Breaking News
Loading...
21 June 2009

Menyikapi Kontes Blog Yang Menjamur

Sunday, June 21, 2009
Akhir2 ini, entah kita menyebutnya apa, bulan lomba blog atau tahun lomba blog? karena seperti jamur yang tumbuh begitu pesat di musim hujan (padahal sekarang masuk musim kemarau ), kontes blog timbul begitu banyak dan cepat. Ada kontes SEO, review, politik, karya ilmiah, mencari poin dsb. Menjamurnya kontes blog ini memang dari latar belakang yang berbeda, ada yang karena belajar seo para pemula, karena kebahasaan dan kesastraan, karena cinta, karena hari ulang tahunnya, karena produk yang disediakannya, karena politik yang dilakoninya atau hanya sekedar iseng belaka.

Sobat ikut yang mana? Wew, Klo saya sendiri ikutan yang untuk pemula, itupun tidak sempat saya urus lagi karena sibuk persiapan UAS dan KKN hingga pertengahan agustus nanti. Bagaimana Apa Sobat masih menjadi penonton kontes blog? apa salahnya mencoba? kemengangan menurut saya adalah hanya efek samping dan konsekuensi, entah itu domain, uang atau barang gratis. tapi sebenarnya yang penting buka hadiah2 itu.

Menurut saya yang penting adalah pengalaman kita di dunia blogging, apa ngeBlog hanya menulis apa yang ada di pikiran kita saja? Saya menghargai idealisme Sobat klo memang Sobat memilih tidak ikut kontes karena khawatir idealisme awal saat pertama kali ngBlog akan melenceng atau hilang di dunia blogsphere. idealisme itu penting sebagai pedoman dalam berpijak dan mengambil keputusan. tapi kan ada intermezzo :D istirahatlah dulu. kita bermain2 dengan yang namanya kehidupan blogging/blogsphere.
Mengalirlah seperti air tapi jangan terhanyut oleh arus air itu
karena kita mempunyai arus sendiri sebagai jati diri dan idealisme kita

Bagaimana dengan saya? saya ikutan juga karena ingin mencari pengalaman sebanyak2nya. bukan berarti saya masih mencari jati diri kan? terus terang sejak ikut kontes Mas Pogung (kampanya damai ------ saya kalah telak), saya merasa kesengsem dengan permainan dunia blogging yang menurut saya unik, menambah pengetahuan, kawan dan memang saya orang suka berkompetisi (punya saya ga' masuk posisi 300 besar :c). Apa dengan ikut berkompetisi idealisme saya hilang? tidak kan?

Ilmu2 baru akan sobat dapatkan secara tidak sengaja jika sobat mengikuti kontes blog, entah itu ilmu SEO, persahabatan, atau teknik2 yang ternyata terlarang dalam dunia internet baru saya dapatkan saat saya mengikuti kontes blog. Saat googling dan blogwalking mencari teknik2 baru bagaimana meringsek ke posisi strategis dan mempertahankannya atau juga ilmu bagaimana menyusun kalimat indah saat menulis sebuah posting atau artikel, saya dapatkan karena saat itu saya mencari referansi baru, tapi tidak sengaja mendapatkan ilmu baru seperti itu. Blogger juga seorang penulis, benarkan?

Jadi dengan menjamurnya kontes blog baik itu yang SEO ataupun review atau karya ilmiah yang ada sekarang ini, manfaatkanlah sebaik mungkin, minimal menjadi penghibur di lomba tersebut. Ilmu2 dan pengetahuan baru bahkan yang tidak terprediksi sebelumnya akan Sobat dapatkan saat ikut lomba blog. Selamat mencoba! dan happy blogging!

:z :z :~ :z :z


83 comments:

  1. bentull.
    pusing ni. kontes seo dah bejibun. apalgi yg JS.
    wuih..bisa lunasin uang kos tuh.:D
    mmg ada dikit ganjel di batin,ap lg ngeliat sebagian master ga mau ikut. ad apa gerangan...
    he,he b-(

    ReplyDelete
  2. hehehe, kalo aku sih masih just for fun... :)

    make my blog just as me.

    ReplyDelete
  3. Kontes SEO ya? ak jarang ikutan. Masalahnya minder klo mo unjuk gigi :D :D

    ReplyDelete
  4. Ikut memantau perkembangan aja deh..

    ReplyDelete
  5. Sebenarnya bukan fenomena kontes yang sedang menjamur, tetapi fenomena mendapatkan backlink secara instan bagi pembuat kontes..Bayangkan berapa dana yang harus dikeluarkan untuk berpromosi melalui program paid review?dengan mengadakan kontes mereka bisa mendapatkan ratusan ribu backlink dengan modal yang sangat kecil sekali..oleh sebab itulah kontes dijadikan salah satu sarana promosi yang fenomenal bagi para blogger yang berani mengeluarkan sedikit modal untuk mendongkrak popularitas blognya..

    ReplyDelete
  6. Benar Mas,
    Saat ini makin banyak blogger-blogger baru.
    Apalagi buku-buku tentang blog banyak banget beredar disemua toko buku.

    Dan memang benar yang terpenting di dunia blog adalah menambah pengalaman. Hikmah yang bisa didapat dari banyaknya blogger2 baru adalah semakin banyak kita bisa blogwalking :)

    ReplyDelete
  7. Ada lagi kontes baru San besutannya Joko Susilo stop Action Start Dreaming (Eh tebalik ya heheheh) ikut juga San?

    ReplyDelete
  8. yah untuk yang ikutan ya lanjutkan sajalah.. :D ikut meramaikan.. hehehe...

    ReplyDelete
  9. @ Dev
    Tapi tidak semua panitia minta backlink kan? :D

    @ Abi
    Mungkin ikutan tapi akhir agustus setelah UAS dan KKN selesai :))

    @ Blogger Magazine Template
    Benar Sob, minimal jadi penggembira dan hitung2 kemampuan bersaing, siapa tahu kita yang menang?

    ReplyDelete
  10. Setuju,ap jg ikut..yg Stop Dreaming Start Action,iseng aja sih...n jg itung2 nyari pglman!! Moga sukses buat UAS,a..

    ReplyDelete
  11. Yang jelas kontes seperti itu, seperti belajar seo para pemula dan sebagainya adalah upaya untuk mencari link popularity yang paling jitu, meningkatkan technorati rank bagi si penyedia kontes, juga sarana yang paling bagus untuk meningkatkan google pagerank. Itu manfaatnya bagi penyedia kontes, kalo bagi pengikut kontes saya setuju dengan ihsan, ya seperti itu untungnya. Tapi secara pribadi, saya juga ikut dan saya suka berkompetisi meskipun kalah. Jadi tidak ada salahnya mencoba, bagi blogger pemula seperti bang kritikus itu sarana bagus untuk berlomba, tapi pesan bang kritikus para blogger sebaiknya jangan terlalu dilalaikan dengan kontes semacam ini, sehingga tidak lagi berkunjung ke blog sahabat, dll. Karena anda juga butuh pada blog anda bukan sekedar memenuhi kebutuhan blog orang lain dengan bersusah payah mencarikan pagerank bagi orang lain tetapi blog anda sendiri terbengkalai, karena mayoritas blogger rupanya sekarang lebih senang melink-kan comment-nya ke halaman kontes daripada ke halaman utama blog mereka. Secara pribadi dengan penuh hormat ke seluruh blogger pemula, hendaknya jangan melupakan blog anda sendiri alias jangan terlalu ngoyo, usahakan untuk semaksimal mungkin meningkatkan blog kita. Boleh berbagi terhadap orang lain tapi jangan lupakan diri sendiri.Bagi waktu sebaik-baiknya, untuk ikut kontes dan memaksimalisasi blog anda sendiri.Sehingga tekornya tidak terlalu banyak. Itu hanya saran dari blogger pemula, bisa salah juga bisa benar. Semoga bermanfaat.

    ReplyDelete
  12. Ajang kontes anggaplah sebagai garam saja. Jangan dijadikan sayur... :)

    ReplyDelete
  13. selamet berkompetisi aja..

    saya jadi penonton paling cantik deh..;p

    ReplyDelete
  14. Semakin banyak kontes semakin banyak pula pelajaran yang bisa diambil :)

    ReplyDelete
  15. bener mas kata sampean, belajar ngeblog itu ternyata asik... banyak ilmunya.
    tapi kalau ikutan kontes, sebenarnya pingin.
    tapi cuma belum pede saja. hihihihi.

    ReplyDelete
  16. Benar teman..lomba atau kontes bisa jadi penyemangat buat belajar utk maju..

    ReplyDelete
  17. Maaf mas baru dibales.. soalnya baru tadi siang blog saya bener.. mmmm kalo aku lebih ke pengalamannya mas.. aku bener2 mendapatkan banyak manfaat dari blog, nambah temen, nambah pengetahuan, + ikut2an kontes.. hehehehehe

    ReplyDelete
  18. udah jadi jamur merang kaliya sangking banyaknya...tapi nikmatin aja lah buat seneng seneng ya ngak mas

    ReplyDelete
  19. Wah, setelah baca ulasan mas di atas, pikiran saya lebih terbuka mengenai manfaat ikutan kontes-kontes blog. Thx buat inspirasinya. Setuju deh. Yang penting kan dapet pengalaman dan juga pengetahuan baru yach. Itu nilai pembelajaran terbesarnya ketimbang sekedar nyari popularitas atau gagah-gagahan :)

    ReplyDelete
  20. saya ikutan kontes hanya ngramein saja mas, karena waktunya yang cukup lama kadang lupa

    ReplyDelete
  21. saya cuma iseng iseng tuh :D
    hehe

    ReplyDelete
  22. Wah mas, belum sempet ikutan malah sekarang udah kelas 3 SMA, bentar lg mau ujian. klo ngeBlog terus kapan pinternya??? hua,... hua.... :((

    ReplyDelete
  23. bener kata mas ikhsan, kadang terbentur dengan idealisme, ikutan kontes harusnya sebagai ajang mencari pengalaman di dunia blogging khususnya ilmu SEO, harus berusaha jangan melekat pada tujuan yaitu menang agar nantinya jika kalah gak terlalu menyesal, itu sih bagi pemula seperti saya, kalo bagi master2 udah makananya kali ya..

    ReplyDelete
  24. ikutnya satu2 aja ah kalo kebanyakan puyeng ntar..


    dukung n komen ya di http://www.ais-story.co.cc/2009/06/stop-dreaming-start-action.html

    ReplyDelete
  25. Banyaknya kontes dan banyaknya blogger baru di Indonesia.. hal ini menandakan bahwa semakin banyak yang sadar bahwa internet sangat penting, internet bukan hanya sebagai sarana belajar (edukasi) saja tetapi marketing dan bisnis

    ReplyDelete
  26. Wah..wah...
    Kontes blog menurutku sih bisa jadi penambah semangat ngeblog...
    hehehe...

    ReplyDelete
  27. yang penting tetep semangat ngeblog ...
    kontes SEO hanya sbagai pematik api untuk berkarya lebih :)

    ReplyDelete
  28. wah mantap nih artikel bagi info dong di http://herbamart.blogspot.com aku juga punya info menarik lho?!

    ReplyDelete
  29. ini juga masih ada periode kontes review Alnect komputer lho, dimana hadiahnya note book dan banyak hadiah menarik lainnya, kontes berakhir tanggal 30 juni 2009... buruan adu argument siapa tahu dapat hadiahnya

    ReplyDelete
  30. pantang menyerah kawan, mungkin bukan kemaren siapa tahu peluang itu ada didepan mata, ya gak :)

    ReplyDelete
  31. gw jelas ikut yang ini aja sob :) belum PD ikutan yang lain.. hehehe

    ReplyDelete
  32. mas saya berkomentar pakai nama sendiri lho ;))

    ada pelajaran yang sangat bagus dalam kontes seo yg saya dapet.. gonta-ganti meta tag bikin trafick makin anjlok :D

    anjlok juga penghasilan saya :D

    ReplyDelete
  33. banyakya lomba membuat bobot dan gengsi masing2 lomba jadi tidak keliatan. padahal sangat bergengsi juga.
    tapi sejalan dengan apa yang dikatakan mas ihsan. justru gengsi lomba yang semakin berkurang membuat peserta tidak merasakan keberhasilan yang lebih atau kekalahan yang sangat menyakitkan. yang dirasakan malah tambahnya pengetahuan soal blog, disamping bertambahnya sobat tentunya.

    ReplyDelete
  34. Maaf bro kalo agak telat, tapi selamet ulang tahun moga2 tahun ini lebih baik dari tahun kemaren dah.

    ReplyDelete
  35. kalo aku sih mending unjuk gigi di kontes selain kontes SEO, kalo SEO udah ada masternya, tapi kalo yang lain kan jarang ada sebutan master review, hahahahah...

    ReplyDelete
  36. kontes maning...

    mumuet mau ikut yang mana...

    yang satu ikut yang satunya pengen ikut juga..

    jadi gak pokus dan gak jadi menang...hehe

    ReplyDelete
  37. saia mah mas ikutan kontes sebagai media pembeljaran aza mas, itung2 mendalami ilmu SEO blajar dari para senior smuanya :
    Kontes SEO Aristia Wida Rukmi | Kontes SEO Aristia Wida Rukmi | Rusli Zainal Sang Visioner

    ReplyDelete
  38. wehehehe.. siyap mas,, sama kek saya neh idiologinya..

    ikutan kontes beat belajar dan belajar,, tentang blogger itu seorang penulis, kan inti utamanya itu,, jadi kita tetep harus menjunjung tinggi akan hal itu..

    kita disini belajar dan berbagi.. :)

    ReplyDelete
  39. ada award buat mas, mabil di blog aku..

    ReplyDelete
  40. salam kenal mas, blognya keren!

    ReplyDelete
  41. kontes dimana2.... aq sech ngikutin yg gak terlalu repot... kalau SEO ntu ngrepotin.... `x(

    lah kalau bisa udah gak terlalu repot, hadiahnya juga keren..... =))

    ReplyDelete
  42. Iya, yang penting bukan hadiahnya, apa lagi bagi pemula seperti saya, sudah dapat pengalaman dan mendapat tambahan ilmu saja saya sudah senang! biar lebih semangat dalam ngeblog!

    ReplyDelete
  43. Blog gue ikutan Kontes Cihuy....!! Padahal Blog baru.. ?
    tapi dukung aku ya...
    | Stop Dreaming Stop Action |

    ReplyDelete
  44. Boleh juga nih ikutan kontes nulis :)

    ReplyDelete
  45. Nanti saya buat kontes juga deh keywordnya Abi Keren Abisss!!! Hehehe kira-kira sukses ga yah? BTW gimana kabarnya San?

    ReplyDelete
  46. Aku sangat setuju dengan posting sobat ini,aku sendiri jg lg ikutan contest semua ini untuk ikut meramaikan dalam dunia blogger sekaligus ingin mengetahui sampai dimana kemampuan ini,masalah hadiah mah itu no yg kesekian, yg penting adalah utk menjalin silaturahmi antar blogger..makasih mas ihsan..

    ReplyDelete
  47. saya suka nembak keyword, tapi nggak suka ikut kontes SEO, jadinya dukung2 aja kalau ada teman yang ikutan!

    ReplyDelete
  48. Persiapan mengikuti kontes SEO yang lain dipending hingga akhir agustus dikarenakan sedang menghadapai UAS dan persiapan penuh untuk KKN di Ngawi, tapi nanti ikut meramaikan lomba, syukur2 klo menang :D

    @ AlvienRizki
    klo gitu Sobat aja yang saya sebut master review, bagaimana?

    @ Vie_three
    SEO memang melelahkan tapi mengasyikkan, ketagihan

    @ Abi
    Masih hidup Bi, cuma agak sibuk nih. he he he

    ReplyDelete
  49. Kalau saya sih, ikutan yang disenangi ajah... Sebagai ajang latihan... :D

    ReplyDelete
  50. Ya emang hanya 300 jatahnya, so perlu seleksi blog yg diikuti nih

    ReplyDelete
  51. Eh keliru harusnya pada posting selanjutnya (tentang follower), maaf sob

    ReplyDelete
  52. yoo ye kya likh detaa hai kuch samaj main nahe atta hai. Agle bar samjahan wale baat likh dena. (all it means very nice, keep it up.)

    ReplyDelete
  53. emang lomba itu menunjukan banyaknya yang sudah mulai merambah bisnis online...

    ReplyDelete
  54. emang bertarung dengan para master itu berat banget.. apalagi mereka udah punya banyak blog dengan pr tinggi

    ReplyDelete
  55. aq pernah ikutan kontes SEO tp ujung2nya mrk cuma cari backlink, hihii g etis ya????hehehhe

    ReplyDelete
  56. klu gw g ada waktu si bos ikut2an kontes itu atau bikin kontes sendiri, mending ikutan "kontes" PTR aja ya

    ReplyDelete
  57. yang membuat saya tertarik ikut kontes SEO adalah tantangan untuk menguji sampai sejauh mana kemampuan yang saya miliki...
    kalau masalah menang..
    saya kurang berharap...
    karena saya sadar akan kemampuan yang saya miliki yang masih sangat rendah..

    ReplyDelete
  58. bener memang untuk belajar dan pengalaman saja ;)

    ReplyDelete
  59. boleh juga seh kalo dirasa sudah mumpuni dan pantas untuk bisa ikut kenapa tidak ;;)

    ReplyDelete
  60. Banyaknya kontes seo akhir2 jelas memberi keuntungan bagi peserti, bukan uang tujuannya, tapi mengasah ilmu seo utk pemula spt saya. kalo tendensinya uang, jelas bloger gurem macam saya ni ga akan menang.. hehehe..
    I love ur blog... *jujur*

    ReplyDelete
  61. ikut dalam kontes seo bukan semata tujuan uang, tapi ada tujuan yang lebih kuat lagi yaitu sambil belajar ilmu seo, ya gitulah kira2 sahabat
    salam super

    ReplyDelete
  62. Tapi kebanyakan ikut kontes bikin bingung, mending 1 tapi fokus..

    ReplyDelete
  63. sebenarnya dengan maraknya kontes merupakan sebuah apresiasi dari para blogger itu sendiri.
    kalo menurut saya ikut seperluanya untuk mengetahui kemampuan gitu aja.
    tidka setiap ada kontes padahal yang satu belum selesai udah ikutan juga ;)

    ReplyDelete
  64. iya skrng lagi marak kontes seo, tp asyik juga sapa tahu bisa menang

    ReplyDelete
  65. tambah lama malah tambah gede lho hadiahnya, ini kayak kontesnya mas joko susilo dengan kata kunci stop dreaming start action total 25 juta ayo yang belum gabung segera gabung mumpung masih ada waktu sampai 15 September 2009 Pkl. 09.00 WIB

    ReplyDelete
  66. memang bener mas...
    kita harus pinter2 menyikapi kontes SEO yang menjamur..

    ReplyDelete
  67. sekarang buka lagi kontes blog terbaru Oktober 2009, pertamina blog kontes. hayo siapa yang ingin ikutan

    ReplyDelete
  68. makin banyak blog kontes seo makin pusing mo ikutin yang mana...^_^

    Terima kasih atas infonya, silakan berkunjung ke sini yaaa...^_^

    ReplyDelete
  69. tahun 2010 ini saya sendiri baru mengawali dalm dunia persilatan eh perkontesan dan memang tahun ini baru setengah tahun aja udah banyak banget ya kontesnya

    ReplyDelete
  70. Very nice post. I really enjoy the reading.I come here from the google when i searching some article on racing tips but i really like your post. Thanks

    ReplyDelete
  71. kalau saya seh happy happy aja, soalnya saya juga g bisa SEO.

    ReplyDelete
  72. pasti ada yg diuntungkan dan dirugikan..

    ReplyDelete
  73. karena semakin banyaknya blogger indonesia maka semakin banyak juga kontes kontes SEO.

    ReplyDelete
  74. kita lebih sabar aja dan tentunya berharap segera selesai

    ReplyDelete
  75. I am glad that the blogger wrote this interesting article for the readers. When I saw the pictures in the post, I can relate what the blogger wants to share. This site is very entertaining.

    ReplyDelete
  76. Intimately, the article is really the most effective on that worthwhile concept. I in form in using your conclusions and surely will eagerly seem forward for your subsequent updates. Just stating numerous many thanks are not able to basically be sufficient, for your fantastic clarity within your composing.

    ReplyDelete
  77. I truly liked taking a look at by way of your publish!. Leading high quality compound. I could advise you to arrive up with blogposts even far more usually.

    ReplyDelete

Komentar Anda mewakili siapa Anda
Be Your Self !

 
Toggle Footer