Breaking News
Loading...
20 February 2009

Menentukan Skala Prioritas Dalam Hidup

Friday, February 20, 2009
Wahai Sobat, ada banyak hal yang bisa kita lakukan dalam hidup ini. Karena begitu banyaknya, kita tak akan mungkin bisa mengerjakan semuanya. Karena itu, mampu menentukan skala prioritas dalam hidup menjadi sebuah keniscayaan. Sebenarnya, keterampilan membuat skala prioritas, termasuk satu dari empat syarat menjadi pemimpin efektif. Empat syarat tersebut adalah: memiliki visi dan tujuan hidup (dunia akhirat), terampil membuat prioritas, mampu menggali dan mensinergikan potensi, dan mampu memotivasi orang lain.

Pertanyaan sekarang, hal-hal apa saja yang harus kita prioritas dalam hidup? Dengan kata lain, apa target terpenting dalam hidup kita? Pertama , memiliki iman yang kokoh. Iman adalah fondasi. Iman adalah keberuntungan. Iman adalah kunci kebahagiaan dan keselamatan. Tanpa iman, tidak berarti semua yang kita miliki. Tanpa iman tidak akan pernah kita mendapatkan keberuntungan, kebahagiaan, dan keselamatan yang hakiki.

Allah SWT berfirman, "Demi masa. Sesungguhnya manusia berada dalam kerugian. Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh, serta saling menasihati untuk kebenaran dan saling menasihati untuk kesabaran." (QS Al-Asher [103]: 1-3).
Agar iman kuat, maka kita harus memupuknya dengan ilmu dan amal. Semakin luas ilmu, semakin ikhlas amal, insya Allah akan semakin kuat pula iman kita.

Prioritas kedua adalah sehat. Tanpa sehat, iman yang kita miliki tidak akan maksimal. Sakit adalah cost, beban, dan pengeluaran. Makna sehat di sini tentunya tidak sekadar fisik saja, tapi juga pikiran. Maka, kita harus maksimalkan diri menjaga dua anugerah Allah ini (fisik dan pikiran).

Ada tujuh komponen yang akan menentukan kesehatan fisik kita, yaitu: (1) udara yang bersih, maka hindarkan radikal bebas dalam tubuh akibat udara kotor; (2) makanan seimbang dengan memenuhi kriteria halal dan thayyib; (3) cukup minum, standarnya dua liter atau tujuh gelas sehari. Ideal pula bila disertai suplemen berupa madu, teh hijau atau hitam, sayuran, dan buah-buahan; (4) olahraga teratur, minimal tiga kali seminggu. Olahraga akan membentuk pertahanan tubuh yang bagus; (5) istirahat yang cukup. Rasulullah SAW mencontohkan tidur bada Isya dan bangun di sepertiga malam terakhir. Tidur yang cukup akan membuat regenerasi sel dalam tubuh berjalan baik; (6) tidak stres, sebab stres dapat memperlemah tubuh sehingga rentan terhadap penyakit; (7) memperbaiki kualitas ibadah, khususnya shalat malam dan shaum.Untuk menjaga kesehatan pikiran, perbanyaklah membaca buku, berpikir positif, hindari buruk sangka, berani memaafkan, dan selalu melihat sisi baik dari setiap kejadian. Intinya, perbanyak input positif dan meminimalisasi input negatif.

Prioritas ketiga adalah akur. Sangat sulit menikmati hidup bila kita memiliki banyak musuh, walau pun kita beriman dan sehat. Kapan pun dan di mana pun, konflik tidak membawa apapun, kecuali: (1) rasa tidak nyaman; (2) terputusnya silaturahmi; (3) menimbulkan dengki; dan (4) kontraproduktif karena akan saling merusak. Ada lima cara agar kita akur dengan sesama, yaitu: (1) siap berbeda pendapat; (2) terlatih dengan kondisi tidak ideal; (3) jangan mudah tersinggung; (4) jangan percaya pada orang yang selalu menjelek-jelekkan orang lain; (5) jangan menuntut orang lain untuk akur, tapi awali dari diri sendiri untuk menjadi pelopor dalam akur dan kebaikan. Wallahu a'lam bish-shawab. unknown

59 comments:

  1. nshsn renungan yg sangat saya perlukan saat ini. Suwun kang atas nasehatnya...

    ReplyDelete
  2. hy,, good blog, menarik banget informasinya, sangat bermanfaat untuk mencari berita berita menarik, lumayan
    lengkap, jangan lupa mampir juga ya di blog saya yang baru banyak informasi hangat dan lagi hot-hotnya sekarang,
    ada berita bisnis, pekerjaan, lowongan, dan tutorial gratis, bisa dapat puluhan juta rupiah perbulan dengan ppc, selanjutnya
    di:

    ---------------------------------
    http://indoinfocom.blogspot.com/
    panduan praktis mencari berita tentang teknologi dan cerita orang di seluruh dunia

    ReplyDelete
  3. Sangat setuju dengan prioritas yang ketiga :
    AKUR - DAMAI

    Thanks udah berkunjung ke blog saya mas Ihsan.
    Salam dari Palangka Raya.

    ReplyDelete
  4. Pertanyaan sekarang, hal-hal apa saja yang harus kita prioritas dalam hidup? Dengan kata lain, apa target terpenting dalam hidup kita? Pertama , memiliki iman yang kokoh. Iman adalah fondasi.

    ReplyDelete
  5. Ada tujuh komponen yang akan menentukan kesehatan fisik kita, yaitu: (1) udara yang bersih, maka hindarkan radikal bebas dalam tubuh akibat udara kotor; (2) makanan seimbang dengan memenuhi kriteria halal dan thayyib; (3) cukup minum, standarnya dua liter atau tujuh gelas sehari.

    ReplyDelete
  6. olahraga teratur, minimal tiga kali seminggu. Olahraga akan membentuk pertahanan tubuh yang bagus; (5) istirahat yang cukup. Rasulullah SAW mencontohkan tidur bada Isya dan bangun di sepertiga malam terakhir. Tidur yang cukup akan membuat regenerasi sel dalam tubuh berjalan baik; (6) tidak stres, sebab stres dapat memperlemah

    ReplyDelete
  7. very very useful content and really nice and send able to friend for linking.

    ReplyDelete
  8. beban, dan pengeluaran. Makna sehat di sini tentunya tidak sekadar fisik saja, tapi juga pikiran. Maka, kita harus maksimalkan diri menjaga dua anugerah Allah ini (fisik dan pikiran).

    ReplyDelete
  9. Iman adalah keberuntungan. Iman adalah kunci kebahagiaan dan keselamatan. Tanpa iman, tidak berarti semua yang kita miliki. Tanpa iman tidak akan pernah kita mendapatkan keberuntungan, kebahagiaan, dan keselamatan yang hakiki.

    ReplyDelete
  10. Let's use Materi Kuliah as your guidance in online learning, and create Tips TOEFL with Tips Ngeblog | Stenly to maximize your skill in manage Kompetisi Website Kompas MuDA-KFC, don't forget to create and improve something like Kompetisi Website Kompas MuDA-KFC and great opportunities will be given in Kompetisi Website Kompas MuDA-KFC

    ReplyDelete
  11. menentukan prioritas memang penting

    ReplyDelete
  12. ya bos...prioritas memang dari yang wajib dulu, baru yang lainnya.

    ReplyDelete
  13. wah, sepertinya saya juga harus memikirkan tentang ini juga ya ;)

    ReplyDelete
  14. yup, apa bagus, jika blogging jadi yg paling atas, haha ;P

    ReplyDelete
  15. Brilliant I'm going to send a trackback to you.

    ReplyDelete
  16. ertanyaan sekarang, hal-hal apa saja yang harus kita prioritas dalam hidup? Dengan kata lain, apa target terpenting dalam hidup kita? Pertama , memiliki iman yang kokoh. Iman adalah fondasi. so true!

    ReplyDelete
  17. Quality post good luck in your seo efforts as well.

    ReplyDelete
  18. christian louboutin is one of the most stylish shoes brand,christian louboutin shoes are high-heels, and they need louboutin shoes sale to bring customer new feeling of the christian louboutin sale,louboutin sale. Women love the CL shoes to show their beautiful christian louboutin pumps, and christian louboutin boots can give them chance to own christian louboutin online shoes.christian louboutin 2010.In case you have christian louboutin knockoffs in your mind, expect the rates for the christian louboutin outlet to be more reasonably priced. People, though are skeptical of putting on a shoes christian louboutin, so one must know the discount christian louboutin that such items carry, especially when they are bought from a good christian louboutin shop like Replica Handbags Pro christian louboutin 2011.

    ReplyDelete
  19. saya harus pandai-pandai mengatur uang dan waktu juga ya

    ReplyDelete
  20. luar biasa artikel ini sangat menginspirasi kita semua agar bisa menentukan skala prioritas dengan baik

    ReplyDelete
  21. artikel yg menyejukkan hati di siang terik ...thanks ya

    ReplyDelete
  22. Thanks for sharing this useful information. Really enjoyed reading this.

    ReplyDelete
  23. betul sob, iman merupakan pondasi hidup ini.

    ReplyDelete
  24. Hidup ini terasa indah bila kita mengabdi sepenuhnya kepada-Nya

    ReplyDelete
  25. betul bro, kita harus pandai-pandai untuk mengatur kualitas hidup kita..

    ReplyDelete
  26. selama ini banyak yang memang kita lupakan ..
    dengan adanya artikel ini kita memang harus sadar kalo banyak hal - hal yang sudah kita lupakan..
    makacih maz buat artikelnya...

    ReplyDelete
  27. Terimakasih mas share nya bagus banget.. Salam sukses.

    ReplyDelete
  28. Arikelnya cukup menggugah sob, tengkyu udah sharing

    ReplyDelete
  29. Setuju, ... banget, bahkan seorang ulama besar bahkan membuat buku khusus tentang ini, namanya Fiqhul Aulawiyat

    ReplyDelete
  30. sepertinya membuat prioritas itu jauh lebih mudah daripada memenuhinya sob :D. Saya sering gagal capai target

    ReplyDelete
  31. saya setuju gan... apalagi didukung oleh ayat-ayat suci di atas...

    ReplyDelete
  32. ini yang saya cari, terima kasih mas. Emang top markotop deh tipsnya. Keren dan bermutu mas :) Oh ya bisa pasang link gak di blognya mas? Makasih :D

    ReplyDelete

Komentar Anda mewakili siapa Anda
Be Your Self !

 
Toggle Footer