Breaking News
Loading...
13 December 2008

Perbedaan Hacker dan Cracker dan Akibatnya

Saturday, December 13, 2008
Pada postingan yang lalu saya telah mengulas sedikit tentang pengertian hacker dan cracker dengan sedikit perbedaan pada ruang lingkup kegiatannya, maka postingan kali ini akan saya beri penjesan lebih jauh tentang perbedaan keduanya.

Hacker
1.Mempunyai kemampuan menganalisa kelemahan suatu sistem atau situs. Sebagai contoh : jika seorang hacker mencoba menguji situs Yahoo! dipastikan isi situs tersebut tak akan berantakan dan mengganggu yang lain. Biasanya hacker melaporkan kejadian ini untuk diperbaiki menjadi sempurna.
2.Hacker mempunyai etika serta kreatif dalam merancang suatu program yang berguna bagi siapa saja.
3. Seorang Hacker tidak pelit membagi ilmunya kepada orang-orang yang serius atas nama ilmu pengetahuan dan kebaikan.

Sedangkan seorang Cracker, dia mampu membuat suatu program bagi kepentingan dirinya sendiri dan bersifat destruktif atau merusak dan menjadikannya suatu keuntungan.
Sebagia contoh : Virus, Pencurian Kartu Kredit, Kode Warez, Pembobolan Rekening Bank, Pencurian Password E-mail/Web Server. Bisa berdiri sendiri atau berkelompok dalam bertindak. Mempunyai situs atau cenel dalam IRC yang tersembunyi, hanya orang-orang tertentu yang bisa mengaksesnya. Mempunyai IP yang tidak bisa dilacak. Kasus yang paling sering ialah Carding yaitu Pencurian Kartu Kredit, kemudian pembobolan situs dan mengubah segala isinya menjadi berantakan. Sebagai contoh : Yahoo! pernah mengalami kejadian seperti ini sehingga tidak bisa diakses dalam waktu yang lama, kasus clickBCA.com yang paling hangat dibicarakan tahun 2001 lalu.

Akibat yang Ditimbulkan oleh Hacker dan Cracker

• Hacker : membuat teknologi internet semakin maju karena hacker menggunakan keahliannya dalam hal komputer untuk melihat, menemukan dan memperbaiki kelemahan sistem keamanan dalam sebuah sistem komputer ataupun dalam sebuah software, membuat gairah bekerja seorang administrator kembali hidup karena hacker membantu administrator untuk memperkuat jaringan mereka.
• Cracker : merusak dan melumpuhkan keseluruhan sistem komputer, sehingga data-data pengguna jaringan rusak, hilang, ataupun berubah.

tentunya kita semua ingin ilmu yang mereka gunakan benar-benar untuk kemajuan teknologi. iya kan ?

140 comments:

  1. oh itu toh beda nya hacker dan crecker. kirain sama aja

    ReplyDelete
  2. aku ga bisa dua-duanya karena belum tau ilmunya...jadi blogger yang imut aja ah.

    ReplyDelete
  3. ini bahaya banged

    bisa bisa di kuras habis ATM ku

    kok g' rekening koruptor aja ya yg di bobol

    Astaga.com lifestyle on the net

    ReplyDelete
  4. banyak yg menilai kalo cracker itu adalah hacker..jadi hal itu merupakan salah kaprah..
    hacker:bijaksana,baik hati
    cracker:merusak

    ReplyDelete
  5. hacker dan cracker sebenarnya adalah sebuah pisau yang bermata dua karena semua menurut nurani orang tersebut, pada saat tertentu mungkin mereka menjadi hacker tapi ketika hatinya berbelok bisa jadi dia menjadi cracker.... kira2 begitu ya mas?

    ReplyDelete
  6. Hacker dapat dijadikan seorang Security Checker yang handal yang dapat memberikan banyak masukkan bagi seorang Engineer

    ReplyDelete
  7. jadi memang Cracker yang betul-betul membahayakan ya..

    ReplyDelete
  8. ko, cracker kaya nama makanan ya, jadi laper...
    hehehehhe...
    nice post...

    ReplyDelete
  9. Ternyata kita selama ini telah salah menafsirkan arti hacker. Ternyata hacker itu baik ya San....

    ReplyDelete
  10. Baru tahu ane tentang perbedaan hacker and cracker..

    ReplyDelete
  11. Oh, yeah hacker,,, oh yeah, oh yeah... I loph u.. emmuahh..
    :P
    Trick Blogging

    ReplyDelete
  12. tadinya saya pikir hacker itu orang yg sering bikin rugi orang,ternyata pemahaman saya salah nich.maaf yah para hacker

    ReplyDelete
  13. bagus juga ni infonya,,, terima kasih gan,,, semoga bermafaat infonya

    ReplyDelete
  14. terima kasih atas infonya, jadi lebih paham nih perbedaannya.

    ReplyDelete
  15. Hacker dan cracker sepertinya akan terus bersaing dan berkompetisi mengembangkan keahlian masing2 satunya bersifat perusak satunya lagi bersifat membangun.

    ReplyDelete
  16. Info yang menarik seputar hacker an cracker

    ReplyDelete
  17. mantap gan artikelnya,,,
    terimakasih gan buat infonya,,

    ReplyDelete
  18. oh gitu...baru tau aku nih,,mksih infonya...

    ReplyDelete
  19. baru tahu kita nich,,
    makasih infonnya gan

    ReplyDelete
  20. sip mas,mengatasi anggapan tentang kerancuan hacker sama cracker. . ^^

    ReplyDelete
  21. nice infonya sekarang jd lebih tau perbedaan hacker dan cracker tp apa y kelebihan dri keduanya

    ReplyDelete
  22. ternyata Cracker itu penjahat, dulu tak kira hacker yang penjahat.

    ReplyDelete
  23. hmm.. ternyata hacker dan cracker itu bedanya cuman di tujuannya doang... "kayak power ranger dan monster gitu..." hehe

    ReplyDelete
  24. info yang sangat menarik...
    makasi sob...

    ReplyDelete
  25. Nice info gan,
    menambah pengetahuan kita

    ReplyDelete
  26. inti nya perbuatan merugikan itu nggak boleh di lakukan

    ReplyDelete
  27. kayaknya jadi hacker hebat harus jadi cracker dlu.coz inget ceritanya kevin mitnick(maaf klo ejaan salah) keren abis deh kevin.
    kevin yg ngetop dengan teknik-teknik crackingnya.eh ga' taunya sekarang udah jadi bapak hacker..

    ReplyDelete
  28. oh begitu ya mas, malah ane baru tau mas, makasih buat infonya salam kenal aja gan

    ReplyDelete
  29. ternyata cracker sifatnya tidak baik ya sedangkan hacker baik

    ReplyDelete
  30. mesti gimana ne gan ngadepin para cracker yang jahat?

    ReplyDelete
  31. wah beda tow gan? slama ini ane kira sama aja gan

    ReplyDelete
  32. wah harus hati" juga nie klo bgtu gan

    ReplyDelete
  33. ini yg aq cari infonya... thanks

    ReplyDelete
  34. klo ilmunya tinggi mana gan? antara hacker sama cracker?

    ReplyDelete
  35. cracker jg berguna lho om... membuat sistem k amanan jd terupdate terus... hehe

    ReplyDelete
  36. hacker sangat membuat jengkel dan was -was

    ReplyDelete
  37. wah ini dy yg aq cari.... thanks gan

    ReplyDelete
  38. waaahhh klo menurut ane... hacker ama crecker dah kyak saudara..... hehehehe ada hacker pasti ada crecker

    ReplyDelete
  39. seandainya ilmu-ilmu tersebut dipake atau diarahkan ke hal yang positip pasti lebih berguna, terkadang orang yg ngga bertanggung jawab dipakai untuk meraup keuntungan sendiri

    ReplyDelete
  40. ok banget nih saya jadi tau mana hacker dan cracker, thank ya sob buat ilmunya

    ReplyDelete
  41. info nya bgus juga,,,

    thank ya

    ReplyDelete
  42. wah makasih buat hacker nhaw... hhh

    ReplyDelete
  43. mkzh bwt info'y sangat bermnfaat sekli,,,
    krg jdi tahu deh....

    ReplyDelete
  44. siip deh bwt info'y, tmbah ilmu jg....

    ReplyDelete
  45. berarti hacker lebih baik donk ya..selama ini orang anggap hacker itu bermakna negatif

    ReplyDelete
  46. Hey, good post! Here is nice vibram five finger sharing with you, just enjoy! I promise it won't let you down! So don't miss it!

    ReplyDelete
  47. oh, gitu rupanya. jadi hacker itu evaluator, dan cracker itu perusak. selama ini kirain hacker itu jahat : )

    ReplyDelete
  48. keduanya sama" brkesan negatif....

    mudah"an keahliannya itu d pakai buat kebaikan...!!!

    ReplyDelete
  49. Hacker maupun cracker hrusnya ilmunya itu di gunakan untuk kebaikan bukan utuk kejahatan...

    ReplyDelete
  50. Brilliant blog posting. I found your post very interesting; I think you are a brilliant writer. I added your blog to my bookmarks and will return in the future.

    ReplyDelete
  51. mau hacker maupun cracker yg penting berbuat kebaikan...

    ReplyDelete
  52. I recently read in a blog that the most popular social networking site Facebook are mainly recruiting hackers, they have the most talented workers.

    ReplyDelete
  53. ternyata craker cukup bahaya bisa menembus sistem keamanan internet..

    ReplyDelete
  54. saya paling gk suka sama orang HAcker....

    ReplyDelete
  55. nice gan..
    artikelnya..

    mksihh!

    ReplyDelete
  56. hacker dan crackr mndingan d pakai buat kbaikan aja deh...

    ReplyDelete
  57. gw pngen jdi hackr tpi hacke yg baik tntunya..

    hheeee

    ReplyDelete
  58. postingan yg sangat berguna ,,,

    nice post gan,,,

    ReplyDelete
  59. wah mantab yah, moga hacker & cracker ini bisa mempergunakan ilmu nya dengan sebaik-baiknya. :)

    ReplyDelete
  60. Really nice post, it interest me to become a hacker. You have a very nice stuff here!

    ReplyDelete
  61. kayaknya kita semua harus meluruskan definisi tentang hacker itu sendiri karena yang berkembang justru hacker dianggap sebagai perusak

    ReplyDelete
  62. wah ane harus banyak banyak belajar biar mantap.

    ReplyDelete
  63. canggih..
    good lahh..
    asal di pakainya sesuai dengan kebutuhan.

    ReplyDelete
  64. I’m still learning from you, but I’m trying to achieve my goals. I certainly enjoy reading all that is posted on your blog.Keep the information coming. I loved it!

    ReplyDelete
  65. Vraiment j'apprécie l'effort que vous faites à part le sujet knowledge.The ici que j'ai trouvé était vraiment efficace pour le sujet dont je faisais des recherches pour une longue période

    ReplyDelete
  66. I'm still learning from you, but I'm trying to achieve my goals. I certainly enjoy reading all that is posted on your blog.Keep the information coming. I loved it!

    ReplyDelete
  67. Thanks for interviewing her...I wouldn't have known of the book without it. I'm off to Amazon to nab it. Sounds great!

    ReplyDelete
  68. iya betul itu.kbnykan org salah kaprah.yg mrusak jls2 nmnya cracker bukan hacker.tp hacker mulu yg jd sasaran.

    ReplyDelete
  69. namun dalam kehidupan sehari2 hacker slalu diidentikkan dg hal negatif.shingga dikenal pula white hat hacker dan black hat hacker.hrz'a cukup dg istilah hacker dan cracker saja

    ReplyDelete
  70. banyak para hacker topi hitam yg akhir'a insaf ataz semua tindakan bodoh'a.spt mantan hacker legendaris,kevin mitnick

    ReplyDelete
  71. seorang hacker jg cenderung mmpunyai sifat tertutup.entah krn mrk lbh fokus pd apa yg sdg ia lakukan ataukah mrk mrsa pny dunia tersendiri dalam kehidupan'a

    ReplyDelete
  72. para hacker biasa'a memiliki IQ di atas rata2.krn dalam menganalisa suatu hal mmbutuuhkan kekuatan otak yg mumpuni jk tdk dia bs stress

    ReplyDelete
  73. seorang cracker akan mrasa puas dan mrsa diri'a hebat saat dia mmpu merusak sebuah sistem milik orang lain

    ReplyDelete
  74. mantan cracker kelas dunia yg disegani adalah kevin mitnick yg skr sdh sadar dan mendirikan sebuah perusahaan keamanan jaringan

    ReplyDelete
  75. trm ksh atas ilmu yg diberikan.berbagi ilmu dapat memperluas wawasan diantara kita

    ReplyDelete
  76. selain kemampuan yg mumpuni seorang hacker hrz memiliki bekal utama kesabaran

    ReplyDelete
  77. seorang hacker adalah bakat dr lahir,jika dipaksakan bisa jd beban pikiran dan stress

    ReplyDelete
  78. Your blog article is very interesting and fantastic, at the same time the blog theme is unique and perfect, great job. To your success. One of the more impressive blogs I’ve seen. Thanks so much for keeping the internet classy for a change.

    ReplyDelete
  79. That is some awesome and useful information right there. I cannot wait until the little people go to sleep so that I can concentrate and work some of this stuff out.
    Thanks!

    ReplyDelete
  80. I actually added your blog to my favorites and will look forward for more updates. Great Job, Keep it up.good job author keep up it

    ReplyDelete
  81. hacker cracker itu sama ja...
    sama-sama merugikan !!!

    ReplyDelete
  82. begitu ya perdbedaannya...
    hacker baik dan creacker jahat...

    ReplyDelete
  83. ini yang saya cari, terima kasih mas. Emang top markotop deh tipsnya. Keren dan bermutu mas :) Oh ya bisa pasang link gak di blognya mas? Makasih :D

    ReplyDelete
  84. Jelas deh sekarang stlh baca artikelnya. makasih bnyk.

    ReplyDelete
  85. Wow, thats amazing.I love the way you write. Do you provide an RSS feed?

    ReplyDelete
  86. Wow, thats amazing.I love the way you write. Do you provide an RSS feed?

    ReplyDelete
  87. One of the largest growing worldwide Pharmacy, do check this buy valium online

    ReplyDelete
  88. Preservation and promotion of health is achieved through a combination of physical, mental and social well-being, sometimes called "the triangle of health." Health is a positive concept focuses on the social and personal resources, as well as physical capacities.

    ReplyDelete
  89. I wana congratulate you for such a wonderful and excellent work keep it up though its awesome
    best organic seo services

    ReplyDelete
  90. oohh bgtu..!!!
    Bhaya bgt donk...!!

    Makasih infonya..!!!

    ReplyDelete
  91. Thanks, great share. I need this article to complete my assignment in the college, and it has same topic with your article.

    ReplyDelete
  92. Thanks to a brilliant effort in publishing your article. One can be more informative as this. There are many things I can know only after reading your wonderful article.

    ReplyDelete
  93. I really enjoy simply reading all of your weblogs. Simply wanted to inform you that you have people like me who appreciate your work. Definitely a great post. Hats off to you! The information that you have provided is very helpful.

    ReplyDelete
  94. Great article, it was very helpufl! I just started in this and I'm getting to know it better! Cheers, keep up the good work!

    ReplyDelete
  95. I wana congratulate you for such a wonderful and excellent work keep it up though its
    awesome

    ReplyDelete
  96. I see the article quiet critical. Thanks for sharing anyways, nice to hear different opinions on that topic.

    ReplyDelete
  97. Hello, I am very happy to read your blog. This is another fantastic blog post what I have read.

    ReplyDelete
  98. lebih sakit kalau kita gak salah ternyata kena hack

    ReplyDelete
  99. selama ini kita berpikir bahwa hacker dan cacker itu sama , padahal dua-duanya sangat jauh berbeda

    ReplyDelete
  100. Fantastic Read! Looking forward to more! Bookmarked the site and will be back again!

    ReplyDelete
  101. yang satu positif, yang satu negatif...

    ReplyDelete
  102. Thank you for this great information, you write very well which i like very much. I am really impressed by your post.

    ReplyDelete
  103. Wonderful post. I am searching awesome news and idea. What I have found from your site, it is actually highly content. You have spent long time for this post. It's a very useful and interesting site. Thanks!

    ReplyDelete
  104. Really i appreciate the effort you made to share the knowledge.The topic here i found was really effective

    to the topic which i was researching for a long time

    ReplyDelete
  105. Certainly a fantastic piece of work ... It has relevant information. Thanks for posting this. Your blog is so

    interesting and very informative.Thanks sharing. Definitely a great piece of work Thanks for your work.

    ReplyDelete
  106. I always appreciate people who share creativity with us thanks for the post keep posted and make me learn more

    ReplyDelete
  107. Amazing!I also wish him good luck to defend his gold medal. I like to share it with all my friends and hope they will also encourage him.

    ReplyDelete
  108. This article gives the light in which we can observe the reality. This is very nice one and gives in-depth information. Thanks for this nice article.

    ReplyDelete
  109. Very good customer service, prompt delivery (lol...prompt for coming from so far away!), and good products. I recommend this company to my friends all the time. is a godsend to those of us without medical insurance.

    ReplyDelete
  110. Curcumin is one of a small number of super nutrients which has the demonstrated ability to dramatically lower the risk from cancer, heart disease and many other diseases.

    ReplyDelete
  111. thx untuk artikelnya. bagus dan bermanfaat banget

    ReplyDelete
  112. Thanks for making my morning a little bit better with this great article

    ReplyDelete
  113. I adore your blog because I never know what I am getting into when I open a new post. You do a great Job, Quality content always have a dash of personal life. Keep up the great blogging and! Good luck with your new project--I hope everything works out for you! Happy 2011 :).

    ReplyDelete

Komentar Anda mewakili siapa Anda
Be Your Self !

 
Toggle Footer