Breaking News
Loading...
14 October 2009

Apa Kabar Sobat? Kemana Aja? Atau Karena Saya?

Wednesday, October 14, 2009
Teringat saat saya pertama kali tahu salah satu aktifitas blogwalking (BW) saat awal-awal ngeblog dulu, saat saya melompat dari satu shout box (buku tamu) yang satu ke yang lain dan saling berbalas komentar, bahagia sekali rasanya saya. Itulah yang saya rasakan dulu saat masih berkutat sesama blogger blogspot karena saat itu (maaf) saya belum kenal wordpress beserta blogger-bloggernya. keasyikan blogwalking memang memberikan kesan tersendiri sampai sekarang dan dari aktifitas inilah saya kenal banyak blogger dan secara tidak langsung saya merambah ke dunia blogosphere yang lebih luaaaaaas dan jauuuuuh dari bayangan saya sebelumnya.

Akhirnya tukaran link pun terjadi, saling balas komentar, saling follow, sering berjumpa di buku tamu blogger lain dan lain-lainlah pokonya buanyaaaak sekali yang saya dapatkan dari blogwalking. Karena semakin jauh wilayah rambahan permainanku di blogosphere dan semakin banyak aktifitas internet yang saya jalani, akhirnya salah satu aktifitas blogging yang penting ini mulai saya kurangi, saya biasanya hanya membalas komentar yang masuk ke blog saya saja atau blogwalking ke blog-blog yang saya follow, itupun dan banyak sekali. Padahal blogwalking sangat penting bagi seorang blogger, apalagi yang tidak mengandalkan SEO (Search engine optimization)di setiap postingnya. Betul tidak?

Saat saya melakukan bersih-bersih kemarin, sebenarnya tidak banyak blogger yang saya unfollow, kenapa? karena saya melihat mereka rata-rata masih belum setahun hiatus dan yang lebih setahun atau blognya error juga masih sedikit, Anehnya kenapa rata-rata hiatus itu ada dikisaran bulan juni-juli? ada apa? di dua bulan ini? kalau saya memang hiatus sebulan karena harus KKN. Tapi saya baru menyadari klo ternyata banyak blogger yang hiatus di bulan ini bersamaan dengan saya tapi tidak kembali ke blogsophere lagi hingga sekarang.

Saya tidak unfollow karena memang terlalu banyak kenangan bersama mereka yang susah saya lupakan, karena bagaimanapun juga mereka sangat mempengaruhi perkembangan saya di blogosphere hingga menjadi saya yang sekarang, ada sedikit kemajuan :D he he he. Tapi tetap saya komentar dan mengatakan klo saya rindu mereka tuk kembali ke blogosphere, bagaimana pun juga mereka sahabat saya di internet ini. Khususnya sesama blogger.

Saat saya melakukan pengecekan ke postingan lama saya, saya dapati komentator2 yang dulu sering saling berkomentar di blog, saya kunjungi ke blog mereka, ternyata update terakhir beberapa bulan yang lalu dan tidak ada pemberitahuan mengapa mereka hilang begitu saja. Saya masih tersenyum dan bahagia kalau ada yang posting pemberitahuan kalau mereka hiatus untuk sementara karena alasan yang memang masuk akal, saya juga pernah hiatus dalam waktu beberapa bulan, saya tidak menafikkan itu. Tapi saat saya belum begitu mengenal blogsphere, tahunya saya dulu hanya CoPas dari berbagai sumber karena saya tidak berani nulis. tapi setelah tahu pengertian blogger, klo yang namanya blogger itu menulis hasil karya buah pikiran sendiri, makanya saya mulai berani nulis hingga sekarang ini.

Tapi memang masih menjadi misteri saya apa latar belakang mereka terjun ke blogsphere? dan sekarang hilang? Terus terang saya sangat sedih jika melihat ada blogger yang hiatus lamaaaaa sekali dan meninggalkan blognya terlantar begitu saja tanpa perawatan dan update. ingin rasanya saya mendapat informasi alasan mereka hiatus begitu lama, tapi apa daya saya kalau mereka sendiri ga' pernah nongol, hik hik hik hik.

he he he he nyantai aja lagi, yang penting kita masih terus eksis tuk blogging sampai kapanpun.

HIDUP BLOGGER!

NOTE: Tulisan ini bukan untuk blogger yang masih eksis tapi untuk blogger yang "hiatus" tanpa pemberitahuan apapun, maaf kawan.

Semoga mereka semua balik lagi dan bergabung bersama kita di blogsphere ini. aamiiin

79 comments:

  1. Kotak shoutmix memang jadi favorit blogger-blogger yang baru memulai aktifitas blogging. Pengalaman ini juga dulu terjadi sama saya. Sekarang sih sudah jarang make fasilitas widget ini, walau saya sampe sekarang masih tetep pemula juga....:) Ya doakan aja semoga yang hiatus cepet kembali mas, biar pemburu dollar dari dunia maya di indonesia makin banyak. Sekedar informasi di website resmi pertamina (www.pertamina.com) ada kontes SEO baru lagi lho, hadiahnya ga main2, 1 unit sepeda motor. Ayo ikutan mas, biar tambah rame kontes SEO di indonesia, palagi data centernya pake google.com. So, kita ga perlu nyepam di blog 'saudara' sendiri kan ?

    ReplyDelete
  2. Wahh keren2 nih content-nya..
    kembangkan lagi..
    mudah2an blog saya bisa bagus kaya gini. Hha.

    Salam kenal dari Ce-Tek
    (Cerdas Teknologi : Berita dan Informasi seputar Teknologi)
    Silahkan berkunjung dan jgn lupa komentar di blog saya yahh.. Hhee..
    Mohon kritik dan saran buat blog baru saya.

    ReplyDelete
  3. mungkin mereka lagi ada kegiatan yang gak bisa ditunda ya.... semoga mereka yang lagi ber_hiatus sekarang dah balikan lagi....

    ReplyDelete
  4. hiatus... wah2... ktmu juga yg membahas ini.. ada apa gerangan hiatus lg populer...? apa karena bloguebo hiatus juga...? hahaha//... salam kenal, sob...

    ReplyDelete
  5. Sepakat deh sama isi postingannya!
    Salam semangat!

    ReplyDelete
  6. tidak tega jika harus mengatakan

    I HAVE TO SAY GOOD BYE :12

    sekalian tes emotion :42

    ReplyDelete
  7. Ia nih banyak blogger yang menghilang, ada juga yang masih exist tapi males BW, kl saya masih butuh BW untuk menjaga traffic alexa yang mulai kedodoran... :29

    ReplyDelete
  8. wedeeeeeeeeeeeeeehhhhhhhhhh bisa bikin artikel juga yach.........ajarin donkkzzzzzzzzz

    ReplyDelete
  9. mantap mengingat masa lalau d saat bersusah payah memperkenalkan blog....

    ReplyDelete
  10. Tak doakan semoga semuanya tetap exist didunia blogger

    ReplyDelete
  11. diriku hiatus karena lebaran bung... lebih penting keluarga bung

    ReplyDelete
  12. aku tetep dah, numpang anmaong nih disini....

    ReplyDelete
  13. blogwalking memang penting, seperti yang saya lakukan sekarang

    ReplyDelete
  14. apa kbr mas semoga baik2 saja :21 yup mari sama2 ikut kontes seo baru ini :27

    ReplyDelete
  15. fiuuhh berat jg ya halaman blog mas :16

    ReplyDelete
  16. Jadi ingat juga dulu sering blogwalking, sekarang dah mulai jarang, karna gak terlalu sering online, tapi saya belum bisa nulis seperti mas Ihsan, masih banyak copasnya nich :D
    tapi betul juga tuh, kemarin saya juga bersih2 link yang gak aktif lagi, ternyata banyak banget yang dah dihapus atau mungkin di banned, atau pindah domain, gak ngerti juga :(

    Regards,
    Ghustie Samosir

    www.hanyainfo.blogspot.com



    Bisnis internet dengan modal hanya 10 ribu rupiah : KLIK DISINI dan DISINI

    ReplyDelete
  17. banyak kemungkinan sih .. bisa juga bukan hiatus, tapi bikin new blog lagi..hehehe

    ReplyDelete
  18. setubuh, eh.. setuju...
    yang seperti itu memang bikin semangat.. :)

    ReplyDelete
  19. artikel ini membuat semangat I kambuh lagi gan,
    terimakasih hatur thank you gan

    ReplyDelete
  20. halo mas....salam kenal...semoga dari kebiasaan saling mengunjungi ini kita dapat memperoleh manfaat yang besar y...

    ReplyDelete
  21. semangat kaya' air laut mas... kadang surut kadang jg naik...

    kalo pas surut, kdg tuk blogging aja males, apalagi tuk BW mas...

    tp kali ini lg semangat ni mas, jadi bisa mampir di blognya mas ihsan... ;)

    ReplyDelete
  22. Sepengalaman saya sih banyak blogger yang hiatus karena ada kesibukan offline yang cukup memakan waktu, blog saya juga dulu sempat hiatus beberapa bulan karena saya ada kerjaan yang cukup memakan waktu dan tenaga..ikut kontes "Kerja Keras adalah Energi Kita" ga san?

    ReplyDelete
  23. banyak alasan dari hiatus mereka bro.Sabar aja ya...saya juga barusan hiatus beberapa minggu karena sibuk di ril :D

    ReplyDelete
  24. Yap saya setuju alasan banyaknya blogger yang hiatus memang bermacam-macam susah mengetahuinya kalau mereka tidak mengabari di blognya :44

    @ Dev
    Waduh masih mikir2 nih mau ikutan apa engga'

    ReplyDelete
  25. yang namanya kesempatan memang tidak tentu datangnya mas

    ReplyDelete
  26. terkadang memang banyak alasan yang membuat kita hiatus, saya dulu malah pernah bikin blog tapi lantas tak tau pa yang mau ditulis, tapi melihat semangat para blogger maka saya mencoba untuk tetap ngeblog..

    ReplyDelete
  27. salam kenal dulu ah...

    kalau saya malah baru mau coba ngeblog...ni..

    selagi bisa ngeblog ngebloglah...toh bisa menambah kreatifitas kita juga menambah ilmu kita..

    btw. tukeran link yuk...

    ReplyDelete
  28. Iya nih mas.. saya juga kemarin2 hiatus.. kayaknya para blogger banyak yang hiatus tapi juga banyak melahirkan blogger2 baru.. wah.. sudah ada pergantian generasikah..

    ReplyDelete
  29. alhamdulillah aku gak menghilang mas masio seret apdete hehehe...

    ReplyDelete
  30. hiatus... saya sering hiatus tanpa pemberitahuan :)

    ReplyDelete
  31. Serasa kesepian, bener Mas... jadi sedih klo blogwalking ternyata jarang yang apdet, walau ane sendiri jarang

    ReplyDelete
  32. nyindirkah? mengingat salah satu blog juga terlantar..

    ReplyDelete
  33. banyak yang hiatus yah, kacian dong blognya?

    ReplyDelete
  34. huha.....pa kabar sob, jarang nyekar ke blog ente nih...nyekar lagi aaah... :13

    ReplyDelete
  35. makasih dukungannya mas... ;)
    link sampeyan yg jati diri bangsa jg sudah saya pasang di sidebar...
    pokoknya sesama blog dofollow saling dukung mas.. he.he..

    ReplyDelete
  36. welcome back mas ihsan..
    semoga semangat lagi...
    salam...

    ReplyDelete
  37. Alhamdulillah kabar saya baik kang

    ReplyDelete
  38. kalau aq bukan hiatus kok, cuma emang lagi (sok) sibuk ajah.... hehehehe

    tp apakah selama saya (sok) sibuk, dirimu merasa kangen??? huwakakakakakakak

    ReplyDelete
  39. @ vie_three
    lihat aja di posting atas
    he he he he he

    ReplyDelete
  40. Sip dah. Ketemu lagi dengan sobat lama :D

    ReplyDelete
  41. wah.. aku termasuk yang kesindir mas wakakakkaka... lama banget aku gak BW, gak update blog dll... bukan karena malas mas.. tapi karena toko onlineku dah mulai jalan, sedangkan staff yg bs aku andalkan belum ada.. jadi mau gak mau turun tangan sendiri..... makasih pencerahan dan "pengingat" nya mas...

    ReplyDelete
  42. salam kenal om..numpang belajar d blog ini

    ReplyDelete
  43. iya neh mas. saya sendiri juga kena virus hiatus ini. Lagi jarang update blog. Padahal yang diurus juga blog keluarga kami sendiri. Apa lagi ngurus blog yang buanyak ya?

    ReplyDelete
  44. Tetap semangat sob, apalagi posisi jati diri minggu lalu sempat nangkring persis dibawah blog saia...
    tetap optimis yach..meski saya mulai dihantui rasa ragu ttg kevalidan kontes itu

    ReplyDelete
  45. great post and nice thinking updated regularly.

    ReplyDelete
  46. what a nice thinking and keep suggestions and read it daily. thanks for creations.

    ReplyDelete
  47. wah, jadi sadar nih, blog saya juga dah lama hiatus, padahal pengunjung perharinya lumayan banyak. harus segera diupdate.

    ReplyDelete
  48. @ All terima kasih untuk komentarnya

    ReplyDelete
  49. muncul lagi mas, setelah beberapa bulan koit...he he..setuju dengan buah pikiran sobat he he...

    ReplyDelete
  50. Banyak faktor sih sebenarnya yang menyebabkan sebuah blog mengalami hiatus. Bisa karena jenuh, punya kesibukan baru yang dirasa lebih mengasyikkan, atau malah karena sudah meninggal. Semoga saja saya bisa tetap bertahan deh.

    ReplyDelete
  51. Guide me for language understanding difficulties..

    ReplyDelete
  52. nice post Lagi jarang update blog. Padahal yang diurus juga blog keluarga kami sendiri. Apa lagi ngurus blog yang buanyak ya?thanks for creating that post.

    ReplyDelete
  53. Thanks for share this information. Nice to meet you my friend. See you again.

    ReplyDelete
  54. Hilang satu Tumbuh seribu, yang sempet hilang bisa tumnbuh lagi di musim hujan ini....

    ReplyDelete
  55. semoga para blogger yang lagi menikmati masa hiatus bisa tetap eksis di dunia ngeblognya.........

    ReplyDelete
  56. iya nih bro ihsan.
    aku rada kurang aktif ngeblog apalai blogwalking.
    jadinya yang biasanya pada mampir ke blog aku ,skrg ikut menghilang.
    tp gpp..yg penting kita msh bsa nulis.xD

    ReplyDelete
  57. saya sangat terkesan dengan blog ini karena di kelola dengan profesional dan semangat pembaharuan yg tinggi, bravoo..

    ReplyDelete
  58. Amazing post! It's nice to see that good writings from bloggers. ED Penis

    ReplyDelete
  59. saya baik baik saja gan....., masih berusaha mengopitmasi link ini... hehehehehe...
    sukses selalu yach....

    ReplyDelete
  60. question is distinctive for all those who want to know and possibly

    ReplyDelete

Komentar Anda mewakili siapa Anda
Be Your Self !

 
Toggle Footer