Breaking News
Loading...
11 December 2009

Haruskah Mengembalikan Jati Diri Bangsa? Atau...?

Friday, December 11, 2009
Kalau saya bertanya kepada Sobat, "Haruskah Mengembalikan Jati Diri Bangsa Indonesia?" Kenapa kita harus Mengembalikan Jati Diri Bangsa? Apakah Sobat sudah melakukannya? atau memang tidak tahu tentang jati diri bangsa Indonesia yang sebenarnya? Apa yang membedakan air yang kita minum dengan minyak tanah, minyak goreng, oli, comberan? pasti berbeda kan? Pasti berbeda walaupun sama-sama zat cair kan? sekarang dimana letak perbedaannya? cari hakikatnya dulu untuk bisa mendapatkan perbedaannya :D

Bagaimana kalau analogi itu kita masukkan ke bangsa? Apa perbedaan bangsa Indonesia kita ini dengan bangsa-bangsa lain? hmmmmmm, pasti banayak kan? kita pasti tahu bahwa Indonesia masuk dalam wilayah "timur" dan memeiliki kebudayaan dan perilaku yang berbeda dengan negara-negara yang masuk wilayah yang disebut "barat". kalau kita lihat sekarang, apanya yang beda antara Indonesia dengan negara-negara lain kalau pakaiannya sama, perilakunya sama, cara dan pola hidupnya sama, life stylenya sama, dan banayaklah yang sama, pasti Sobat sudah tahu kan? Terus apa bedanya Indoensia kalau begini? apakah kita sudah masuk dalam bagian "new world"?

Saya pernah membaca sebuah artikel yang mengatakan bahwa Indonesia ini tidak dijajah Bela*da selama 350 tahun tapi hanya sekitar 50 tahuan saja. kok bisa? karena selama 300-an tahun itu mereka berusaha merebut bangsa ini tapi baru berhasil benar-benar menguasai sebagian indonesia sekitar 50 tahun, itupun tidak semua wilayah Indonesia kan? Dan saat 300 tahun itu juga kebanyakan rakyat Indonesia mempertahankan jati diri , tentu tidak semua rakyat. karena ada pihak yang merasa nyaman dengna kondidi saat itu. Orang yang mulai mengobarkan kemerdekaan dan tidak memihak pihak koloni akan dianggap pengganggu dan pengancam keadaan yang dan harus disingkirkan.

Gerakan kesadaran untuk Mengembalikan Jati Diri Bangsa Indonesia dan kemerdekaan dimulai oleh para ulama dan tokoh-tokoh nasional yang mulai mengobarkan semangat kemerdekaan, seperti Bung Karno-hatta dan tokoh ulama besrta santrinya. Kenapa mereka mau mengorbankan dirinya? karena mereka tahu bahwa mereka hidup bukan dengan jati diri bangsa mereka yang sebenarnya tapi jati diri boneka gadungan yang dibuat oleh penjajah dan ini harus dihentikan!

Bagaimana dengan kita sekarang? coba lihat realita masyarakat Indonesia sekarang, samakah dengan jati diri bangsa lain? kalau sama terus apa bedanya kita dengan mereka? jadi jangan hanya menyalahkan negeri tetangga yang mengambil budaya Indonesia, bisa juga itu salah kita karena kita tidak tahu bagaimana hakikat jati diri bangsa Indonesia yang membedakan antara bangsa kita dengan bangsa lain. Ketidaktahuan ini berdampak tidak maunya sebagian dari anak bangsa mengembalikan jati diri bangsa kita yang kita ini.

Ada kritik atau saran?



57 comments:

  1. laporr mas...
    link udah di pasang..
    silahkan cek...
    semoga sukses ya...

    ReplyDelete
  2. Wah.. mas Ihsan masih semangat aja nih kontesnya salute :) udah di page 2 tuh ayo semangat.

    ReplyDelete
  3. @ RIZKI YUDHISTIRA
    terima kasih bro ;-*

    @ Lengkep
    Di page 2 karena posisi Q jatuh :(( makanya posting ini turun :D

    ReplyDelete
  4. jati dri bangsa skrang emank hrs di rbah dngan generasi pemuda islam kak...

    ReplyDelete
  5. wakh keren nih....jati diri itu memang harus di kembalikan kembali ya om

    ReplyDelete
  6. Benar sekali sob... tidak semua rakyat indonesia nyaman dijajah oleh Belanda. Masih ada diantar mereka yang mempunyai Jati Diri Bangsa yang kuat... Nyatanya pada thn 1945 kita bisa meraih kemerdekaan berkat perjuangan seluruh rakyat indonesia untuk terbebas dari rantai penjajahan..

    ReplyDelete
  7. ya dimulai dari diri kita masing2 dulu untuk lebih menebalkan cinta kita sama bangsa ini

    ReplyDelete
  8. klo skrg kita blum mngnal jti dri bangsa kita yg sbenarnya...
    kita trpengaruh oleh budaya barat yg pada hakikatnya tu bukan jati diri negara kita,,,
    dengan segala cara negara barat menjadikan yang buruk seakan-akan baik di mata bangsa kita g notabane umat muslim,,,
    jd saran saya, kalo mo ngenal jati diri kita, trlbih dahulu kthuilah siapa kita n untuk apa kita diciptakan,,,
    jika semuanya sdah kita lkukan insyaallah negara kita tag kan pernah terjajah lagi oleh belanda maupun sekutu sklipun,,,:D

    ReplyDelete
  9. mudah2an jati diri bangsa ini cepet balik ya :D

    ReplyDelete
  10. Wew, udah di page 2. Moga-moga bisa ke page 1! Hehe ;))

    ReplyDelete
  11. Semangat terus san..templatenya ganti ya?tampak lebih clean :)

    ReplyDelete
  12. lanjutkan perjuangan.. seharusnya udah klar nih kontes ya?

    ReplyDelete
  13. harus berubah dari dalam diri kita sendiri, mgkn itu lebih baik demi kemajuan bangsa kita tercinta ini..... ^_^

    ReplyDelete
  14. Waduh ikut kontes ini juga ya mas, saya dukung sampeyan mas,ayo madju teroes..

    ReplyDelete
  15. kita mesti benar-benar mempertahankan dan mengembalikan jati diri bangsa ini ya, mari berjuang!

    ReplyDelete
  16. betul mas kita harus mengembalikan jati diri bangsa yang telah dijajah belanda 350 tahun walaupun 300 tahun tersebut belanda berhasil merebut bangsa kita dan 50 tahun menjajah kita.kia sebagai rakyat indonesia harus mengembalikan jati diri bangsa yang hilang

    ReplyDelete
  17. pengen sebenarnya mengembalikan jati diri bangsa kita, tapi ternyata anak muda nya sudah tercemar oleh pergaulan bebas ala orang barat. untuk saat ini yang bisa kita lakukan adalah menjaga diri sendiri dari pergaulan yang tidak sesuai dengan jati diri bangsa

    ReplyDelete
  18. namanya saja penjajah, selalu ingin menguasai

    ReplyDelete
  19. yang paling sulit adalah mempertahankan Jati Diri bangsa. mudahan saja bangsa kita tetap jaya..amin

    ReplyDelete
  20. Kalau Sobat berkenan, dipersilahkan menulis artikel lomba Mengembalikan Jati Diri Bangsa di frontbloggergurem.com
    saya tunggu
    salam

    ReplyDelete
  21. semangat terus broo...hidup untuk berbagi!!!ayo kembalikan semangat jati diri bangsa

    ReplyDelete
  22. tekadkan keyakinan broo...pasti bisa!!!sukses ya

    ReplyDelete
  23. kolonialisme emang sdh mengakar sob, qta bs liat dr mntal birokrat qta.itu adalah perilaku para kumpeni yg trgabung dlm VOC.tp ad yg blg klo qta g dijajah,qta bakalan stagnan dan bergelut terus dg hal yg berbau klenik.mana yg bnr jg g tw.smua pndapat pasti ad pnjelasan,meski hanya brdasarkan common sense.thanks untuk share nya sob.semangat untuk negeri...

    ReplyDelete
  24. mau pengunjung tahun 2009 nih ... ayo intropeksi diri ...

    ReplyDelete
  25. Bisa jadi kita cuma benar-benar dijajah selama 50 tahun saja. Rasanya kurang masuk akal juga kalo sampe selama 3 setengah abad.

    ReplyDelete
  26. Mengembalikan jati diri bangsa, jati diri bangsa?, diri bangsa? heheeheh...tembak ah. Smangat san..

    ReplyDelete
  27. yang paling sulit tuh menjaga jati diri bangsa.

    ReplyDelete
  28. doohh template baru yaa... si orang2 yg pake kudung kemaren mana, san...itu loh icon nya..xixixi...

    klo menurut sy, org ind skg makin percaya ramalan, makin korup, makin males,.... wah termasuk saya gag yaa...hiks

    ReplyDelete
  29. jati diri bangsa indonesia... ternyata maknanya dalem ya... termasuk perilaku...

    ReplyDelete
  30. Blog PR4 seperti ini saja susah tembus no 1, yang no 1 itu berapa ya PR-nya?

    ReplyDelete
  31. I am satisfied with your blog. Thanks for sharing your precious comprehension with me.

    ReplyDelete
  32. san, link ente udah ane taro disidebar.. kl boleh n tidak keberatan, bolehlah link ane narsis juga disini, hehehehe....
    salam hangat san

    ReplyDelete
  33. Tempting blog! Thanks for giving out this astonishing news. It is tremendous.

    ReplyDelete
  34. These the awesome post and really I appreciate to your post, its very useful and very nice for him. I never heart this and really I like it…
    Thanks a lot!!!

    ReplyDelete
  35. A very good post! Thanks for the great info! ED Penis

    ReplyDelete
  36. harus dong gan... hehehehehhehehe

    ReplyDelete
  37. Pastinya gan.. sebagai warga bangsa indonesia yang baik... hehehehehehe

    ReplyDelete
  38. bangsa bukan yang memenuhi kita tetapi kita yang memenuhi bangsa...jadi diri bangsa itu jadi diri kita seperti apa??? bila kenyataan manusia adalah berbagai macam perbedaan, maka jati diri kita adalah mempertahankan kerukunan di atas berbedaan

    ReplyDelete
  39. Reward and reinforce

    Simple reward training strategies work wonders with uncontrollable canines.

    ReplyDelete
  40. Waktu saya masih kecil bangsa ini bangsa yang sopan dan ramah, sekarang kalau nonton tv kenapa seperti penjahat ya semuanya

    ReplyDelete
  41. same can be said of footwear, especially with the prices of some of

    ReplyDelete

Komentar Anda mewakili siapa Anda
Be Your Self !

 
Toggle Footer