penerbangan, maupun siaran internasional selalu mengacu ke waktu yang berlaku di meridian, yaitu titik temu garis lintang dan garis bujur pada 0 derajat, yang melewati kota Greenwich, Inggris. Di sana, penunjukkan waktu lebih lambat tujuh jam dari pada penunjukkan di kawasan Waktu Indonesia bagian Barat (WIB).

Format waktu GMT adalah 24 jam, sama dengan format waktu Universal Time Coordinated (UTC) yang stasiun pengendalinya ada di Perancis. Contoh: pukul 19:00 WIB = 12:00 GMT / UTC.

Selain stasiun di Greenwich, Inggris, banyak negara yang menetapkan penggunaan waktu untuk masing-masing daerahnya yang disebut dengan kawasan waktu (time zone). Dengan adanya standar waktu yang ditetapkan pada GMT ini, maka masing-masing daerah dapat menghitung waktu dari daerah lainnya di dunia, dengan melakukan perhitungan penambahan atau pengurangan terhadap GMT dari masing-masing daerah yang ingin diketahui.

___________
jack Febrian -- Dosen dan Praktisi Teknologi Informasi di Bandung. Telah menulis beberapa buku, diantaranya Menggunakan Internet, Kamus Komputer dan Teknologi Informasi, Menjelajah Dunia dengan Google, Tentang Pendidikan Tinggi di Indonesia, dll..

sumber : artikel.total.or.id

14 comments:

Post a Comment

Komentar Anda mewakili siapa Anda
Be Your Self !

 
Toggle Footer