Breaking News
Loading...
19 March 2010

Mereka Tidak Percaya Saya Bisa Banyak Hal | Catatan 2 Tahun Ngeblog

Friday, March 19, 2010
ihsan
Dunia nyata dan dunia maya berbeda? Tidak, dunia maya juga dunia nyata. Bergelut dengan dunia maya yang katanya berbeda ini memang terkadang terlihat perbedaan yang jauh jika dibandingkan dengan dunia nyata yang pasti dan terlihat dengan mata kepala, tapi dunia maya juga pasti kan? Oke pokoknya saya bilang kalau dunia maya juga dunia nyata dan dunia nyata juga ada di dunia maya, dunia cyber.

Terkadang orang-orang yang tidak banyak tahu soal dunia maya atau sekedar tahu, palingan facebookan atau sekedar mencari data saja, menyangka kita yang bergelut dengan dunia maya ini, seperti blogging, bisnis internet, dan aktifitas apa saja yang membuat kita bertahan lebih lama jika dibandingkan dengan orang kebanyakan saat kita sama-sama online. Sebagai contoh mudah, kita seorang blogger yang mengurus blog.

Dalam aktifitas blog kita juga mengenal aktfitas yang erat dengan blog, yaitu blogwalking dimana kita mengunjungi blog lain untuk bersilaturahmi dan kenalan. Nah mau tidak mau kita akan mendapat informasi yang terdapat diblog tersebut, baik itu memang ifno yang kita cari atau tidak maupun info yang baik atau yang buruk. Itulah internet, ada dua sisi berbeda yang saling bertolak belakang, tapi sayang kebanyakan orang menganggap sisi buruk jauh lebih banyak daripada sisi positifnya.

Salah satu kisah dari keseharianku. Saat ada seorang teman yang bertanya tentang suatu hal dan di situ banyak sekali orang, tentu da tidak bertanya kepada satu orang khusus, pasti itu pertanyaan untuk semua yang ada di situ. Saya menjawab. Dia bertanya hal lain lagi, saya juga menjawab. dia bertanya lagi, saya juga menjawab lagi. Apa yang terjadi kemuadian? Salah seorang teman saya nyeletuk sambil memotong jawaban saya, "Ah, Ihsan itu so’ tau aja, masa dari tadi tidak ada pertanyaan yang tidak dijawabnya?" saya jawab, "Kalau saya tahu memangnya kenapa? Kamu meragukan atau mungkin kamu iri ya?" "cari aja di internet atau kalau masih ragu, cari jawabannya di toko buku sekalian beli bukunya"

Tahu apa sich mereka soal internet? Itulah pikirku. Saya menjawab seperti yang saya tahu dan itu menghilangkan rasa haus akan sebuah informasi yang tidak detahui temanku tadi, kok ada yang sewot? Meraka tahu semua kalau saya selama ini beraktfitas agak lain dari kebanyakan teman. Bahkan ada yang bilang, "orang nyari duit kemana-mana tapi si Ihsan anteng aja nyari di internet, apa ada duit dari internet? apa ga’ aneh?" Aneh? Aneh apanya yang aneh? Saya juga pernah bilang ke teman saya bagaimana cara cara duit di internet, baik itu yang pakai blog atau tidak pakai blog. Dasar orang ga’ percaya dan maunya yang instant dan cepat dan itu belum dilihatnya. Padahal sebagian mereka sudah tahu saya sering dapat berapa dari internet bahkan pernah makan-makan bareng :D

Tentu saja selain dua hal itu, masih sangat banyak manfaat ngeBlog. Setahun pertama mungkin tidak banyak terasa apa, kecuali manfaat umum ngeblog seperti di atas, tapi jika memasuki tahun ke-2 ngeBlog, manfaat lain begitu terasa, apa itu? rasakan sendiri he he he :D wajar aja jika setahun pertama banyak blogger yang gugur dan hilang dari peredaran (saya pernah hiatus 3 bulan dan hampir ga' kembali :D), tapi ada blogger yang keluar dari pekerjaan lamanya dan fokus ke internet khususnya blog karena merasakan nikmatnya online, ya itu sich macam-macam sebabnya, tapi saat saya tanya untuk nafkah kelaurga, jawabnya ya dari internet :D ternyata saya sedikit sudah merasakan hal itu :) bukan mustahil dan bukan khayalan.

So, bagi rekan blogger, jangan setengah hati jika ngeblog. Dalam kemiliteran, lebih baik mundur dari pada setengah hati. Dan satu lagi, jangan hanya merasa nyaman dengan kondisi dan komunitas sekarang, terus mengembangkan diri (beserta blog) dengan komunitas lain untuk menambah pengetahuan baru kita.

Note: Hanya catatan seorang yang baru ngeBlog 2 tahun.


187 comments:

Post a Comment

Komentar Anda mewakili siapa Anda
Be Your Self !

 
Toggle Footer