Breaking News
Loading...
05 March 2009

[UPDATE VIDEO] Gambaran Tentang Luasnya Ruang Angkasa

Thursday, March 05, 2009
Di alam semesta, tak terhitung banyaknya sistem yang bekerja. Allah menempatkan semua sistem ini dalam kendali-Nya meski di saat kita tidak menyadarinya, misalnya, saat kita sedang membaca, berjalan, atau tidur. Allah menciptakan alam semesta beserta seluk-beluknya yang rinci yang berjumlah tak terhitung agar manusia dapat memahami kekuasaan-Nya yang tak terbatas.

Di dalam Al Quran, Allah berfirman kepada manusia dan menjelaskan alasan penciptaan keteraturan di alam semesta sebagai berikut, “…agar kamu mengetahui bahwasanya Allah Mahakuasa atas segala sesuatu, dan sesunguhnya Allah, ilmu-Nya benar-benar meliputi segala sesuatu.” (QS. Ath Thalaaq, 65:12) Keteraturan ini mengandung seluk-beluk yang begitu banyak sehingga manusia takkan mungkin tahu dari mana harus mulai memikirkannya.

Contohnya, setiap orang tahu bahwa alam semesta sangatlah luas. Akan tetapi, saat kita mulai berpikir tentang seberapa luas hal ini sebenarnya, kita akan menjumpai gambaran yang jauh berbeda dari apa yang biasanya kita pahami. Garis tengah matahari adalah 103 kali lebih besar daripada garis tengah bumi. Mari kita perjelas hal ini dengan menggunakan perbandingan. Jika kita umpamakan bumi sebagai kelereng, matahari adalah bola yang dua kali lebih besar daripada sebuah bola sepak. Hal yang menarik di sini adalah jarak di antara keduanya. Agar dapat membuat tiruan yang mencerminkan ukuran sesungguhnya, kita perlu menempatkan jarak sejauh kira-kira 280 meter (920 kaki) di antara bumi berukuran kelereng dengan matahari berukuran bola tersebut. Dan bintang-bintang yang berada di luar tata surya kita perlu ditempatkan berkilo-kilometer jauhnya.

Dengan perbandingan ini, Anda dapat membayangkan bahwa tata surya merupakan tempat yang sangat luas. Tetapi, saat kita membandingkannya dengan galaksi Bima Sakti, tempat tata surya kita berada, tata surya kita akan tampak sangat kecil. Karena, di dalam galaksi Bima Sakti, ada sekitar 250 miliar bintang yang mirip dengan matahari kita, dan kebanyakan jauh lebih padat. Matahari kita terletak pada salah satu lengan galaksi yang berbentuk spiral ini. Tetapi, yang menarik adalah galaksi Bima Sakti sesungguhnya adalah tempat yang sangat “kecil” pula, bila kita memperhitungkan keseluruhan luar angkasa. Sebab, ada juga galaksi-galaksi lain di ruang angkasa yang diperkirakan berjumlah keseluruhan sekitar 300 miliar…

Sekelumit contoh yang telah kami sampaikan tentang ukuran dan jarak yang sedemikian lebar antara benda-benda angkasa di jagat raya ini saja sudah cukup untuk menunjukkan kehebatan tiada tara dari kepiawaian Allah dalam penciptaan, fakta bahwa Dia tidak punya sekutu dalam mencipta, dan bahwa Dialah yang Mahakuasa. Allah menyerukan manusia agar memikirkan kenyataan-kenyataan ini sebagai berikut:

“Apakah kamu yang lebih sulit penciptaannya ataukah langit? Allah telah membinanya, Dia meninggikan bangunannya lalu menyempurnakannya” (QS. An Naazi’aat, 79:27-28)
oleh Harun Yahya

UPDATE VIDEO




151 comments:

  1. Mahasuci Allah, Allahu Akbar.
    nice post, terimakasih :D

    ReplyDelete
  2. Subhanallah Mahasuci ALLAH

    ReplyDelete
  3. Allahu Akbar...
    berarti kita ini kuecilll sekali yah...
    :-o

    ReplyDelete
  4. Subhanallah....kita gak artinya yaa...kl dibandingkan semua ini...

    ReplyDelete
  5. seluruh jagad raya bertasbih padaNYA, mengapa masih banyak manusia yang sering lalai mengabdi padaNYA.

    ReplyDelete
  6. masih banyak misteri d alam ini yang belum terkuak. manusia hanya diberi akal, akal itu terbatas. sedangkan firman Allah tidak terbatas..

    ReplyDelete
  7. betapa sesungguhnya manusia itu hanya sebuah notkah yang kecil...

    ReplyDelete
  8. Subhanalloh..luar biasa memang kuasa Alloh.

    ReplyDelete
  9. Namun kebanyakan manusia tidak mau berpikir.

    ReplyDelete
  10. hi..hi luas banget mas..
    terbatas nya pikiran manusia ini :-t

    ReplyDelete
  11. subhanallah, setiap kita membayangkan megahnya ciptaan Allah SWT. great

    ReplyDelete
  12. Seperti penciptaan alam semesta yang pernah digambarkan oleh novelis islami Agus Mustofa dalam salah satu bukunya itu ya mas..( lupa judulnya...:)

    ReplyDelete
  13. Harus lebih belajar banyak lagi masalah islami nih.. di blog saya jarang banget nulis masalah beginian coz saya ga pede sama ilmu kerohanian saya. Mohon bimbingannya mas..

    ReplyDelete
  14. Rabbanaa maa kholaqta haadza batilan subhanaka faqinaa 'azab an naar (Tuhan Kami, Engkau menciptakan semua ini dengan tidak sia-sia, Maha suci engkau maka lindungilah kami dari siksa api neraka)

    ReplyDelete
  15. subhanallah, sungguh Allah Maha Kuasa atas segala penciptaan langit dan bumi yang begitu luas ini dan tak pernah lalai Mengaturnya

    ReplyDelete
  16. apabila kita manusia yang bisa berpikir, maka mengertilah kita bahwa TIADA TUHAN SELAIN ALLAH.

    ReplyDelete
  17. COMARI:
    segala puji bagi ALLOH.

    ReplyDelete
  18. Alam semesta memang luas tiada tara ...

    ReplyDelete
  19. christian louboutin is one of the most stylish shoes brand,christian louboutin shoes are high-heels, and they need louboutin shoes sale to bring customer new feeling of the christian louboutin sale,louboutin sale. Women love the CL shoes to show their beautiful christian louboutin pumps, and christian louboutin boots can give them chance to own christian louboutin online shoes.christian louboutin 2010.In case you have christian louboutin knockoffs in your mind, expect the rates for the christian louboutin outlet to be more reasonably priced. People, though are skeptical of putting on a shoes christian louboutin, so one must know the discount christian louboutin that such items carry, especially when they are bought from a good christian louboutin shop like Replica Handbags Pro christian louboutin 2011.

    ReplyDelete
  20. Allahuakbar..
    Nice artikel om..
    thanks :)

    ReplyDelete
  21. Regulations not to regulate people, but the rules exist because life requires regularity, such as the nature of the universe is rotating with remarkable regularity. if there is one planet that does not irregular, then surely the disaster and destroyed.
    thanks

    ReplyDelete
  22. Ane dah nyimpen Link punya akang d blogku.....tkhs.

    ReplyDelete
  23. "Rabbanaa maa kholaqta haadza batilan subhanaka faqinaa 'azab an naar (Tuhan Kami, Engkau menciptakan semua ini dengan tidak sia-sia, Maha suci engkau maka lindungilah kami dari siksa api neraka)"

    :)

    ReplyDelete
  24. Maha suci allah yang menciptakan semuanya , ,

    lama tak berkunjung kesini .

    tampilan blognya baru , dan tetap dofollow

    ReplyDelete
  25. semua yang diciptakan oleh Allah gak akan ada yang bisa menyamainya. karena hanya Allah lha yang pantas sombong karena Kebesaran-Nya dan Keagungan-Nya.

    ReplyDelete
  26. Membaca artikel ini membuat kita semakin sadar betapa kecilnya manusia di alam jagad raya yang sangat luas.

    Great article. Thanks for sharing

    ReplyDelete
  27. Info yg bagus dan mantapz..
    Mengingatkan kita akan Kekuasaan ALLAH SWT...

    ReplyDelete
  28. Tiada kata yang mampu melukiskan betapa besar kekuasaan Alloh SWT .. kita hanyalah satu titik di bawah langit milik-Nya ini ..

    ReplyDelete
  29. tak kirain ada fotonya gak bisa lihat dong

    ReplyDelete
  30. wow, sangat indah sekali...
    kapan ya bisa kesana..

    ReplyDelete
  31. artikel yg bagus gan, tapi cobalah gan untuk nambahin sedikti gambar. supaya instink artikelnya bisa lebih masuk hehe :)

    ReplyDelete
  32. wah..tullisannya bagus gan...kalo bisa liat angkasa...ane ya beruntung banget hehehe..
    salah kenal gan!

    ReplyDelete
  33. artikelnay bagus banget gan,,terima kasih buat infoya,,,
    salam kenal aja gan

    ReplyDelete
  34. kok, masih ga kebayang segimana luasnya yah..?

    :D:D

    ReplyDelete
  35. semakin kita mengagumi semesta alam, maka semakin kita percaya seberapa kekuasaaan penciptanya...

    ReplyDelete
  36. dan yg lbh hebat lagi telah ditemuka planet baru

    ReplyDelete
  37. hhee, emang ruang angkasa luas banget ya gan,
    ane pengen deh bisa ngeliat langsung, tru skeliling2 gitu :d
    niceh info gan

    ReplyDelete
  38. Allah menciptakan alam semesta agar manusia berfikir...subhanalloh.......

    ReplyDelete
  39. yang bisa saya bilang cuma,subhanallah. . ^^

    ReplyDelete
  40. really very nice information sharing and i am looking for such type of informative news and i get through this blog so i am very much thankful to you.
    - Drupal Developers

    ReplyDelete
  41. Semoga kita tidak termasuk "habithat a'maluhum", amin

    ReplyDelete
  42. Kita mudah dan biasa mengucapkan Allahu Akbar.. Tapi kadang hati kita lalai dari kebesaran-Nya yang telah menciptakan makhluk yang begitu besar/luas dan Dia jauuuuh lebih besar dari segala makhluk-Nya.
    Allaahu Akbar

    ReplyDelete
  43. Menakjubkan itulah yang bisa saya katakan karena tidak ada yang tahu tentang semua yg diciptakannya kecuali dia yang maha mengetahui.. Subhanallah

    ReplyDelete
  44. Saya selalu takjub atas kebesaran Allah SWT, Saya juga suka tentang sains & fiksi ilmiah.. kalau di telusuri semuanya bermuara pada KEKUASAAN ILAHI!

    ReplyDelete
  45. Subhannallah... manusia tidak ada apa-apanya..

    ReplyDelete
  46. itu tanda dan bukti buat orang yang punya akal pikiran yang tidak terkontaminasi nafsu dan kepentingan. semuga kita semua bisa mengambil hikmanhya.

    ReplyDelete
  47. Thanks share this great inform.
    Hopefully we can all understand the signs of His greatness akab.
    This blog has emang okay ... I'm so glad .. keep posting. I just believe that god exists
    maybe I'll change the behavior of I
    distinguished during this.

    ReplyDelete
  48. Maha suci allah yang menciptakan semuanya , ,
    sukses terus mas Ihsan :)

    ReplyDelete
  49. info nya sangat bermnfaat

    thank ya

    ReplyDelete
  50. saya cukup mengucapkan subhanallah :D

    ReplyDelete
  51. lebih bagus kalau di tambahiin gambar nya,

    eheh

    thank ya

    ReplyDelete
  52. Ternyata kita cuman mahluk kecil diantara ciptaannYa yang begitu luas,,,,

    ReplyDelete
  53. owh ternyata seperti itu,,,
    terimakasih sudah menambah ilmu pengetaguan....

    ReplyDelete
  54. subhanallah sungguh menakjubkan ciptaan Tuhan.....
    Semoga kita semua bisa menikamati dan selalu bersyukur atas ciptaanNya..

    ReplyDelete
  55. Pernah mungkin,berpikir konsep ruangan dalam ruangan, sampai dimana ruang terakhir sebagai batas semesta, subhanallah.

    ReplyDelete
  56. subhanalloh.....
    tak pernah terbyngkan oleh q...

    ReplyDelete
  57. makasih buat infonya,,
    semuanya hanya dengan kekuasaan alloa swt

    ReplyDelete
  58. subhanalloh.
    tidak pernah terbayangkan oleh saya ukuran dan jarak luar angkasa..

    ReplyDelete
  59. subhanallah.. sungguh menakjubkan ciptaan Allah.

    ReplyDelete
  60. subhanalloh...
    sungguh besar kuasa-Mu...

    ReplyDelete
  61. subhanallah,, sungguh menabjubkan kuasa allah swt,,

    ReplyDelete
  62. kenyataan yang tidak dapat dipungkiri meskipun beberapa ilmuwan yang berusaha mencari pembenaran hanya dengan teori kemungkinan tanpa pembuktian... nice article...

    ReplyDelete
  63. ALLAH maha besar itulah yg bisa kita ucapkan dengan segala ciptaan-NYA yg tiada apapun yg mampu menandingi.

    ReplyDelete
  64. I want to buy a house that is near the River Thames but no one will insure us

    ReplyDelete
  65. Subhanallah...betapa maha besarnya engkau ya Allah..Dan betapa maha kerdilnya aku ini ya Allah

    ReplyDelete
  66. subhanalla,,, ciptaanmu tiada bandingannya!

    ReplyDelete
  67. subhanallah......
    sungguh besar kekuasaan allah itu...

    ReplyDelete
  68. luas ruang angkasa itu tidak bisa di ukur...
    tapi kita hanya bisa mengira-ngira saja.

    ReplyDelete
  69. mengukur nya saja kita tidak bisa apa lagi membuat nya...
    allah itu memang maha segala nya..

    ReplyDelete
  70. kalau ruang angkasa saja tidak bisa di ukur..
    berarti manusia itu sangat kecil sekali yah..

    ReplyDelete
  71. ciptaan allah itu memang sangat menakjubkan........

    ReplyDelete
  72. itu bukti dari kebesaran allah....
    untuk orang yang beriman pasti tidak akan berfikir terlalu lama hanya untuk mengukur luas ruang angkasa..karena sebenar nya itu tidak bisa di hitung luas nya.

    ReplyDelete
  73. itulah kebesaran allah tiada yang menanadinginya sampe akir jamanpun.

    ReplyDelete
  74. Luar biasa, dasyat Allahu Akbar!

    ReplyDelete
  75. luas ruang angkasa itu tidak bisa di ukur...
    tapi kita hanya bisa mengira-ngira saja.

    ReplyDelete
  76. Subhanallah...betapa maha besarnya engkau ya Allah..Dan betapa maha kerdilnya aku ini ya Allah

    ReplyDelete
  77. Pernah mungkin,berpikir konsep ruangan dalam ruangan, sampai dimana ruang terakhir sebagai batas semesta, subhanallah

    ReplyDelete
  78. subhanallah, allah lah maha pencipta..
    segala puji bagi allah

    ReplyDelete
  79. sayang sekali nggak ada gambarnya ya

    ReplyDelete
  80. You have made an awesome attempt and is doing consistanty good.

    ReplyDelete
  81. I can feel that you have put in hard efforts. Good job!!

    ReplyDelete
  82. allah lah yang maha kuasa ,,, maka dari itu kita patut mensyukuri nikmat yang telah allah berikan kepada kita

    ReplyDelete
  83. There are certainly a lot of details like that to take into consideration. All are good pints to consider for. I now consider the thoughts above as general inspiration.

    ReplyDelete
  84. Good u created a beautiful blog. And it helps us for know all about bloges and how share ideas all the time.

    ReplyDelete
  85. luas ruang angkasa itu tidak bisa di ukur...
    tapi kita hanya bisa mengira-ngira

    ReplyDelete
  86. tak ada yang pantas kita lakukan selain sujud tersungkur kita di hadapan ALLAH.ALGHIFARI

    ReplyDelete
  87. ya alloh.......

    kau maha besar.....

    ReplyDelete
  88. maha suci alloh yang telah menciptakan alam semesta

    ReplyDelete
  89. subhanallah cuma bisa terperangah ajj melihat kekuasaannya..

    ReplyDelete
  90. takjub dan diam ..
    cuma itu yang bisa saya lakukan sewaktu melihat videonya..

    ReplyDelete
  91. Sebetulnya manusia bersikapsombong itu adalah hal yang sangat salah dan merugi,karena sesungguhnya manusia hanyalah makhluk kecil di setitik bumi di lautan jagat. Berserahlah diri kepada Allah

    ReplyDelete
  92. It really is unbelievably scarce today to search out weblogs that present specifics a person is seeking for. St George custom homes builders

    ReplyDelete
  93. thx untuk artikelnya. bagus dan bermanfaat banget

    ReplyDelete
  94. I observed really a couple of interesting objects from this world wide web web site. It might aid me in lots of tactics.

    ReplyDelete
  95. A lot of thank you for that insightful ideas shared appropriate right here! Received only constructive feelings and dozens of tips that might be beneficial for my net internet site. Thanks it absolutely was only a various enthusiasm to dedicate some far more of time and vitality to my get started up! Regards

    ReplyDelete

Komentar Anda mewakili siapa Anda
Be Your Self !

 
Toggle Footer