Breaking News
Loading...
07 August 2011

Index Blog ini Membengkak Tak Terkendali...!!!

Sunday, August 07, 2011
Entah kenapa sejak 3 tahun lebih memakai blogspot baru beberapa bulan belakangan ini saya merasa aneh dengan blogspot, khususnya pada blog yg satu postingnya ada yg memiliki komentar hingga melebihi 200 komentar dan secara otomatis akan terbelah ke page komen selanjutnya. Tapi justru itu yang menjadi masalah sekarang, indeks blog pun membengkak karena page komen juga terindeks di google. Saya tidak khawatir jika yang terindeks itu page komen yang benar2 ada isi komentarnya, tapi bagaimana jika page komentar itu belum ada komentarnya tapi sudah terindeks duluan?


Biar paham maksud saya, akan saya contohkan:
- ketik di google site:ruang-ihsan.blogspot.com hasil result Sekitar 16,000 hasil

dan contoh pada salah satu halaman posting yang membuat indeks membengkak:
- ketik di google site:ruang-ihsan.blogspot.com/2009/06/belajar-seo-para-pemula.html hasil result Sekitar 2,120 hasil

Mau tau kenapa indeks satu postingan blog bisa menjadi 2000an hasil? itu karena page komentar di indeks juga sama si mbah Google. sebagai contoh mudah coba lhat result dari halaman posting itu. http://ruang-ihsan.blogspot.com/2009/06/belajar-seo-para-pemula.html?commentPage=3239 juga ikut terindeks, padahal komentar pada halaman itu tidak ada!!! yang berwarna merah itulah permasalahannya, tidak hanya halaman itu tapi juga halaman lain. Akibatnya duplikat kontent semakin banyak dan tidak bisa dicegah lagi.

Inilah yang membuat saya bingung, apakah blog saya yang sakit kronis ataukah itu memang dari pihak blogger.com?

Yang sudah saya lakukan:
- mengganti template lebih dari 3 kali
- pakai rel canonical
- dll

dan semuanya ga' ngaruh sama sekali, indeks terus membengkak padahal postingan di blog ini baru 431 post tapi indexnya sudah mencapai 16 K result


Adakah pengguna blogspot lain yang mendapat kasus seperti ini?

Ada solusi lain?

UPDATE:
- Terima kasih tanggapannya kawan :)
- Banyak yg mempermasalahkan komentar yg berjibun. Menurut saya bukan masalah komentar banyak itu karena dari dulu blog ini memang banyak posting yg sampai page 3 tapi masalah ini ga' muncul. Baru beberapa bulan ini aja google mengindeks juga page komen, bahkan posting yg closed komen sejak dipublish pun terindeks ratusan result dr 1 posting itu, aneh kan?

402 comments:

«Oldest   ‹Older   1 – 200 of 402   Newer›   Newest»
«Oldest ‹Older   1 – 200 of 402   Newer› Newest»

Post a Comment

Komentar Anda mewakili siapa Anda
Be Your Self !

 
Toggle Footer