Breaking News
Loading...
07 November 2009

Berkarya Nyata Lewat Blog

Saturday, November 07, 2009
Pernah kan Sobat dengar sebuah slogan tiada hari tanpa karya nyata? Ya itulah slogan penyemangat kepada seseorang untuk selalu berkarya setiap harinya untuk mewujudkan hari ini harus lebih baik daripada hari kemarin. Tapi sadarkah kita kalau slogan ini juga berlaku di dunia maya ini khususnya dunia blogging? Atau yang lebih dikenal dengan istilah blogosphere. Saya salah satu orang yang tidak setuju adanya pemisahan antara dunia maya dan dunia nyata. Ini adalah objek yang berbeda sama dengan perbedaan satu objek pekerjaan dengan pekerjaan yang lain. Tentu tidak sama bukan? Kalau di “dunia nyata” kita tahu ada istilah penulis utnuk orang yang menulis buku, maka di dunia maya kita juga pasti tahu kalau ada yang namanya blogger yang menulis lewat media blog.

Nah lewat blog inilah para blogger berkarya dan menelurkan buah pikirannya lebih banyak dari pada penulis. Kenapa demikian? Karena penulis akan mengetahui hasilnya jika buku tersebut telah diterbitkan, yang tentunya butuh waktu lama kan? Lihat para blogger, seminggu bias 2 hingga 3 kali menelurkan hasil karya mereka, bahkan ada yang setiap hari! Jangan heran kalau ada blogger yang sudah banyak menerbitkan buku dari kumpulan buah pikirannya di blog mereka. Ada yang tutorial, puisi, cerpen, bisnis online, tips trik dan masih banyak lagi. Bahkan ada yang menjadikan blog sebagai media mereka mencari nafkah selama ini. Pasti Sobat sudah tahu kan? He he he he siapa yooooooo?

Hanya orang bodoh atau orang yang tidak tahu blog saja yang mengatakan kalau blogging itu kurang kerjaan. Blog juga kerjaan, baik sebagai kerjaan sampingan, melepas lelah, menulis isi hati, atau sebagai lading subur untuk mencari duit/uang. Dimana letak “kurang kerjaan” itu? Disamping itu para blogger juga membangun relasi, jaringan dan persahabatan bahkan ada yang sampai pada jenjang pernikahan hanya karena blog. He he he ngBlog itu asyik! Bahkan bisa addicted, candu! Karena blog itu sendiri multiguna lebih dari sekedar jejaring social seperti friendster atau yang sedang booming sekarang, facebook.

Saya memilih dunia blogging bukan tanpa tujuan, banyak tujuan saya walaupun awalnya dulu hanya satu, sekarang telah beragam dan susah untuk diuraikan satu-satu kenapa saya punya tujuan tersebut, diantaranya menuangkan isi pikiran saya menjadi buah pikiran yang tentunya baik dan bermanfaat untuk semuanya sekaligus mengasah kemampuan menulis saya dengan mempraktekkannnya langsung, juga saya ngeblog karena saya ada “usaha sampingan” lewat blog. Memang saya masih menjadikan uang sebagai sampingan karena memang tugas saya sekarang masih belajar, saya mahasiswa. Tapi banyak blogger yang telah menjadikan blog sebagai mata pencaharian utama dalam mencari nafkah keluarga :D he he he he keren kan?

Ayo ngeBlog! Dan jangan lupa ajak orang lain juga untuk ngeblog!

note: Tulisan ini ikut dalam kampanye aku ngeblog, kamu?

84 comments:

Post a Comment

Komentar Anda mewakili siapa Anda
Be Your Self !

 
Toggle Footer