Breaking News
Loading...
18 September 2009

Kegagalan Atau Keberhasilan Di Ramadhan 1430 H?

Friday, September 18, 2009
Detiki-detik berlalunya Ramadhan tahun ini bisa kita ikuti kalau Allah memang masih memanjangkan umur kita hingga lebaran. Tidak terasa Ramadhan yang baru terasa kemarin berbuka untuk hari puasa yang pertama, sekarang sudah berbuka untuk puasa yang 27 kemarin, CEPAT sekali berlalu, itu yang terasa. Dan... sangat tidak terasa sekali amalan di Ramadhan kali ini sangat sedikit sekali yang bisa kita maksimalkan. Terasa sangat sedikit . Kepergian ramadhan kali ini juga membuat hati ini berdebar-debar, bukan suka cita menyambut Idul Fitri 1430 H, tapi hal lain yang sangat menentukan.

Tahu kan kalau ada banyak golongan orang-orang setelah Ramadhan? ada yang berhasil dengan memperoleh gelar TAQWA dan ada yang memperoleh kerugian. Saya heran melihat banyak orang yang suka cita menyambut lebaran dan sibuk untuk memenuhi berbagai keperluan lebaran dengan meninggalkan ramadhan yang belum berakhir ini. TERLENA. Makanya jangan heran kalau ada suatu negara yang tidak merayakan Idul Fitri semeriah dan seramai Indonesia. Mereka justru mengevaluasinya dangan deraian tangis air mata, bukan tawa canda sumringah yang terpancar dari wajahnya.
Bukan karena sanak keluarganya yang meninggal di hari Ramadhan, tapi karena mereka takut dan khawatir kalau ramadhan mereka GAGAL. Bulan yang mulia ini bagi sebagian orang memang mengasyikkan, karena liburan. Ada juga yang bahagia karena amal ibadahnya dilipatgandakan oleh Allah SWT. Ada yang biasa-biasa aja. Kita termasuk golongan yang mana?

Saya pernah bilang kalau ramadhan ini banyak blog yang tidak update, saya tahu banyak penyebabnya, ada yang memang MALAS, kebanyakan tidur, LEMAS, tidak ada ide, dsb. ada juga yang memang memaksimalkan ramadhan tahun ini dengan tidak online. subhanallah Memilih yang terbaik untuk masa depannya, dunia akhirat.

Saya sangat berharap semoga ramadhan kali ini kita lulus dengan predikat TAQWA sebagaimana yang dijanjikan Allah kepada hamba-hambanya, dan semoga Allah SWT tidak memasukkan kita ke dalam golongan orang-orang yang celaka.



Ya Allah, janganlah Engkau jadikan puasa ini sebagai puasa yang terakhir dalam hidupku. Seandainya Engkau berketetapan sebaliknya, maka jadikanlah puasaku ini sebagai puasa yang dirakhmati bukan yang hampa semata

Ya Allah, dalam kitab yang Kau wahyukan (kepada Nabi Muhammad SAW), Engkau berfirman: “Bulan Ramadhan adalah bulan yang diturunkannya Al Qur’an di dalamnya”. Tetapi sebentar lagi berlalu. Aku mohonkan padaMu dengan perantaraan WajahMu yang mulia, dengan perantaraan kalimat-kalimatMu yang sempurna, seandainya masih tersisa padaku dosa yang belum Kau ampuni, atau dosa yang (menyebabkan) aku disiksa karenanya (hingga) terbitnya fajar malam ini, atau hingga berlalunya bulan ini, maka ampunilah semuanya, wahai Dzat Yang Paling Pengasih dari semua yang mengasihi.
Amiiin Ya Robbal 'Aalamiiin



SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1430 H
MOHON MAAF LAHIR DAN BATHIN


TAQABBALALLAHU MINNA WA MINKUM
MINAL 'AIDIN WAL FAIDIN


MOHON MAAF LAHIR DAN BATHIN


118 comments:

  1. salam kenal mas,
    smg predikat taqwa disematkan Allah kepada kita...amiin..
    smg pula, di bulan2 setelah ramadhan kita bisa mengamalkan ibadah2 spt yg kita lakukan selama bulan ramadhan kemarin...

    ReplyDelete
  2. Wah, saya malah lupa belum ngevaluasi diri...
    Semoga Ramadhan kali ini ada nilai lebih dari sebelumnya.
    Sukses buat Mas Ihsan...

    ReplyDelete
  3. Dengan momentum Ramadhan mudah-mudahan kita bisa meningkatkan kadar Iman dan Taqwa kita selepas Ramadhan nantinya

    ReplyDelete
  4. Terselip khilaf dalam candaku,
    Tergores luka dalam tawaku,
    Terbelit pilu dalam tingkahku,
    Tersinggung rasa dalam bicaraku.
    Hari kemenangan telah tiba,
    Semoga diampuni salah dan dosa.
    Mari bersama bersihkan diri,
    sucikan hati di hari Fitri.
    Selamat Hari Raya Idul Fitri 1430 H
    Taqobalallahu minnaa wa minkum
    Shiyamanaa wa shiyamakum
    Minal ‘aidin wal faizin
    Mohon maaf lahir dan batin
    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabatku terchayaaaaaaaank
    I Love U fuuulllllllllllllllllll

    ReplyDelete
  5. Kedaling rasa nu pinuh ku bangbaluh hate, urang lubarkeun, ngawengku pinuh ku nyuuh, meungpeung wanci can mustari. Taqabalallahu Minna Wa Minkum
    Wilujeng Idul Fitri 1430 H, sim kuring neda dihapunten samudaya kalepatan.
    Kuring neda dihapunten kana samudaya kalepatan, boh bilih aya cariosan anu matak ngarahetkeun kana manah, da sadayana oge mung saukur heureuy, manusa mah teu tiasa lumpat tina kalepatan jeung kakhilafan

    ReplyDelete
  6. Selamat Idul Fitri mas, maaf lahir batin...
    Sorry, gak bisa ngerangkai kata, jadi apa adanya aja, hehehehe....

    Salam kenaal juga ya mas :)

    ReplyDelete
  7. Selamat hari raya idul fitri..
    Mhn maaf lahir dan batin..

    ReplyDelete
  8. wget idulfitri.deb | sudo dpkg -i idulfitri.deb | sudo aptitude update | sudo aptitude safe-upgrade | sudo /etc/init.d/minal-aidzin-wal-faidzin start

    ReplyDelete
  9. Ramadhan sebentar lagi khan pamit
    Kemenangan akan kita gapai di hari yang fitri
    Dalam kerendahan hati ada ketinggian budi
    Dalam kemiskinan harta ada kekayaan jiwa
    Dalam kesempatan hidup ada keluasan ilmu
    Hidup ini indah jika segala karena ALLAH SWT
    Kami sekeluarga menghaturkan
    Selamat Hari Raya Idul Fitri 1430 H
    Taqobalallahu minna wa minkum
    Mohon maaf lahir dan bathin

    ReplyDelete
  10. selamat hari raya idul fitri 1430h taqaballahu minna wa minkum. minal aidzin wal faizin. makan permen perut mledhos, buah manggis dimakan onta. kalao salah komen atau salah post, eros manis minta maaf eyaa...

    oia ditunggu komennya dalam tulisan ini eya, plis

    ReplyDelete
  11. amin.. Ya Mujibassailin...

    ehem.. kok kayaknya marah dalam kata2mu ihsan.. sesungguhnya Islam itu lembut dan tegas... tapi ga galak.. :)

    maaf lahir batin juga yaah *maaf kalo jarang mampir*

    ReplyDelete
  12. Kedal ing rasa nu pinuh ku bangbaluh hate, urang lubarkeun, ngawengku pinuh ku nyuuh, meungpeung wanci can mustari. Taqabalallahu Minna Wa Minkum
    Wilujeng Idul Fitri 1430 H, sim kuring neda dihapunten samudaya kalepatan.
    Kuring neda dihapunten kana samudaya kalepatan, boh bilih aya cariosan anu matak ngarahetkeun kana manah, da sadayana oge mung saukur heureuy, manusa mah teu tiasa lumpat tina kalepatan jeung kakhilafan

    ReplyDelete
  13. Terselip khilaf dalam candaku,
    Tergores luka dalam tawaku,
    Terbelit pilu dalam tingkahku,
    Tersinggung rasa dalam bicaraku.
    Hari kemenangan telah tiba,
    Semoga diampuni salah dan dosa.
    Mari bersama bersihkan diri,
    sucikan hati di hari Fitri.
    Selamat Hari Raya Idul Fitri 1430 H
    Taqoba lallahu minnaa wa minkum
    Shiyamanaa wa shiyamakum
    Minal ‘aidin wal faizin
    Mohon maaf lahir dan batin
    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabatku terchayaaaaaaaank
    I Love U fuuulllllllllllllllllll

    ReplyDelete
  14. @ Ducky

    marah? wah engga' kok, lagi evaluasi masa ketawa-ketiwi?

    hi hi hi hi hi hi

    ReplyDelete
  15. Wilujeng Idul Fitri 1430 H, sim kuring neda dihapunten samudaya kalepatan.

    ReplyDelete
  16. Wah, saya malah lupa belum ngevaluasi diri.

    ReplyDelete
  17. buah manggis dimakan onta. kalao salah komen atau salah post, eros manis minta maaf eyaa.

    ReplyDelete
  18. Semoga semua menang

    selamat idul fitri mohon maaf lahir batin

    sumintar.com

    ReplyDelete
  19. amin sy berharap moga sj ramadhan ini membawa perubahan sikap pd saya :D

    ReplyDelete
  20. semoga ramadhan ini menjadi bulan yang penuh maqfiroh dan rahmat,mohon maaf lahir dan batin.maaf bila saya ada salah :D

    ReplyDelete
  21. Pencerahannya sangat menyentuh sekali. Thx telah mengingatkan...

    ReplyDelete
  22. Semoga kemenangan yg kita dapat sobat.... semoga juga kita kan bertemu di ramadhan tahun depan.. seperti kata bimbo :

    Setiap Habis Ramadhan , Hamba rindu lagi Ramadhan
    Saat – saat padat beribadah , Tak terhingga nilai mahalnya

    Setiap habis Ramadhan , Hamba cemas kalau tak sampai
    Umur hamba di tahun depan , Berilah hamba kesempatan

    Setiap habis Ramadhan , Rindu hamba tak pernah menghilang
    Mohon tambah umur setahun lagi , Berilah hamba kesempatan

    ReplyDelete
  23. mudah2an segala amalan kita selama ramadhan di terima olehNya
    amin
    taqabalallahu minna waminkum

    ReplyDelete
  24. Insha Allah tidak ada yang gagal dan Insha Allah kita semua akan berjumpa bulan suci Ramadhan yang akan datang dan seterusnya...Amiiin Allahuma Amiiin.

    Sekalian mau ucapkan selamat Idul Fitri, 1 Syawal 1430 Hijriah untuk Ihsan dan keluarga, mohon maaf lahir dan bathin.

    Abi

    ReplyDelete
  25. Amin. . .
    Semoga kita semua menjadi suci kembali di hari raya idul fitri nanti. . .

    Minal'aidin wal'faidzin. .mohon maaf lahir dan bathin.

    Kenali dan Kunjungi Objek Wisata Di Pandeglang

    ReplyDelete
  26. insyaAllah kemenangan kontes SEO akan diraih,hihihi

    Sob, aku jg mau didukung nih, boleh ngga?

    ReplyDelete
  27. entahlah Apakah gagal atau berhasil, semoga tidak hanya Allah saja yang tahu. semoga diluar romadhon kita bisa bertambah dekat dengan Allah amien

    ReplyDelete
  28. bagus mas ulasannya.. emang faktanya persiapan dan pelaksanaan lebaran lebih ramai dari bulan ramadhan.

    selamat idul fitri, mohon maaf lahir dan batin. salam damai selalu!

    ReplyDelete
  29. Ihsan, sahabatku... aku datang menghaturkan salam persahabatan sekaligus mengucapkan minal aidin wal faizin, mohon maaf lahir dan batin

    ReplyDelete
  30. Selamat Idul Fitri mas Ihsan, mohon maaf lahir dan batin, semoga masih dipanjangkan umur untuk Ramadhan berikutnya, Amin ...

    ReplyDelete
  31. Semoga kita semua termasuk orang2 yg beruntung diselamatkan dar api neraka dan mencapai derajat muttaqien. Amiin. Minal aidin wal faizin.

    ReplyDelete
  32. wahh, saya tidak update karena....ada tugas lain dan juga malas hihihi....(harus jujur pada diri sendiri kan...)

    ReplyDelete
  33. hmm, dalem n penuh pantas direnungkan bro postingannya. saya masup golongan mana yah? *bertanya pada diri-sendiri*

    ReplyDelete
  34. Ramadhan telah membasuh sang hati
    dari noda dan jelaga.
    Saatnya meraih rahmat
    dan ampunan-Nya.
    Untuk lisan dan sikap yang tak terjaga.
    Mohon dibukakan pintu maaf
    yang sebesar-besarnya.
    Selamat Hari Raya
    Idul Fitri 1 Syawal 1430 H.
    Minal Aidin wal faidzin.
    Taqobalallahu Minnaa wa Minkum.

    ReplyDelete
  35. semoga ikutan kelompok yang berhasil .. yang LULUS ..
    amin ..
    Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1430 H.
    .. Minal Aidin Wal Faidzin ..

    ReplyDelete
  36. met idul fitri ya.maaf lahir batin.

    ReplyDelete
  37. selamat idul fitri mas..
    semoga aal ibadah di bulan ramadhan ini diterima oleh ALLAH SWT
    amin...

    ReplyDelete
  38. Assalamu'alaikum Wr. Wb
    Selamat Hari Raya Idul Fitri 1430
    Minal Aidin Wal Faizin.
    Mohon maaf lahir n Bathin.
    Maavin semua kesalahan Accan iah.. ;)

    ReplyDelete
  39. mohon maaf lahir dan batin,,, salam kenal ya mas,,

    ReplyDelete
  40. selamat hari raya idul fitri Bang..........

    mohon maaf lahir bathin yaaaaaaaaa

    ReplyDelete
  41. mantabbb dan sepakat artikelnya....
    minal aidin wal faizin ya....

    ReplyDelete
  42. met lebaran ya, mohon maaf lahir dan batin...

    ReplyDelete
  43. Terselip khilaf dalam candaku,
    Tergores luka dalam tawaku,
    Terbelit pilu dalam tingkahku,
    Tersinggung rasa dalam bicaraku.
    Hari kemenangan telah tiba,
    Semoga diampuni salah dan dosa.
    Mari bersama bersihkan diri,
    sucikan hati di hari Fitri.
    Selamat Hari Raya Idul Fitri 1430 H
    Taqoba lallahu minnaa wa minkum
    Shiyamanaa wa shiyamakum
    Minal ‘aidin wal faizin
    Mohon maaf lahir dan batin
    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabatku terchayaaaaaaaank
    I Love U fuuulllllllllllllllllll..

    ReplyDelete
  44. Mohon Maaf Lahir dan Bathin..

    Semoga Ramadan yang telalu berlalu, menghasilkan keberhasilan..

    ReplyDelete
  45. Minal 'aidin wal faidzin,
    Mohon maaf lahir dan batin,
    Semoga kita berhasil menjadi PEMENANG sejati... :D

    Salam

    ReplyDelete
  46. Selamat Idul Fitri
    Mohon maaf lahir dan batin
    Kalau ada salah kata atau yang tidak berkenan dihati mohon dimaafkan

    ReplyDelete
  47. Ketika pikiran kita mulai tenang, ketika bisa mengatasi diri dari kesibukkan adi-duniawi dan hingar bingar nuansa materialisme, akan terdengar suara nurani yang mengajak kita untuk berdialog, mendekat bahkan menyatu dengan suatu totalitas wujud Yang Maha Hadir (The Omnipresent), yaitu Tuhan. Kesadaran yang demikian itu akan mengantarkan kita pada usaha untuk menyadari ebih lanjut betapa lemahnya kita sebagai manusia di hadapan-Nya, dan betapa ekuasaan dan keperkasaan-Nya yang melintasi ruang dan waktu.

    Suara yang terdengar tu adalah suara fitrah kemanusiaan; suara kesucian-kemanusiaan. Suara itulah yang dikumandangkan pada setiap saat diri kita menghadap keharibaan-Nya, dan suara-suara Allahu Akbar, La Ilaha Illallah, Allahu Akbar, Walillahi Alhamd, Takbir yang dikumandangankan saat perayaan Idul Fitri. SELAMAT IDUL FITRI MOHON MAAF LAHIR BATIN.

    ReplyDelete
  48. salam kenal..n selamat hari raya idul fitri. mohon maaf lahir dan batin

    ReplyDelete
  49. taqobbalullohuminna wa minkum

    minal aidzin wal faizin

    ReplyDelete
  50. mohon maaf lahir dan bathin kalau ada komentar yang salah

    ReplyDelete
  51. Silaturahmi kepada semua teman-teman

    Minal Aidin Wal Faizin, Mohon maaf lahir bathin

    ReplyDelete
  52. Andai jemari tak sempat berjabat,
    Andai raga tak dapta bertatap
    Seiring beduk yg menggema,
    Seruan takbir yg berkumandang
    Ku haturkan salam menyambut Hari Raya Idul Fitri,
    Jika ada kata serta khilafku,
    membekas lara mohon dimaafkan.

    Khay Mengucapkan :

    SELAMAT IDUL FITRI 1 Syawal 1430 H
    Minal Adin Wal Faidzin
    Mohon Maaf Lahir & Bathin

    ReplyDelete
  53. selamat hari raya Idul Fitri mas Ihsan
    Mohon maaf lahir dan bathin ya

    ReplyDelete
  54. Waaah ,, rame banget nih komentarnya ,,
    Minal adin wal fa idzin ya mas,,

    ReplyDelete
  55. aku datang lagi pengen minta ketupat neh sob :D

    ReplyDelete
  56. selamnat idul fitri, mas ihsan, mohon dimaafkan semua salah dan khilaf saya selama ini.

    ReplyDelete
  57. Selamat Hari raya lebaran 1430H
    Taqabalallahu minna wa minkum
    Mohon maaf lahir dan bathin

    ReplyDelete
  58. kalao salah komen atau salah post, eros manis minta maaf eyaa.

    ReplyDelete
  59. kalao salah komen atau salah post, eros manis minta maaf eyaa.

    ReplyDelete
  60. Sejauh yang saya pikir bahwa kami selalu akan mencapai sukses.

    ReplyDelete
  61. Terima kasih untuk menyediakan informasi baik seperti tentang ramadhan.

    ReplyDelete
  62. "Ya Allah, dalam kitab yang Kau wahyukan (kepada Nabi Muhammad SAW), Engkau berfirman: “Bulan Ramadhan adalah bulan yang diturunkannya Al Qur’an di dalamnya”."
    Benar-benar baik!

    ReplyDelete
  63. Ketika datang ke festival-festival di sekitar kebahagiaan kebahagiaan itu pecah.

    ReplyDelete
  64. Ku haturkan salam menyambut Hari Raya Idul Fitri.

    ReplyDelete
  65. kalao salah komen atau salah post, eros manis minta maaf eyaa.

    ReplyDelete
  66. Saya mo ngucapin met Idul Fitri 1430 H...Mohon maaf lahir dan batin...minal aidin wal faidzin.

    Semoga kita benar - benar meraih makna dan harapan Ramadhan di hari yang fitri ini...Amin.

    ReplyDelete
  67. Taqoballohu minna waminkum.
    Aku MINTA MAAF jika ada salah juga.
    Semoga kita semua termasuk golongan orang-orang yang berhasil menjalankan puasa ramadhan. . . .

    ReplyDelete
  68. ya what a nice thinking , and I really want to attach with it.

    ReplyDelete
  69. Demikian pula saya mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri
    Taqobbalallohu minna waminkum.
    Mohon maaaf lahir dan batin.*

    ReplyDelete
  70. mohon dimaafkan semua salah dan khilaf saya selama ini.

    ReplyDelete
  71. Assalamualaikum mas Ihsan..minal aidin wal faidzin, Mohon maaf lahir dan batin.:)

    ReplyDelete
  72. kalao salah komen atau salah post, eros manis minta maaf eyaa.

    ReplyDelete
  73. Taqabbalallahu minna wa minkum taqabbal yaa karim..

    Pada hari nan fitri ini, dari lubuk hati yang terdalam saya juga mohon maaf lahir dan batin entah disengaja ataupun tidak disengaja..

    Selamat Hari Raya Idhul Fitri 1430 H.. Mohon Maaf Lahir dan Batin.. :)

    ReplyDelete
  74. persahabatan sekaligus mengucapkan minal aidin wal faizin, mohon maaf lahir dan batin.

    ReplyDelete
  75. Berkunjung...
    Masih dalam suasana Lebaran, mohon maaf lahir dan batin ya...

    ReplyDelete
  76. Really nice, I think you should write something in english also. it is good for site.

    ReplyDelete
  77. ""Ya Allah, janganlah Engkau jadikan puasa ini sebagai puasa yang terakhir dalam hidupku. Seandainya Engkau berketetapan sebaliknya, maka jadikanlah puasaku ini sebagai puasa yang dirakhmati bukan yang hampa semata"
    great!

    ReplyDelete
  78. post besar buddy!
    terima kasih untuk menyediakan informasi yang baik seperti ..

    ReplyDelete
  79. Subhanallah... kita memang sering lupa, bahwa puasa tidak hanya memerangi hawa nafsu, tapi juga harus mempertahankan hawa rajin, hawa disiplin, hawa perjuangan. Terima kasih, dan mohon maaf lahir batin semuanya.

    ReplyDelete
  80. Andai jemari tak sempat berjabat,
    Andai raga tak dapta bertatap
    Seiring beduk yg menggema,
    Seruan takbir yg berkumandang
    Ku haturkan salam menyambut Hari Raya Idul Fitri,
    Jika ada kata serta khilafku,
    membekas lara mohon dimaafkan.

    Khay Mengucapkan :

    SELAMAT IDUL FITRI 1 Syawal 1430 H
    Minal Adin Wal Faidzin
    Mohon Maaf Lahir & Bathin

    ReplyDelete
  81. Ku haturkan salam menyambut Hari Raya Idul Fitri.

    ReplyDelete
  82. You should also use english language as a option for your blog, it will definitely helps you in increasing traffic.

    ReplyDelete
  83. "Ya Allah, dalam kitab yang Kau wahyukan (kepada Nabi Muhammad SAW), Engkau berfirman.

    ReplyDelete
  84. dari lubuk hati yang terdalam saya juga mohon maaf lahir dan batin entah disengaja ataupun tidak disengaja.

    ReplyDelete
  85. mudah2an kita semua termasuk para pemenang sejati ramadhan :)

    ReplyDelete
  86. agak sedikit telat...Selamat Idul Fitri, Mohon maaf lahir bathin ya..

    ReplyDelete
  87. Minal Aidin Walfaidzin...
    Mohon Maaf Lahir dan Bathin...
    Selamat Lebaran juga ya...

    ReplyDelete
  88. lanjutkan dengan artikel manfaat berikutnya!
    AYO BELA NEGARA

    ReplyDelete
  89. Semoga kita benar - benar meraih makna dan harapan Ramadhan di hari yang fitri ini...Amin.

    ReplyDelete
  90. Bukan karena sanak keluarganya yang meninggal di hari Ramadhan, tapi karena mereka takut dan khawatir kalau ramadhan mereka GAGAL.

    ReplyDelete
  91. Seandainya Engkau berketetapan sebaliknya, maka jadikanlah puasaku ini sebagai puasa yang dirakhmati bukan yang hampa semata"great!thanx

    ReplyDelete
  92. smg sukses puasanya semua, minal aidzin walfaidzin smw yaw

    ReplyDelete
  93. buah manggis dimakan onta. kalao salah komen atau salah post, eros manis minta maaf eyaa.

    ReplyDelete
  94. that's a nice post and that's really affected me.

    ReplyDelete
  95. Minal aidzin wal faidzin ya...

    hebat nih postingannya

    ReplyDelete
  96. nice post but language not supported all readers.thanks.

    ReplyDelete
  97. saya sangat terkesan dengan blog ini karena di kelola dengan profesional dan semangat pembaharuan yg tinggi, bravoo..

    ReplyDelete
  98. i can't understand your language but it also a good post for fun

    ReplyDelete
  99. I can't understand the blog till I use translator but I did understand then. I would love to get more updates blog for me to get juicy information such as this one portrayed here.

    ReplyDelete
  100. I am an Asian and wants to know other Asian blogs that I may use on our research for a project in our school. I am just getting myself some topic for our team. I am just passing through though. Got confused by the language used here.

    ReplyDelete
  101. I am truly grateful to have known this. I am impressed as to the ways in which the author delivered the message to us readers. I am curious as to the details and have read and got my answers to my query. It is nice to know that this one here really exist. I would love to track your future posts.

    ReplyDelete
  102. Am an Asian too and Asian ROCKS! I am confused by the language used here. Got to direct myself for some translation. Google translate isn't accurate.

    ReplyDelete
  103. causing split ends, so it is important to use a serum after washing to

    ReplyDelete
  104. semoga kita termasuk orang-orang yang berhasil di bulan rhamadhan ini..Amin.

    ReplyDelete

Komentar Anda mewakili siapa Anda
Be Your Self !

 
Toggle Footer