Breaking News
Loading...
07 August 2011

Index Blog ini Membengkak Tak Terkendali...!!!

Sunday, August 07, 2011
Entah kenapa sejak 3 tahun lebih memakai blogspot baru beberapa bulan belakangan ini saya merasa aneh dengan blogspot, khususnya pada blog yg satu postingnya ada yg memiliki komentar hingga melebihi 200 komentar dan secara otomatis akan terbelah ke page komen selanjutnya. Tapi justru itu yang menjadi masalah sekarang, indeks blog pun membengkak karena page komen juga terindeks di google. Saya tidak khawatir jika yang terindeks itu page komen yang benar2 ada isi komentarnya, tapi bagaimana jika page komentar itu belum ada komentarnya tapi sudah terindeks duluan?


Biar paham maksud saya, akan saya contohkan:
- ketik di google site:ruang-ihsan.blogspot.com hasil result Sekitar 16,000 hasil

dan contoh pada salah satu halaman posting yang membuat indeks membengkak:
- ketik di google site:ruang-ihsan.blogspot.com/2009/06/belajar-seo-para-pemula.html hasil result Sekitar 2,120 hasil

Mau tau kenapa indeks satu postingan blog bisa menjadi 2000an hasil? itu karena page komentar di indeks juga sama si mbah Google. sebagai contoh mudah coba lhat result dari halaman posting itu. http://ruang-ihsan.blogspot.com/2009/06/belajar-seo-para-pemula.html?commentPage=3239 juga ikut terindeks, padahal komentar pada halaman itu tidak ada!!! yang berwarna merah itulah permasalahannya, tidak hanya halaman itu tapi juga halaman lain. Akibatnya duplikat kontent semakin banyak dan tidak bisa dicegah lagi.

Inilah yang membuat saya bingung, apakah blog saya yang sakit kronis ataukah itu memang dari pihak blogger.com?

Yang sudah saya lakukan:
- mengganti template lebih dari 3 kali
- pakai rel canonical
- dll

dan semuanya ga' ngaruh sama sekali, indeks terus membengkak padahal postingan di blog ini baru 431 post tapi indexnya sudah mencapai 16 K result


Adakah pengguna blogspot lain yang mendapat kasus seperti ini?

Ada solusi lain?

UPDATE:
- Terima kasih tanggapannya kawan :)
- Banyak yg mempermasalahkan komentar yg berjibun. Menurut saya bukan masalah komentar banyak itu karena dari dulu blog ini memang banyak posting yg sampai page 3 tapi masalah ini ga' muncul. Baru beberapa bulan ini aja google mengindeks juga page komen, bahkan posting yg closed komen sejak dipublish pun terindeks ratusan result dr 1 posting itu, aneh kan?

402 comments:

  1. haduh maaf, gak ngerti soal beginian, jadi gak tahu solusinya

    ReplyDelete
  2. sederhana tapi memukau, ini pantas gasan blog ikam wal.. :D

    ReplyDelete
  3. alhamdulillah sampai saat ini tdk pernah dan jangan sampai kejadian
    semoga blog agan bisa cepat sembuh

    ReplyDelete
  4. wah klau kya gitu aku ga tau deh,aku ga pernah nemuin masalah seprti itu si,jadi aku ga tau solusinya.

    ReplyDelete
  5. Hello,nice sites..mampir ke website kami yah 108CSR.com,website kami berisi tentang Sosial Kemanusiaan dan Lingkungan..

    ReplyDelete
  6. tetap semangat untuk blogging gan

    ReplyDelete
  7. bukannya bgus tuh sob........... ^^ jadi banyak di google

    ReplyDelete
  8. Untungnya ada informasi kaya gini .... terima kasih ya.... :)

    ReplyDelete
  9. wahhh bagus tuhh kalau pengunjung banyak

    ReplyDelete
  10. memang google lagi aneh, banyak yang heran dengan google yang sekarang...

    ReplyDelete
  11. iya nih... mbah googlenya lgi skit kali...

    hehehe

    ReplyDelete
  12. kalo saya sih ga tau sama masalah ini...
    jadi ga bisa ngasih solusi.....

    ReplyDelete
  13. mungkinkah mboh google sedang marah sama kita semua??

    ReplyDelete
  14. tetap semangat untuk blogingnya ya mas ihsan

    ReplyDelete
  15. waduh kok bisa begitu ya mas.,ane juga pusing tuh kalo begitu caranya,,,
    kita googling aja sama si mbah gan hhehehe

    ReplyDelete
  16. kok bisa ya...,saya ga ngerti. kalo dah ada pemecahan masalahnya posting lagi ua gan, soalnya penting nih. makasih infonya.

    ReplyDelete
  17. bukannya bagus gan,, jadi makin terkenal blognya di mbah gugel..
    banyak loo yang ga ke index index di google walau usahanya gimanapun,,

    anyway gw daritadi main ke beberapasitus pada sakit mata gw soalnya temanya pada horor2 semua.. hitam gelap,,

    pas berkunjung ke sini langsung seger mata gw.. O_O

    ReplyDelete
  18. memang kalau index blog membengkak, malah berakibat buruk yah

    ReplyDelete
  19. wah gak bisa share apa-apa nih Gan,
    sekarang duplicate content emang bikin was-was ya gan.

    ReplyDelete
  20. gan ditunggu ya updatetan trbarunya...

    slm hangat gan!

    ReplyDelete
  21. Halo mas Ikhsan, mungkin karena yang komen pada nyari Backlink
    kan Blog mas Ikhsan ini dofollow

    ReplyDelete
  22. bukan masalah komennya tapi masalah page komen yg juga kenapa ikut terindeks mbah google :D

    ReplyDelete
  23. Wah bukannya itu bagus Gan...?
    jadi ngebantu bikin Blog kita lebih kuat posisi di google?
    CMIIW

    ReplyDelete
  24. ga tau bro....
    soal nya saya ga pernah ngalamin..

    ReplyDelete
  25. wah.....kenapa tuh yah.....
    saya juga ga tau nih bro...

    ReplyDelete
  26. semangat yah bro...
    semoga cepat menemukan solusi nya yah...

    ReplyDelete
  27. memang bingung jika menemukan masalah yang kita tidak tau cara menangani nya..

    ReplyDelete
  28. saya juga ga tau nih mz solusi nya....
    coba aja nanya sama mbah google..
    syapa tau nemu solusi nya.

    ReplyDelete
  29. sabar aja bro...
    pasti nanti juga nemuin ko solusinya....

    ReplyDelete
  30. bukannya karena pengunjung ke blog ini banyak mas makanya indexnya membengkak? :bingung

    ReplyDelete
  31. yg jadi malahan duplikat deskripsi di google mas, akibatnya terancam banned dr Mbah Google :(

    ReplyDelete
  32. klo seperti resikonya apa saja gan???:D

    ReplyDelete
  33. D'pirates Pusat Penjualan DVD Terbesar & Berkualitas

    Kunjungi website kita di http://dpirates.com

    ReplyDelete
  34. FREE Worldwide MIDI Music Tracks downloads, FREE Full version Software downloads, FREE Movie downloads, FREE Video Lesson downloads, FREE Games downloads, Etc

    ReplyDelete
  35. kenapa tidak diberi moderasi komentar saja mas kotak komentarnya?

    ReplyDelete
  36. mungkin karena komentarnya dah bejibun mas,, apalagi nie blog kan dofollow, jadi banyak pencari backlink dari blog ini mas,, kenapa gak di kasih moderasi saja mas, kan bisa disorti gitu komentar yang berkualitas dan yang pentingnya gak ada yang tinggalin komentar SPAM. cuma itu mas saran dari saya, mungkin ada saran yang lebih baik gitu dari yang sudah senior dari pada saya yang masih newbie :)

    ReplyDelete
  37. weleh,,weleh,,mas,,mas,,,gendut tenan :D benar" membengkak,,tadi saya cek di google indexnya udah 16.500
    saya sendiri masih nubie sih mas,jadi g tau gimna solusinya,klo g pindah ke WP aja mas,,:D
    salam kenal moga pusinknya bisa cepet sembuh
    salam dari blogger jogja :)

    ReplyDelete
  38. Wah susah juga ya kalau setiap koment harus terindex google,apakah nanti mempengaruhi SEO juga mas?

    ReplyDelete
  39. Saya baru tau kalo itu berpengaruh. Tapi bukannya bisa memperkuat SERP?

    ReplyDelete
  40. wahh ko bisa gitu ya,, hmm saya sich baru tau hal ini, mf ya gak bisa memabntu..
    bersabar saja dan terus berusaha pasti ada jalan keluarnya...

    ReplyDelete
  41. hmmm loh kenapa ya ko bisa sampai seperti itu,,,
    mungkin ada keslahan pada waktu postingan kali,,,

    ReplyDelete
  42. yapz.. terkadang google memang agak aneh juga sekarang, terkadang yang dah lama ke index,, eh tiba-tiba 1hari gak ke index,, selalu bikin was was saja

    ReplyDelete
  43. Apakah blog ini punya XML sitemaps?
    Jika belum, mungkin bisa dicoba.

    ReplyDelete
  44. paham google panda sulit buat diikuti terlalu gelap dan ga jelas.he.he

    ReplyDelete
  45. oh...ternyata bukan karena kebanyakan komen yah.....

    ReplyDelete
  46. jangan pesimis gan....kalo di cari terus juga pasti namuin solusi nya ko....

    ReplyDelete
  47. tetap semangat bro...jangan berfikiran kalo akan di banned sama google......cari aja terus solusi nya.

    ReplyDelete
  48. saya ga tau mas....
    ok deh saya bantu cariin solusi nya..

    ReplyDelete
  49. selain terancam di banned..apa lagi bro resiko yang lain nya?

    ReplyDelete
  50. kalo masalah seperti ini sih harus tanya langsung sama master nya gan...soal nya banyak yang ga tau.

    ReplyDelete
  51. saya cuma bisa mando'akan semoga cepat nemu jalan keluar nya gan....

    ReplyDelete
  52. jangan menyerah..kalo misalkan dicari terus solusinya pasti dapet..

    ReplyDelete
  53. sabar aja gan... googlenya lgi pusing kali..
    hehehe

    ReplyDelete
  54. The cheap cars for the further as a statement look pity cool but people out here like the new cars to be of valuable product and also concerned about the safety measure too.

    ReplyDelete
  55. The advices in this posts are very helpful and I surely will read the other posts of this series too. Thank you for posting this. Your Blog is very informative and knowledgeable. Thanks.

    ReplyDelete
  56. it fell through the cracks as the wedding plans became more elaborate. Customizing and personalizing candy is a great idea and maybe I'll use it for an anniversary.

    ReplyDelete
  57. So luck to come across your excellent blog. Your blog brings me a great deal of fun.. Good luck with the site.

    ReplyDelete
  58. ya lebih banyak belajar lg aja...semua pasti ada jalan keluar

    ReplyDelete
  59. maaf boleh komentar sedikit saya pernah ngalamin seperti itu ko mas, waktu itu saya buat postingan.pas saya coba searching di Google menggunakan kata kunci tiba-tiba ada web yang terindeks langsung masuk ngelink ke posting blog saya. Emang ga apa-apa sih bisa bantu angkat blog saya. Cuma yang bikin sebel yang ngelink ke blog saya jadi di urutan diatas saya. Sama ga masalahnya kaya saya gitu mas?

    ReplyDelete
  60. beda mas masalahnya, klo itu artikel kita dicopas tp ada link baliknya, klo ini indeksnya menggelembung di google ;)

    ReplyDelete
  61. its a nice try to share such information here.pretty useful for me. thanks

    ReplyDelete
  62. Sepertinya kok malah menjadi suatu masalah yah...
    sabar aja deh maz

    ReplyDelete
  63. masalah yang cukup bikin pusing juga tuh gan...
    sabar aja yah.

    ReplyDelete
  64. harus cepet-cepet cari solusi nya tuh mas......

    ReplyDelete
  65. sampe sekarang belum nemu solusi nya yah brp?

    ReplyDelete
  66. tetap semangat gan...jangan gara-gara satu masalah ini jadi males bloging.

    ReplyDelete
  67. kaya nya masalah nya sulit juga nih gan.....

    ReplyDelete
  68. Salam kenal gan, kalau masalah ke index belum mengalami nya gan jadi ngak bisa membantu. makasih share nya

    ReplyDelete
  69. wah, bagi2 rumusnya donk bos..
    baru buat web nih,.....index masih 100 per hari

    ReplyDelete
  70. wah emang kalo makin banyak terindex ada jeleknya???

    ReplyDelete
  71. Well it is my good luck in real, as I was searching something else on internet and I am here to your blog by chance and I must say it is a good site buddy.

    ReplyDelete
  72. ayo kita tetap semangat biar cepet ke index hehehe

    ReplyDelete
  73. Google kan melacak secara otomatis, setiap ada komentar baru yg muncul akan terindeks dengan sendirinya.

    ReplyDelete
  74. Senasib, punyaku juga. walaupun g' sebanyak itu. Bisa di detect duplikat content ini. Ayo para master bwt script unt menanganiny.

    ReplyDelete
  75. Hhmmm bginilah memang kinerja baru google panda ...

    ReplyDelete
  76. saya sih ga tau mas......
    maaf yah ga bisa bantu ngasih solusi...
    semoga cepat slesai yah masalah nya.

    ReplyDelete
  77. mungkin lagi eror si mbah google nya bro....

    ReplyDelete
  78. I like this post, enjoyed this one thank you for putting up.
    I enjoyed by reading this post.

    ReplyDelete
  79. tetap semangat dan terus berusaha cari solusi nya gan....
    anda pasti bisa,,

    ReplyDelete
  80. semangat gan..
    saya ni juga masih newbie..
    salam kenal..

    ReplyDelete
  81. nggak tau jua nih.
    kalo dah ketemu solusinya, jangan lupa dishare ya gan

    ReplyDelete
  82. apa sih mas solusi nya,saya tau nie.....

    ReplyDelete
  83. wah luar biasa ya mas ihsan bisa berbagi tipsnya ya

    ReplyDelete
  84. wow gimana caranya mas.update indexnya sangat cepat

    ReplyDelete
  85. kok bisa begitu ya mas, tai masalah yang di hadapi saya begini tuh mas,saya kalo sudah posting lama banget terindeknya sama google kenapa yah

    ReplyDelete
  86. hem...aduh sorry gan ane kurang ngerti kalau masalah yg ginian .

    ReplyDelete
  87. intinya kenapa ya tu kenapa koq indexnya bsa melonjak gitu>>

    ReplyDelete
  88. Wah itu patut dibanggakan atau tidak ya bisa sampai 16ribu, punyaku aja +/-300

    ReplyDelete
  89. wah rumit ya!
    sebaiknya konsultasikan masalah ini pada ki jogo bodo aja..he..he..

    ReplyDelete
  90. seharusnya anda senang,karena ini menandakan seo anda termasuk jajaran top

    ReplyDelete
  91. kok bisa begitu ya gan, ane juga belum paham tuh gan kalo begini,

    ReplyDelete
  92. ane baru 170an post gan..
    index dah 200ribuan...hihi...

    ReplyDelete
  93. pasti bisa diprbaiaki lgi gan...

    bravo mas!

    ReplyDelete
  94. sabar ya mas..
    nanti juga ketemu ko jalan keluar nya..

    ReplyDelete
  95. kok bisa yah bro...
    maaf nih ane ga bisa kasih solusi bro.....

    ReplyDelete
  96. yang penting itu semangat gan..biar cepet nemmu solusi nya..

    ReplyDelete
  97. ane ga paham sama masalah ini sob...
    sorry yah...

    ReplyDelete
  98. saya coba bantu cari solusinya gan....
    kalo udah ketemu solusinya nanti saya kasih tau..

    ReplyDelete
  99. wahhh ,, semoga cepet sembuh deh indexnya .. hhaaa

    ReplyDelete
  100. saya malah pengen bgt blog saya dibanjiri komen, tapi apa mau dikata blog saya masih bau pabrik alias baru. salam kenal;)

    ReplyDelete
  101. saya gak paham juga tuh gan kalo begitu, ora ngerti banget nih

    ReplyDelete
  102. Ya... mudah-mudahan ketemu sama si solusi..... hehehe

    ReplyDelete
  103. wah kenapa tuh ???
    moga cepet selesai deh masalah sama mbah google nya.. hihii

    ReplyDelete
  104. Waduh saya juga tidak tahu solusinya nih sob, Coba aja ganti template yang asli dari googlenya, kali aja ga membengkak indexnya...

    ReplyDelete
  105. ide aja gan,nyimak aj.ga ngeh soalnya

    ReplyDelete
  106. Thanks for sharing your ideas. I'm just glad I was been able to visit your site. Keep it up.

    ReplyDelete
  107. ane gak paham ama blogspot soalnya ane pake wordpress gan

    ReplyDelete
  108. MERDEKA (HUT RI ke 66)
    Thanks atas infonya,,,,MERDEKA...

    ReplyDelete
  109. jangan sampai kejadian di baned mas,,sayang kan ini blog udah bagus banget,,moga bisa cepat mencari solusi terbaiknya,,semangat trus mas,,

    ReplyDelete
  110. Jangan berputus asa brother..
    tetap semangat aja.

    ReplyDelete
  111. semangat mas ihsan ,, biar gak banded dari mbah google

    ReplyDelete
  112. Saya masih belum paham memang,tapi sepertinya merugikan yah?
    Semoga aja tidak berakibat yang tidak di inginkan... salam blogger

    ReplyDelete
  113. It is an awesome and excellent post for read. I respect so much. Wah, kalo ada blog/web kayak gitu, saya juga bakalan langsung kabur dan nutup halamnnya. Thanks for sharing this post so much.

    ReplyDelete
  114. Usually I do not post comments on blogs, but I would like to say that this blog really forced me to do so! Thanks, for a really nice read.

    ReplyDelete
  115. It’s really a great post..I would like to appreciate your work and I am going to recommend it to my friends. Thanks for sharing.

    ReplyDelete
  116. efek dari google panda ternyata bisa seperti ini juga

    ReplyDelete
  117. lagi menuju perubahan tuh mbah google nya..hihii

    ReplyDelete
  118. Ambil Nyantai aja Sob. Yang ptg Indeks membengkak Trafict jg ikut membengkak. Keep Blogging.

    ReplyDelete
  119. Terima kasih sudah berbagi INFORMASI

    Sharing Is Caring..

    ReplyDelete
  120. ayo semangat jangan menyerah......

    ReplyDelete
  121. mas/akan ihsan dengan blog ini, bener ga dah menghasilkan keuntungan finance, saya liat banyak iklanya di banner, apakah itu hasil dari index google, apa memang buat blog untuk tambahan penghasilan...maksud saya.. iklan2 yang menawarkan ebook dan sebagainya itu bener apa hanya iklan doang...,sore bang bloger pemula(kliklaptops.blogspot.com)

    ReplyDelete
  122. klo keuntungan financial pastilah ada, dulu juga blog ini main di bisnis PTR tp skrng ga' lagi karena ada blog khusus yang aliran khusus ke financiial seperti blog2 yang berbahasa inggris ;)

    ReplyDelete
  123. I've just decided to create a blog, which I have been wanting to do for a while. Thanks for this post, it's really useful!

    ReplyDelete
  124. mengapa bisa membengkak seperti itu ya.kira2 penyebabnya apa?

    ReplyDelete
  125. saya belum pernah ngalamin yang beginian mas, mungkin ada teman lain yang tau.

    ReplyDelete
  126. kenapa tuh ??
    yang sabar ajah ya mas ..
    tetep semangat

    ReplyDelete
  127. thanks ya buat infonya...! sangat bermanfaat sekali...! sukses selalu ya...!

    ReplyDelete
  128. mudah2 an tidak mempengaruhi PR Blog nya.. mudah mudahan anda cepat menemukan solusinya.. mohon mf saya tidak bisa memberikan solusi yang tepat..

    ReplyDelete
  129. ya mudah-mudahan tidak terjadi apa-apa.... lam kenal gan...

    ReplyDelete
  130. bagaimana ya cara mengatasi membengkaknya blog

    ReplyDelete
  131. uuueeennaaaakkk... dapat 16k oooee... wah trafiknya brapa nich gan

    ReplyDelete
  132. bukannya lebih banyak lebih baik ya gan

    ReplyDelete
  133. index blognya jadi membengkak? emmm? kenapa tuy ya mas? emmm, ada yg komen ttg google panda, emmm tapi lum ada yg komen solusi niy.. emm.. kenapapun itu dengan SE google, saya doakan semoga blognya mas jangan sampai di ban aja ya mas, tapi justru trafficnya meningkat dengan membengkaknya index blog mas ini, amin

    ReplyDelete
  134. semangat trus mas untuk trus berusaha agar stabil lagi blognya,,,

    ReplyDelete
  135. saya baru tahu ada masalah seperti ini, sudah tanya langsung ke blogger?

    ReplyDelete
  136. kalo saya sih belum pernah gan dapet kasus seperti ini..
    tetap semangat yah biar cepat terselesaikan masalah nya...

    ReplyDelete
  137. makasih kabar postinganmu sangat bermanfaat ..........
    semoga bermanfaat n... makin sukses

    ReplyDelete
  138. mbah googlenya lagi marah kali mas,hee

    ReplyDelete
  139. ia kadang emang gitu, say jg pernah alami,tapi smpe saat ni blm nemuin solusinya gan

    ReplyDelete
  140. bukannya makin banyak terindeks makin bagus,artinya peluang di click orang di search enggine jadi lebih besar, hehehe...bener ga

    ReplyDelete
  141. saya pengen tanya gimana cara nya menghilangkan duplicate content, atau meminimalkan restrict by google, mohon penjelasannya terimakasih

    ReplyDelete
  142. saya malah bingung kok blog saya blom di indek2 jg yaa...hehehe

    ReplyDelete
  143. lbih bguss dong klau lbih bnyak di indks google..

    ReplyDelete
  144. walah walah ada apa nih?
    kok bisa bisa nya membengkak/

    ReplyDelete
  145. kok bisa ya?
    ada apa sih?
    hehehe
    jadi pengen tau?

    ReplyDelete
  146. Sounding Out thanks is simply my little way of saying. Bravo for a fantastic resource. Take On my sweetest wishes for your incoming post.

    ReplyDelete

Komentar Anda mewakili siapa Anda
Be Your Self !

 
Toggle Footer