Breaking News
Loading...
26 March 2009

Sejarah Di antara penguasa, Sejarawan dan Sastrawan

Thursday, March 26, 2009
Masih ingat saat kita belajar pada mata pelajaran Sejarah saat SD (gabung di IPS), SMP dan SMA? Kebanyakan sejarah yang di angkat adalah sejarah yang itu2 saja, bukan berarti saya sudah pintar, paham, mengerti dan bosan dengan sejarah yang isinya hanya berkutat pada urutan2 waktu (periode waktu), zaman purba, sebelum dan sesudah masehi, asal muasal agama dan daerah, penemuan2, penjajahan, pra kemerdekaan, kemerdekaan dan pasca kemerdekaan dan masih banyak lagi yang kisahnya itu2 saja dan berulang-ulang kita dapatkan sejak SD hingga sekarang.

Bukan berarti saya ahli sejarah yang mengungkit-ungkit dan mengungkap suatu fakta yang ditutup-tutupi selama ini. Tapi timbul kebingungan dalam diri saya pribadi jika menghadapi suatu kisah yang mempunyai banyak versi, masing2 sumber meyakini kebenaran versinya yang paling valid plus didukung lagi dari berbagai sumber lain yang bisa kita lihat di daftar pustakanya.

Kebanyakan sejarah yang kita dapatkan di bangku pendidikanlah yang benar2 melekat dan menjadi paradigma kita selama ini, selain buku tersebut "disusun" oleh sejarawan, juga penyusunannya tidak lepas dari pengaruh penguasa yang berkuasa saat itu. Sehingga versi ini bisa kita katakan versi pemerintah melalui dinas terkait. Saya setuju pemerintah melukakan peragaman kisah masa lalu di bangku pendidikan, tentunya untuk menjaga kisah tersebut agar tidak melenceng dari visi misi besar dibalik kokohnya sebuah bangsa.

Muncul lagi versi baru di luar bangku pendidikan yang mengisahkan masa lalu ceplas ceplos dan blak-blakan karena terlepas dari pengaruh pemerintah dan memang sejarah adalah bidang yang digelutinya selama ini. Iya kalau kisahnya tidah jauh bebeda dengan versi pemerintah, kalau beda, masyarakat akan bingung membacanya karena muncul versi baru yang beda dari yang diperolehnya selama ini. Karena target pembacanya tidak terbatas hanya di bangku pendidikan, tapi masyarakat umum yang lebih luas. Golongan ini terkadang barakhir di bui atau penjara karena dianggap melawan dan menganggu stabilitas negara.

Kalangan sastrawan juga tidak mau kalah dan ikut terjun mempengaruhi dunia sejarah, baik nasional maupun internasional. Dengan bahasa yang dikemas sedemikian rupa sehingga mampu meyihir dan menghipnotis masyarakat lewat kata2nya yang indah dan nikmat dirasakan. Mereka juga berusaha mengungkap fakta atau hanya sekedar berfiksi ria dengan kemampuannya dalam bermain kata2 yang menjadi senjata utamanya dalam mempengaruhi perwajahan dunia sejarah, entah itu pro atau kontra pemerintah yang penting mereka puas melahirkan karya mereka hasil letupan emosi yang menggebu selama ini dan lahirlah karya2 mereka yang menyentil sejarah masa lalu. Golongan ini terkadang diterima masyarakat karena karya mereka yang berupa novel atau cerpen maupun cerbung yang memang enak untuk dibaca.

Kalau dalam Islam, dalam menyampaikan suatu kisah masa lalu biasanya sumber kisah mempunyai tingkatan2 kesohihan kisah tersebut. Ada sohih yang merupakan tingkatan tertinggi, hasan dan dha-if, serta ada tingkatan2 pembagiannya lagi yang agak rumit karena memang untuk menjaga keaslian kisah hingga akhir jaman. Cara ini dilihat dari sudut pegisahnya yang bersambung hingga sumber atau tokoh asli yang diceritakan, biasanya disebut sanad bersambung. Cara ini banyak dipakai dalam menuntut ilmu, karena dengan cara ini jelas sekali siapa yang paling bertanggung jawab terhadap asal muasal ilmu atau kisah tersebut.

Bagaimana dengan sejarah kita selama ini, siapa yang paling bertanggung jawab? ada yang mengatakan kalau kelompok A adalah pemberontak, ada juga yang mengatakan kalau kelompok A tersebut bukan pemberontak tapi pahlawan. Siapa yang bingung? yang pasti masyarakat yang tidak tahu menahu sejarah masa lalu yang kebingungan karena sumber yang berlainan versi dan kadang bertentangan satu sama lain. Apalagi ditambah vesi baru yang memberikan fakta2 baru yang belum terungkap selama ini. Mana yang kita ikuti?

29 comments:

  1. Ada yang bilang kalau sejarah itu tergantung pada siapa penguasanya.Iya gak sih?

    ReplyDelete
  2. ada award buat anda, silahkan diambil...

    ReplyDelete
  3. Artikel yang menarik.
    Salam buat Anda

    ReplyDelete
  4. Lantas,..... Model Sejarah yang bagaimanakah yang harus kita wariskan ke anak cucu kita kelak?

    ReplyDelete
  5. sejarah sekarang sudah banyak diputarbalikkan, dan yang paling parah, semua orang jadi lomba2 buat buku untuk menjatuhkan seseorang karena masa lalunya,,, sungguh TIDAK ADA SEORANG NEGARAWANPUN DI NEGARA KITA INI,,, yang ada cuma saling menjatuhkan...

    ReplyDelete
  6. ya itulah sejarah....kita kadang tak tahu kebenaran karena kita tidak menjalaninya sendiri,,,hanya berdasar atas sebuah asumsi dan kadang tanpa bukti

    ReplyDelete
  7. ikuti yang diajarin aja daahh
    haha..
    sejarah bikin aku ngantuk
    heuu

    ReplyDelete
  8. Ada ungkapan: mereka yang menang adalah mereka yang menulis sejarah.

    ReplyDelete
  9. sejarah....???? ugh.... jadi teringat guru SMP yg gak pantas buat mengajar sejarah. masak mengajar kayak baca buku..... mending baca buku sndiri daripada harus dengerin guru itu ngoceh. tp toh sejarah juga penting u/pengetahuan.

    ReplyDelete
  10. sejarah, bahasa inggrisnya history=His Story. Jadi cuma kisah yg diceritakan kembali. Sejarah di Indonesia byk bo`ongnya. Tapi sebentar lagi juga bakal terungkap semua (menuju 2015). Yang tau rahasia Indonesia kan banyak, cuma pada low profile aja

    ReplyDelete
  11. yups setuju..sejarah indo kebanyakan di manipulasi.. tunggu aja 2015 nih

    ReplyDelete
  12. Terkadang, sejarah ditemukan dalam keterasingan.
    Dan begitu pula ia akan kembali dalam keterasingan.

    Historia panta rei; sejarah akan terulang kembali.

    ReplyDelete
  13. I am not able to understand completely your language so you should put in the English language too.

    ReplyDelete
  14. juga penyusunannya tidak lepas dari pengaruh penguasa yang berkuasa saat itu. Sehingga versi ini bisa kita katakan versi pemerintah melalui dinas terkait. Saya setuju pemerintah melukakan peragaman kisah masa lalu di bangku pendidikan,

    ReplyDelete
  15. Sebenarnya ilmu tentang hitung-menghitung baik fisika atau MTK tu dulu berasal dari penemuan kaum muslim. akan tetapi pada saat itu buku tentang ilmu yg ditemukannya itu direbut oleh kaum yahudi dan akhirnya hasil penemuan itu di aku oleh para kaum yahudi itu.

    ReplyDelete
  16. uhmmm,, hanya sebagian sejarah yang bisa jadi fakta.

    dari SD, SMP, sampe SMK, sejarah yang di ajarkan beda-beda. ternyata sejarah juga berpengaruh pada guru pengajar, ada yang pro bakal melebih-lebihkan. Ada yang kontra bakal jatuhin, jaran gpengajar yang netral, yang bener-bener mengajar sejarah. :)

    ReplyDelete
  17. Bingung juga mas.. kadang q juga bingung kalo ada sejarah yang beda2 versi.. yang penting berpikir positif aja.. hehehehe

    ReplyDelete
  18. Dengan bahasa yang dikemas sedemikian rupa sehingga mampu meyihir dan menghipnotis masyarakat lewat kata2nya yang indah dan nikmat dirasakan. Mereka juga berusaha mengungkap fakta atau hanya sekedar berfiksi ria dengan kemampuannya dalam bermain kata2 yang menjadi senjata utamanya dalam mempengaruhi perwajahan dunia sejarah,

    ReplyDelete
  19. entah itu pro atau kontra pemerintah yang penting mereka puas melahirkan karya mereka hasil letupan emosi yang menggebu selama ini dan lahirlah karya2 mereka yang menyentil sejarah masa lalu. Golongan ini terkadang diterima masyarakat karena karya mereka yang berupa novel

    ReplyDelete
  20. Kalangan sastrawan juga tidak mau kalah dan ikut terjun mempengaruhi dunia sejarah, baik nasional maupun internasional. Dengan bahasa yang dikemas sedemikian rupa sehingga mampu meyihir dan menghipnotis masyarakat lewat kata2nya yang indah dan nikmat dirasakan. Mereka juga berusaha mengungkap fakta atau hanya sekedar berfiksi

    ReplyDelete
  21. Dengan bahasa yang dikemas sedemikian rupa sehingga mampu meyihir dan menghipnotis masyarakat lewat kata2nya yang indah dan nikmat dirasakan. Mereka juga berusaha mengungkap fakta atau hanya sekedar berfiksi ria dengan kemampuannya dalam bermain kata2 yang menjadi senjata

    ReplyDelete
  22. Tapi timbul kebingungan dalam diri saya pribadi jika menghadapi suatu kisah yang mempunyai banyak versi, masing2 sumber meyakini kebenaran versinya yang paling valid plus didukung lagi dari berbagai sumber lain yang bisa kita lihat di daftar pustakanya.

    ReplyDelete
  23. Really its great blog and dear you are doing good work for your bog.Keep it up........

    ReplyDelete
  24. Amazing post! It's nice to see that good writings from bloggers. ED Penis

    ReplyDelete
  25. christian louboutin is one of the most stylish shoes brand,christian louboutin shoes are high-heels, and they need louboutin shoes sale to bring customer new feeling of the christian louboutin sale,louboutin sale. Women love the CL shoes to show their beautiful christian louboutin pumps, and christian louboutin boots can give them chance to own christian louboutin online shoes.christian louboutin 2010.In case you have christian louboutin knockoffs in your mind, expect the rates for the christian louboutin outlet to be more reasonably priced. People, though are skeptical of putting on a shoes christian louboutin, so one must know the discount christian louboutin that such items carry, especially when they are bought from a good christian louboutin shop like Replica Handbags Pro christian louboutin 2011.

    ReplyDelete

Komentar Anda mewakili siapa Anda
Be Your Self !

 
Toggle Footer