Breaking News
Loading...
22 April 2009

Orang Tua Atau Anak Muda Yang Salah?

Wednesday, April 22, 2009
Pernah dengar istilah benturan generasi? atau pebedaan pendapat antara anak muda dan orang tua? kalau kita perhatikan sebenarnya kasus seperti itu sering terjadi di sekitar kita, entah itu antara orang tua kita ata orang yang kita anggap lebih tua atau memang dia sudah tua. Memang terkadang sulit untuk membedakan dimana batas antara tua dan muda, tidak ada ukuran pasti kapan seseorang dikatakan tua dan kapan seorang masih dikatakan muda dan juga saya tidak membahas bagaimana membedakan itu :D Tapi kita sudah tahu kan mana orang tua dan mana orang muda?

Kenapa ada perbedaan pendapat diantara dua golongan ini? apa karena beda usia? apa karena masing-masing pihak merasa paling benar? beda pengalaman? senioritas dan yunioritas? yang banyak makan garam? :t

Sampai sekarang terkadang saya (sebagai orang muda :)) juga jengkel dengan orang yang mengaku "orang tua" tapi cara mendidiknya tidak sesuai dengan yang saya (kami) harapkan, maunya sejalan sehati dan se-ia sekata, tapi tidakannya benar-benar membuat saya ngeh malas untuk mentaatinya. Memang saya orang yang sedikit liberalis (tapi bukan liberalisme) yang mau melakukan sesuatu jika memang saya mau melakukannya dan tidak akan melakukan sesuatu jika memang saya tidak mau melakukannya, tidak mau terikat aturan ataupun perintah. Apalagi aturan itu datang dari orang tua yang tidak saya senangi perlakuanya kepada saya (ataupun kami). karena orang tua tidak hanya orang tua yang melahirkan kita, tapi juga semua orang yang lebih tua dari saya dan "sudah berumur" itulah yang saya katakan orang tua disini.

Memang saya akui maksud dari mereka baik, tapi cara atau metode yang digunakan kadang membuat kami berfikir, "kami ini diperlakukan sebagai manusia atau robot yang sudah terprogram yang harus melaksanakan semua perintah?" kami butuh bimbingan juga butuh pengalaman pribadi. Tapi bukan hanya bimbingan saja yang terus menerus kami dapatkan, pengalaman pribadi dalam menghadapai masalah juga ingin kami rasakan sebagaimana mereka (orang tua) juga merasakannya. Saat kami salah jalur itulah kami mohon bimbingan, tapi tidak selalu terus menerus dibimbing kan?

Oh ya saya mohon maaf jika Anda tersinggung karena merasa orang tua dalam hal ini :y

Jadi, jangan selalu salahkan ada anak muda yang membangkang sama orang tua. Karena gejolak darah muda yang begitu besar dan salah diperlakukan seperti itulah yang menyebabkan anak muda akhirnya mencari pelarian lain untuk mencari yang namanya jati diri. Sehingga banyak yang terjebak dalam dunia yang menyimpang dan lain dari keadaan yang diinginkan orang tua. kenapa? karena cara yang digunakan oleh orang tua salah! Nah disinilah masalahnya. Tidak ada komunikasi yang berjalan baik antara orang muda dan orang tua, atau orang tua hanya mengiming-imingi (menjanjikan) sesuatu yang tidak akan dilaksanakannya dan anak tahu kalau janji itu hanya bohong dan omong kosong belaka, hanya untuk meredam gejolak itu tadi. ingat! anak muda tidak bodoh! mereka juga bisa berfikir.

Anak muda memang terkadang salah, tapi salah juga orang tua yang melupakan bagaimana masa mudanya dulu


81 comments:

  1. Yup, setuju banget. Aku juga pernah bahas tentang masalah ini. Orang tua itu ga selalu benar!!

    ReplyDelete
  2. tapi seberapapun usia seseorang, dimata orang tua dia tetap anak-anak ;)
    salam kenal

    ReplyDelete
  3. Orangtua emang seringkali merasa dirinya lebih benar dan paling benar. Trus mungkin merasa lebih dewasa dalam segala hal. Padahal nggak juga tuh. Mungkin karena perbedaan sudut pandang dalam banyak hal, sehingga kita dan ortu suka nggak sejalan.

    Yang tua atau dewasa mungkin cuma usianya, tapi belum tentu begitu pula dari sisi pemikiran dan kebijaksanaan. Dewasa dan bijak tidak selalu berbanding lurus dengan pertambahan usia :)

    Sudah saatnya ortu bisa lebih pengertian dan mempelajari ilmu psikologi + kepribadian.

    ReplyDelete
  4. kayaknya ini ada kemarahan pribadi niy, wkwkwkwkwk

    ya seenggaknya buat para orangtua tolong kasih kesempatan bagi kami si anak muda, wkwkwkwkwk gaya omonganku niy

    ReplyDelete
  5. setuju orang tua ga selalu benar.......

    ReplyDelete
  6. setuju juga deh... bahwa orang tua nggak selalu benar...

    Orang tua dlu juga kan bilng "BANYAK ANAK BANYAK REJEKI" tapi apaitu mash berlaku ???

    ReplyDelete
  7. stujuuuuuu..
    kayanya jadi anak tuh kadang suka serba salah..
    jawab itu salah,ngelawan apalagi, diem malah disalahin jg..
    wkwkww

    ReplyDelete
  8. disinilah perlu memahaminya orang tua sama anaknya,...dan sang anak juga perlu menhargai pertentangan orangtuanya....lieur ah...

    ReplyDelete
  9. postingannya ok banget nih,,,mas ihsan lagi punya masalah seprti ini ya? bagiku orang tua pasti semua ingin anak-anaknya menjadi yangterbaik!karena dia udah merasakan garam kehidupan terlebih dahulu.mungkin itu dapat kita rasa bila kita sudah punya anak sendiri.lalu bagi si anak pula dia haruus mandiri,dan harus bisa berjalan sendiri.memang masalah utama adalah ketidak fahaman terhadap sesama,baik bapak atau anak.yang terbaik adalah anak menghormati bapak,bapak mengahrgai anak.dan juga harus dicari waktu yang sesai untuk saling merangkul,bertindak,dan sebagainya antara si bapak dan anak ,kalau salah satunya tidak bisa menerima dapat dipastika akan terjadi hal yang tidak diingikan dalam hubungan ini ... baca posting aku ini http://axepbudiman.blogspot.com/2009/02/nasehat-yang-dicerna-dengan-baik.html

    ReplyDelete
  10. mungkin semua nya harus dibicarakan bersama,ndak bisa cm satu arah aja.....ya..aq sih nurut orang tua aj wis dari pada kualat....wahaakakakakakkakak =)) =))

    ReplyDelete
  11. Artikel yang bagus, lam kenal sob..

    ReplyDelete
  12. Assalamualaikum wr wb
    Mas, caranya membuat menu horizontal kya punya mas Ihsan itu gmn???
    he he bagi2 ilmu,..
    syukron katsiron,..
    Wassalamualaikum wr wb

    ReplyDelete
  13. ya begitulah.. walaupun mereka salah, tai mereka tetep bener:( karena mereka orang tua, artinya sudah melampaui kita. kitapun nanti jadi orang tua yang selalu ingin dihargai sebagai orang tua, jadi sekarang kita hargai orang tua.. bener ga sih?

    ReplyDelete
  14. Mo dukung yang tua, ku masuk golongan anak muda,
    Mo hujat yang tua...ku juga pengen tua..kagak mau mati muda...

    Ambil hikmah dan pelajarannya ajah, belajar saling mamahami....

    ReplyDelete
  15. mungkin ortu ga ngerasa caranya salah karna ga gitu ngerti apa yang dirasain kita2 di jaman sekarang... kan beda generasi sob.. hehe..

    ReplyDelete
  16. Jangan sampe deh kalo saya jadi orang tua yg lupa sama masa muda :))

    Yg pasti pengen ngajarin anak tentang cara penyempurnaan masa muda ayahnya...

    ReplyDelete
  17. jamannya berbeda,
    perbedaan jaman bisa berlalu dengan cepat tanpa harus melewati ratusan atau jutaan tahun.

    contoh kecil definisi pahlawan di jaman dahulu dengan jaman kita berbeda. :)

    ReplyDelete
  18. papatah arab: "orang tua selalu berhati-hati pada perubahan, sedangkan anak muda selalu ingin perubahan, padahal sedikit kompetensinya". jadi harus saling bersinergi dan saling terbuka, keduanya (orang tua dan pemuda jangan sama-sama sok...). OK?

    ReplyDelete
  19. Yups, solusinya cuma komunikasi om. Kadang kita juga yang muda harus membuka dan memberanikan diri untuk berkomunikasi dengan orang tua. Ketika budaya komunikasi sudah tercipta. Every thing will be okay...

    ReplyDelete
  20. Sapa ya yang salah. Gak ada yg salah, yang muda maupun yang tua yg harus bisa menjembatani dua generasi yang berbeda.

    ReplyDelete
  21. Peranan orang tua sangat besar terhadap anak,jadi harus dimulai dari orang tua.

    ReplyDelete
  22. hmm....intinya mah ya mas...orang tua ma anak muda-nya tu saling mempunyai dan masing2 tu bisa bikin kesalahan...jadi ya ada saling membutuhkan. jadi ga ada yang bener2 salah ato bener bener diantara 2 generasi ini.

    ReplyDelete
  23. Orang tua atau anak muda yang salah, intinya harus ada komunikasi. Mungkin itu salah satunya.. Info yg hebat. Oh ya, blog saya juga DO FOLLOW

    ReplyDelete
  24. Hemm... Siapa yang salah ya... ~X(

    ReplyDelete
  25. wah nice info sobat ihsan, kadang hal seperti itu menjadi dilema, kuncinya komunikasi yg baik

    ReplyDelete
  26. antara orang tua dengan anak harus ada komunikasi secara terbuka, sehingga dengan demikian kita bisa mengontrol tingkah laku anak

    ReplyDelete
  27. Perbedaan pendapat adalah fitrah, naluriah. yang penting adalah pengendaliannya agar tidak menimbulkan konflik

    ReplyDelete
  28. menghadapi situasi dilematis antara anak dan orang tua memang sering memicu konlik, mas ihsan. kalau harus mencari sapa yang salah, pasti akan muter2 seperti masuk dalam perangkaplingkaran setan. bagusnya tuh anak muda menghormati yang tua, yang tua menyayangi yang muda. pasti deh ndak akan terjadi konflik, hehe ...

    ReplyDelete
  29. klo mnrt ku sih saling berkaitan..karena sebenarnya ga ada yang salah orng tua bisa salah krn secara mental g bisa mendidik anak en anak pun bisa salah karena prilakuknya jadi intinya saling menghormati

    ReplyDelete
  30. Betul itu,,tapi kalo menurutku yach,, segimanapun orang tua kita dalam mendidik,, turuti aja deh,, karena Orang tua selalu menginginkan yang terbaik buat kita,, wkwkwk,, mantapnya Petuahku.. :D

    ReplyDelete
  31. biasanya orang tua tidak mau belajar dan memahami kehidupannya sekarang.
    T.T
    namun, tidak semua orang tua sih

    ReplyDelete
  32. infonya bagus banged sobb salud deh buat kamu hehehe sallam suksess aja ya sobbb

    ReplyDelete
  33. numpang tenar di sini dulu ya sob heheheeh

    ReplyDelete
  34. yang penting saling pengertian tuh sob...

    ReplyDelete
  35. Memang salah juga kalau ada orang tua yang bertindak serampangan dan tidak mau tahu kondisi si anak. Tapi juga salah kalau kemudian sang anak tidak mau taat kepada orang tua hanya karena ia tidak mau, katanya, dikekang dibawah "euforioritas". Saya kira, hanya orang tua gila saja yang bertindak seperti itu.

    Asumsi anda ini tampaknya tidak berdasar. Artinya, apakah memang ada peristiwa ini: "kami ini diperlakukan sebagai manusia atau robot yang sudah terprogram yang harus melaksanakan semua perintah?"

    Dalam tulisan Anda juga tidak jelas, orang tua siapa yang dimaksud? apakah semua orang tua? atau orang tua Anda saja? atau mungkin guru atau pembimbing Anda? disini saya melihat ada ketidakserupaan pengertian.

    Saya kira, jika itu pada orang tua yang melahirkan kita, tidak apalah kita diperintah oleh dia. Terserah apa mau dia. Dan realitasnya, tidak ada orang tua yang kemudian bertindak abnormal dengan memerintah secara berlebihan yang tidak mungkin dipikul sang anak. Saya tidak tahu jika itu terjadi pada Anda.

    Pada tagline terakhir, Anda menulis: "...Anak muda memang terkadang salah, tapi salah juga orang tua yang melupakan bagaimana masa mudanya dulu". Apa maksud anda? apakah anda mau menyamakan bahwa fakta yang dihadapai orang tua dulu sama dengan apa yang anda hadapi hari ini?. Jika hari ini ada anak yang pacaran, foya foya, atau bergaya hidup samen liven, maka orang tua kita dulu juga begitu?

    Sekian dulu komentar saya sebagai orang tua dari beberapa anak. Alhamdulillah, anak anak saya adalah orang orang yang taat. Mereka tidak pernah merasa disiksa apalagi seperti kata Anda, "seperti robot".

    ReplyDelete
  36. @ Muhammad Syarif
    1. Tulisan diatas memang terinspirasi dari beberapa kisah tentang remaja yang terkadang menyimpan rasa malu di dalam hatinya terhadap orang tuanya yang terkadang terlalu berlebihan dalam menjaga si Anak (pandangan anak muda). Hal itu bisa dilihat pada kalimat "kami ini diperlakukan sebagai manusia atau robot yang sudah terprogram yang harus melaksanakan semua perintah?"

    2. Dalam tulisan diatas memang saya mengeneralisasikan masalah terhadap mayoritas orang tua, baik itu memang oran tua kandung, tiri, asuh, pembimbing ataupun orang yang memang sudah dikategorikan tua. Tidak semua oran tua seperti itu kan? oleh karenanya disana saya meminta maaf kepada orang tua yang merasa tersinggung dengan tulisan saya.

    3. Saya bukan berarti mendukung anak muda yang terpelosok dalam kemaksiatan dalam hal ini.yang saya samakan adalah perasaannya orang tua saat dia masih muda dulu. karena kejiwaan anak muda yang kebanyakan masih labil, dulu ataupun sekarang di saat umur tertentu tidak jauh berbeda. walaupun kita tidak memungkiri kalau jaman berbeda menghasilkan pemikiran yang berbeda.

    Terima kasih atas tanggapan Anda.

    ReplyDelete
  37. The informations are so lovely and so usefull so thank you very much. Be sure i will use all of them keeping in my mind.Have a goog luck.

    ReplyDelete
  38. Seo activities play the more roala for target website traffic. It really essential for every website and with
    this anyone can get better result..

    ReplyDelete
  39. It would be better for everyone to use the best seo activities for their website. Because good seo activities boost up the website traffic..

    ReplyDelete
  40. im unable to understand this language can u write it in english.

    ReplyDelete
  41. orang tua memang selalu merasa paling benar dan apalagi makin tua makin emosional dan egois, paling pandai dan paling bijaksana, anaknya selalu berasa di ketiaknya, bodoh dan sebagainya, padahal sebenarnya mereka hanyalah orang tua yang buta akan kebenaran (padahal anaknya bermaksud baik selalu dibilang membantah, melawan, ngeyel dan sebagainya), kalau gitu tidak perlu sekolah tinggi2, kuliah saja sama orang tua kita yang sombong! duh, kapan punya orang tua yang paham anak2nya juga benar2 tulus menyayangi serta bijaksana sampai akhir hayatnya? berarti dimulai dari kita tentunya...kita belajar untuk mengambil yang baik dan tinggalkan yang buruk dari orang tua kita, jadilah orang tua masa depan yang baik buat anak2 generasi selanjutnya :)

    ReplyDelete
  42. saya juga masih bingung klo masalah itu mah tapi bisa diliat dari situasinya, belum tentu juga sang anak yang selalu salah dan orang tua yang selalu benar :D

    ReplyDelete
  43. klo ini mah harus dilihat dari masalahnya dulu baru bisa diambil kesimpulan!

    ReplyDelete
  44. sebaiknya yg memang masih lebih muda, harus mengalah sj sm yg lbh tua.
    walaupun trkdg mereka g terlalu benar.

    ReplyDelete
  45. semuanya bertanggung jawab. entah itu orang tua maupun anak muda

    ReplyDelete
  46. Sedih c klo hrus ada konflik dengan ortu,, apa seorang anak berdosa klo menyangkal sikap ortunya yg salah??

    ReplyDelete
  47. Anak adalah anugerah yang dititipkan yang Maha kuasa bukan kepunyaan orang tua. Kita wajib memelihara dan menjaganya, bukan berarti kita memilikinya...

    ReplyDelete
  48. Tapi bukan berarti sebagai anak kita bisa seenaknya sendiri, semua tetap ada porsinya masing-masing...

    ReplyDelete
  49. Orang tua gak selalu benar,
    dan anak juga harus instropeksi diri sendiri,dimana ada keasalahan yang harus di selesaikan..

    ReplyDelete
  50. Inilah yang kadang menjadi persoalan, golongan muda dan golongan tua. Kita semua mungkin mengingat bagaimana kemerdekaan ini direbut oleh para pemuda. Tetapi yang terjadi golongan muda yang merebut kemerdekaan ini sekarang malah menjadi golongan yang menyepelehkan peran pemuda. Kenapa? Karena golongan muda itu dianggap sema seperti anak-anaknya yang tidak mampu melakukan apa-apa. :D

    Namun banyak contoh yang bagus ketika kita melihat bagaimana Rasulullah Muhammad lebih senang dengan para pemuda. Sampai-sampai ada seorang pemuda yang belum genap berumur 17 tahun bisa menjadi panglima perang, tapi lagi-lagi disepelehkan oleh beberapa sahabat Rasulullah yang golongan tua, namun karena kecintaan terhadap Rasulullah dan percaya atas apa yang di"titahkan" Rasulullah. Semua tunduk dan patuh, tidak ada saling menjatuhkan antara golongan tua dan golongan muda. Inilah hal yang jarang kita ketahui. Hehehe (sorry bro, nitip backlink yah :D )

    ReplyDelete
  51. Let's use Materi Kuliah as your guidance in online learning, and create Tips TOEFL with Tips Ngeblog | Stenly to maximize your skill in manage Kompetisi Website Kompas MuDA-KFC, don't forget to create and improve something like Kompetisi Website Kompas MuDA-KFC and great opportunities will be given in Kompetisi Website Kompas MuDA-KFC

    ReplyDelete
  52. i wish i understood what you guys were saying, what language is this?
    and i love the little icons above, so cute :)

    ReplyDelete
  53. memang komunikasi sangat penting sekali

    ReplyDelete
  54. orang tua ga selalu benar dan anakpun juga demikian, namun sebagai anak sebaiknya selalu taat kepada orang tua kecuali pada maksiat.

    ReplyDelete
  55. BENAR BRO!

    I KNOW ABOUT YOU!

    SAME WITH ME (AND US)

    ReplyDelete
  56. dari semua comment2 diatas kami ank muda khususnya anak dari ortu masing2,,,,posi2 kita memang serba salah,selalu aja di hadapan mereka kita salah...padahal kita sdh melakukan apa yg mnurut kita sdh bisa membanggakan ortu kita,,,tp te2p di mata mereka kita masih seso2k manusia yg belum ada apa2nya dibanding mereka,,,filosofi hidup antar 2 generasi ni memang sulit untuk membaur,,,,dan gk ada istilah ortu durhaka,yg ada ank durhaka

    ReplyDelete
  57. Hmm siapa yang salah yah? Kalau anak berbakti tuh yang gimana yah? Masa hanya demi mencari status anak berbakti, kita rela diperlkukan seperti robot

    "kami ini diperlakukan sebagai manusia atau robot yang sudah terprogram yang harus melaksanakan semua perintah?"

    Kalo kyk gitu aku jg ga setuju...

    ReplyDelete
  58. iya :D, semakin di tahan semakin berontak, iya kan :P

    ReplyDelete
  59. Very nice! The information in this post is pretty useful! ED Penis

    ReplyDelete
  60. christian louboutin is one of the most stylish shoes brand,christian louboutin shoes are high-heels, and they need louboutin shoes sale to bring customer new feeling of the christian louboutin sale,louboutin sale. Women love the CL shoes to show their beautiful christian louboutin pumps, and christian louboutin boots can give them chance to own christian louboutin online shoes.christian louboutin 2010.In case you have christian louboutin knockoffs in your mind, expect the rates for the christian louboutin outlet to be more reasonably priced. People, though are skeptical of putting on a shoes christian louboutin, so one must know the discount christian louboutin that such items carry, especially when they are bought from a good christian louboutin shop like Replica Handbags Pro christian louboutin 2011.

    ReplyDelete
  61. Jadilah orang tua yang baik di jalanNya,,,,

    ReplyDelete
  62. Sekarang zaman modern, anak juga harus diberi kebebasan berpikir,,,,,

    ReplyDelete
  63. they only carry certain types of camera battery and you will want to

    ReplyDelete
  64. memang semua orang tua pasti sangat menginginkan hal yang terbaik buat anaknya tapi yang sering terjadi malah sebaliknya karena orang tua itu sendiri yang kadang kadang salah dalam mendidiknya.

    ReplyDelete
  65. yang namanya orang tua pasti menganggap dirinya itu paling benar jadi kita sebagai anak harus bisa menyikapinya.

    ReplyDelete
  66. walaupun orang tua yang salah tapi kita tetap harus menghormatinya karena bagaimanapun juga mereka adalah orang tua kita.

    ReplyDelete
  67. bagus juga nih artikelnya,ijin nyimak ya gan.

    ReplyDelete
  68. sikaf itu terbentu dari bagaimana lingkungan ...
    yahh akhirnya terpengaruhh :(

    ReplyDelete
  69. lebih baik yang muda yg mengalah gan . thx

    ReplyDelete
  70. orang tua itu kan berniat baik,,
    cuman anaknya aja yang sering kali salah mengartikan

    ReplyDelete

Komentar Anda mewakili siapa Anda
Be Your Self !

 
Toggle Footer