Breaking News
Loading...
19 March 2010

Mereka Tidak Percaya Saya Bisa Banyak Hal | Catatan 2 Tahun Ngeblog

Friday, March 19, 2010
ihsan
Dunia nyata dan dunia maya berbeda? Tidak, dunia maya juga dunia nyata. Bergelut dengan dunia maya yang katanya berbeda ini memang terkadang terlihat perbedaan yang jauh jika dibandingkan dengan dunia nyata yang pasti dan terlihat dengan mata kepala, tapi dunia maya juga pasti kan? Oke pokoknya saya bilang kalau dunia maya juga dunia nyata dan dunia nyata juga ada di dunia maya, dunia cyber.

Terkadang orang-orang yang tidak banyak tahu soal dunia maya atau sekedar tahu, palingan facebookan atau sekedar mencari data saja, menyangka kita yang bergelut dengan dunia maya ini, seperti blogging, bisnis internet, dan aktifitas apa saja yang membuat kita bertahan lebih lama jika dibandingkan dengan orang kebanyakan saat kita sama-sama online. Sebagai contoh mudah, kita seorang blogger yang mengurus blog.

Dalam aktifitas blog kita juga mengenal aktfitas yang erat dengan blog, yaitu blogwalking dimana kita mengunjungi blog lain untuk bersilaturahmi dan kenalan. Nah mau tidak mau kita akan mendapat informasi yang terdapat diblog tersebut, baik itu memang ifno yang kita cari atau tidak maupun info yang baik atau yang buruk. Itulah internet, ada dua sisi berbeda yang saling bertolak belakang, tapi sayang kebanyakan orang menganggap sisi buruk jauh lebih banyak daripada sisi positifnya.

Salah satu kisah dari keseharianku. Saat ada seorang teman yang bertanya tentang suatu hal dan di situ banyak sekali orang, tentu da tidak bertanya kepada satu orang khusus, pasti itu pertanyaan untuk semua yang ada di situ. Saya menjawab. Dia bertanya hal lain lagi, saya juga menjawab. dia bertanya lagi, saya juga menjawab lagi. Apa yang terjadi kemuadian? Salah seorang teman saya nyeletuk sambil memotong jawaban saya, "Ah, Ihsan itu so’ tau aja, masa dari tadi tidak ada pertanyaan yang tidak dijawabnya?" saya jawab, "Kalau saya tahu memangnya kenapa? Kamu meragukan atau mungkin kamu iri ya?" "cari aja di internet atau kalau masih ragu, cari jawabannya di toko buku sekalian beli bukunya"

Tahu apa sich mereka soal internet? Itulah pikirku. Saya menjawab seperti yang saya tahu dan itu menghilangkan rasa haus akan sebuah informasi yang tidak detahui temanku tadi, kok ada yang sewot? Meraka tahu semua kalau saya selama ini beraktfitas agak lain dari kebanyakan teman. Bahkan ada yang bilang, "orang nyari duit kemana-mana tapi si Ihsan anteng aja nyari di internet, apa ada duit dari internet? apa ga’ aneh?" Aneh? Aneh apanya yang aneh? Saya juga pernah bilang ke teman saya bagaimana cara cara duit di internet, baik itu yang pakai blog atau tidak pakai blog. Dasar orang ga’ percaya dan maunya yang instant dan cepat dan itu belum dilihatnya. Padahal sebagian mereka sudah tahu saya sering dapat berapa dari internet bahkan pernah makan-makan bareng :D

Tentu saja selain dua hal itu, masih sangat banyak manfaat ngeBlog. Setahun pertama mungkin tidak banyak terasa apa, kecuali manfaat umum ngeblog seperti di atas, tapi jika memasuki tahun ke-2 ngeBlog, manfaat lain begitu terasa, apa itu? rasakan sendiri he he he :D wajar aja jika setahun pertama banyak blogger yang gugur dan hilang dari peredaran (saya pernah hiatus 3 bulan dan hampir ga' kembali :D), tapi ada blogger yang keluar dari pekerjaan lamanya dan fokus ke internet khususnya blog karena merasakan nikmatnya online, ya itu sich macam-macam sebabnya, tapi saat saya tanya untuk nafkah kelaurga, jawabnya ya dari internet :D ternyata saya sedikit sudah merasakan hal itu :) bukan mustahil dan bukan khayalan.

So, bagi rekan blogger, jangan setengah hati jika ngeblog. Dalam kemiliteran, lebih baik mundur dari pada setengah hati. Dan satu lagi, jangan hanya merasa nyaman dengan kondisi dan komunitas sekarang, terus mengembangkan diri (beserta blog) dengan komunitas lain untuk menambah pengetahuan baru kita.

Note: Hanya catatan seorang yang baru ngeBlog 2 tahun.


187 comments:

  1. Makasih untuk tipsnya kawand...

    ReplyDelete
  2. muaannntab bro..... saya percaya... thanks banget tipsnya..
    Mohon dukungannya dalam rangka seorang nubie belajar ikutan kontes Seo --> NegeriAds.com Solusi Berpromosi. Salam Bertuah

    ReplyDelete
  3. Semoga tetap semangat blogging dan berbagi. Thanks tipsnya..
    Sama-sama ultah blog yg kedua ya. Btw, awardnya silahkan dibawa njih, terima kasih ^_^

    ReplyDelete
  4. wah, berguna nih...saya masih pemula...mudah2an bisabertahan...

    ReplyDelete
  5. Artikel yang bagu sobat. Jadi tambah semangat ngeblog. Sebulan lagi umur blog saya genap sethaun. Btw, saya juga pernah mengalaminya sob. Banyak teman yang bertanya kepada saya. Sudah berapa miliyar uang kau peroleh dari ngeblog atau internet? Saya jawab aja, saya banyak dapet teman dan pengetahuan baru dari ngeblog.

    ReplyDelete
  6. Informasi yang berguna sob,,,
    saya juga masih sangat pemula nih...

    ReplyDelete
  7. Iya. Bagi saya, apapun alasan, tujuan dan motivasi ngeblog, yang penting hepi...

    ReplyDelete
  8. hemmm bisa nuy diikutin
    qpercaya juga kok heheh
    blogwalking berkunjung dan ditunggu kunjungan baliknya
    salam blogger
    maksih
    :D

    ReplyDelete
  9. catatan yang panjang dan bermanfaat sob
    saya percaya heheh

    blogwalking

    ReplyDelete
  10. Ulasan yang sangat inspiratif dan menggugah Sob. Setahun pertama memang menjadi ujian seberapa serius kita ngeblog. Kalau cuma iseng, mungkin nggak bisa bertahan sampai setahun deh. Apalagi dua tahun.

    Saya sendiri sudah setahun lebih beberapa bulan ngeblognya. Sudah ada hasil sih, walau masih dikit (itu jika dinilai dari penghasilan online).

    Pokoknya ngeblog emang harus sepenuh hati deh.

    ReplyDelete
  11. aha aha...2 tahunnn?? waaawww manfaatnya itu loh yg pendapatan onlen... mau dong diicip...

    keep blogging...

    ReplyDelete
  12. hahaha catatan manis dan pahit 2 thun ngeblog

    ReplyDelete
  13. seperti halnya tulisan ini, blog bisa dijadikan juga sebagai tempat curhat. :)

    ReplyDelete
  14. saya percaya kok mas...beneran. itulah peran dari talenta...bisa banyak hal...

    ReplyDelete
  15. wah pantes blognya rame dan populer..
    ngeblognya uda lumayan lama.. ^^

    ReplyDelete
  16. Jangan merasa nyaman dengan kondisi dan komunitas sekarang, teruslah mengembangkan diri dengan komunitas lain untuk menambah pengetahuan baru kita.

    Saya suka dengan kalimat di atas. Motivasi yang berharga

    ReplyDelete
  17. masyaallah wis 2 tahun mas, aq baru 3 bln. gmn rasanya pendapatan online? mengasyikan kan? bagi2 resepnya donk!!

    salam

    Andrik Sugianto

    ReplyDelete
  18. aku baru setahunan lebihdikit ngeblog... dan aku merasakan manfaat yang begitu besar...semoga gak malasngeblog aja kliya...:)

    ReplyDelete
  19. lama juga yah 2 tahun..., menarik sekali tulisannya mas.
    setuju dengan sahabat afdil kalimat terakhirnya bagus sekali

    ReplyDelete
  20. Selamat pagi kawand... Aku datang lagi...

    ReplyDelete
  21. Hampir sama San ceritanya sama ane..tapi keren udah 2 tahun,,salam kenal Mas Ihsan

    ReplyDelete
  22. Artikelnya bagus buat nambah semangat ngblog,memang dr ngblog banyak hikmah yg bs diambil salah satunya bertambnya teman dan job review hehe

    ReplyDelete
  23. Wah sgt berguna skl mas,,buat nambah semangat nblog,,hidup blogger

    ReplyDelete
  24. Salam kenal sebelumnya mas, thanks ya mas atas infonya, ngomong2 saya malah belum 2 tahun nih, he...he..

    ReplyDelete
  25. "lebih baik mundur dari pada setengah hati"

    setuju dengan kalimat diatas....

    masalah macam ini tidak aneh bro bagi blogger, bagaimanapun cari uang diinternet adalah negeri antah berantah bagi sebagian banyak orang.....

    kalo gak masa masih banyak penipu berkeliaran :D

    ReplyDelete
  26. maunya sih selalu ngeblog.... tapi g ada koneksi yang lancar ya akhirnya jadi hiatus deh....

    ReplyDelete
  27. kita senasib mas. . bnyak tmenq yg blg kalo nyari duit di internet it omong kosong. BAHKAN ada yg blang terang2an kalo ak ngeblog it hal yang sia2. . hufht. .

    ReplyDelete
  28. tampaknya saya percaya kalo mas ihsan dollarnya dah banyak ya dari ngeblog? hehe

    ReplyDelete
  29. ternyata bukan ene aja yang sering diketawain kalo dari ngenet bisa dapet duit, ya maklum lah bos mereka taunya kan cuma pressbook itu thok, salam kenal bos dari ''Mamas''

    ReplyDelete
  30. sukses S4N,,, mungkin aku termasuk blogger yang keok ditahun pertama, tahun kedua blum hsl apa2. mungkin karena katamu tadi yang maunya serba instan tanpa mau melalui proses, lupa bahwa semua ada liku-liku yang harus dilalui...

    semoga dengan baca post kamu, aku jdi tmbah semangat...doain ya

    ReplyDelete
  31. eh, ngomong ikut ngomong, udah dapet berapa (he he he)
    kok gak pernah diajak makn bareng seeehh....

    ReplyDelete
  32. Sukses selalu ya sobat. Selamat ulang tahun yang kedua buat blognya. Dari ngeblog saya tahu banyak hal jadinya!

    ReplyDelete
  33. udah taun kedua ya..?? saya saja masih satu tahun :)

    ReplyDelete
  34. 2 thn yg melelahkan yah,smoga tambah sukses

    ReplyDelete
  35. mas ihsan bener hehe, ajarin dunk :-P, unjung ujungnya hahaha, pak guru ngilang terus niiiiiii awas ya tak tangkep di daerah sana[lupa] tak gebukin *pegang panci hahah

    ReplyDelete
  36. mantap mas ihsan. melaju terus.
    sy masi baru ngeblog. :)

    ReplyDelete
  37. Klo menurut saya sih bukannya sok tahu ya mas, karena saya juga pernah ngalamin hal tersebut, belum lama malah, sampai saya tunjukin printnan pembayaran dari paypal saya, kebetulan toko tempat saya bekerja ada gramedianya, saya suruh aja cek langsung dan saya beri alamat blog saya baik yang gratis maupun yang berbayar, eh ujung ujungnya apa, "minta di ajarin" walah gubrak deh, tapi ngeblog itu sebuah hobby yang sangat berarti di waktu jenuh dengan dunia off seperti saya ini, salam sukses selalu mas, by the way tampangku sudah nongkrong di follower, kiranya klo berkenan follow balik ya mas, terimakasih

    ReplyDelete
  38. yah...bkan hnya urusan teknis atu SEO yg kita dpat melainkan persahabatan yang indah (juga)

    ReplyDelete
  39. salut gan...
    postingan bagus

    ReplyDelete
  40. mod yang "naik-turun" mmng sering kita temui...tpi "keep smile"

    ReplyDelete
  41. saya percaya ihsan bisa banyak hal paling tidak sudah jadi master seo...ya kan.

    ReplyDelete
  42. Saya percaya kok..
    ini buktinya blognya keren abis

    ReplyDelete
  43. Oh.., kalau aku sih percaya saja, karena dari internet kita memang mendapatkan banyak hal kok. Yang tidak percaya itu kurang gaul dg internet aja hehehe

    ReplyDelete
  44. Udah 2 tahun ya ngeblognya...? Selamat deh...

    ReplyDelete
  45. sudah 2 tahun semakin mateng dan banyak ilmunya donk!! lanjutkan mas terus semangat, biar kami2 yang baru ini juga terpompa semangatnya. trims

    Salam
    Andrik Sugianto

    ReplyDelete
  46. saya juga baru percaya setelah membuktikan sendiri mas ternyata bisa nyari duit dari internet

    ReplyDelete
  47. Terus berkarya sobat, sekali kali jangan percaya kepada mereka yang mengatakan kita tidak bisa. Salam kenal membangun persahabatan blogger generasi baru

    ReplyDelete
  48. Kerja Keras pasti membuahkan hasil...keep blogging

    ReplyDelete
  49. Dia bertanya hal lain lagi, saya juga menjawab. dia bertanya lagi, saya juga menjawab lagi.

    ReplyDelete
  50. info yang keren untuk saya yang baru mulai ngeblog makasih bangaet ya,,,,

    ReplyDelete
  51. 2 tahun lumayan lama lho..

    ReplyDelete
  52. Tidak akan ada buah jika tidak ada sang penanam...jadi seringkali kita harus menutup telinga dari pengaruh buruk orang yang tidak mengerti apa yang sedang kita jalani, karna itu akan melemahkan perjuangan.

    Keep Blogging Sobat

    ReplyDelete
  53. mantap master, saya semakin bersemangat dengan bgt...saya cuman tamatan biasa2 aja, tapi terus belajar akhirnya bisa ngeblog

    ReplyDelete
  54. nice post, spirit for bloggers

    good luck, visit my site

    ReplyDelete
  55. info menarik nih, saya termotivasi dengan umur ngeblog anda

    ReplyDelete
  56. NgeBlog dan penghasilan dari internet, itu pasti dan bisa dibuktikan!

    ReplyDelete
  57. Kebanyakan yang teriak tentang internet negatif, mereka yang belum pernah bersentuhan dengan internet! Hanya dari katanya orang!

    ReplyDelete
  58. Salah satu sumber penghasilan dari ngeBlog, yaitu google adsence!

    ReplyDelete
  59. semangat ngeblogku naik turun nih, semoga aku bisa tetap semangat

    ReplyDelete
  60. berkunjung kembali memberikan info

    share artikelmu disini

    http://disuka.com

    dofollow social bookmark indonesia

    ReplyDelete
  61. saya juga ngeblog baru 2 tahun. manfaatnya luarrrrr biasa. jadi banyak teman

    ReplyDelete
  62. oke dech kk ihsan, saya akan berusaha semaksimal mungkin....

    mkasih inphonya za....

    ReplyDelete
  63. I love your blog lots of useful information. I've added it to my favorite bookmarks and subscribed in a reader.

    All these issues are important, and that's why I just started blogging a while ago and it feels great.

    Kind Regards
    Evelina

    ReplyDelete
  64. Yah begitulah ngeblog bro,
    ada suka ada dukanya.
    Kalau yang ga tahan sama dukanya cuma pengen sukanya biasanya gugur sebelum maju berperang. ;p

    ReplyDelete
  65. WAh, . ,enak ya bisa berbagi di dunia maya obat kesepian ^_~

    ReplyDelete
  66. great work rally great blog dear.keep it up.

    ReplyDelete
  67. I can't understand the language but in the image you told about blogging and i love blogging too.

    Martin

    ReplyDelete
  68. kalau blog q kurang beberapa hari lagi dah genap setahun

    d tunggu coment dan follow baliknya

    ReplyDelete
  69. keep blogging bro...

    jangan dengerin pandangan negatif org lain

    ReplyDelete
  70. I love the theme of this post: i have some custom t-shirts blogs and want to update the new techniques of marketing on them what should i do, i know you can help me.

    ReplyDelete
  71. i like this post, very useful for me, thanks, i have bookmarked

    ReplyDelete
  72. yang penting kita bisa mas,suatu saat mreka jga tahu. .

    ReplyDelete
  73. yap setuju banget tuh...., baru setahun banyak blogger yang udah nyerah.., padahal kalo mereka mau bertahan.., masih besar kesempatan untuk terjun didunia bisnis online ditahun selanjutnya....

    salam dari Batam

    ReplyDelete
  74. yup... sama, pernah juga dark period tuch, mo nulis apa y??? tapi cepet balik karena dorongan para bloger lainya:)

    ReplyDelete
  75. LuarBiasa....Sepertinya Sy akan banyak belajar dari Blog ini deh. Regards

    ReplyDelete
  76. He'em Sob. banyak sekali pengalaman yang saya dapat dari blogging.

    ReplyDelete
  77. Sudah dua tahun ya...Blog saya ja baru beberapa bulan og Sob...

    ReplyDelete
  78. Very informative post, thanks for sharing, i am sure this post will be helpful for all of us. :)

    ReplyDelete
  79. saya baru mulai knal internet 2 tahun lalu,dan bnyak yg sudah saya dapat.trutama dari ngeblog. .

    ReplyDelete
  80. Ya memang berinternet dan ngeblog banyak memberi pelajaran dan pengalaman baru setiap hari.

    ReplyDelete
  81. waw udah 2 tahun ternyata, saya aja baru 4 bulan ngeblog.
    oya nih ada artikel menarik buatmu San Cara Mengatasi Navigasi Posting Lama dan Baru Yang Tersembunyi kuliat navigasimu salah tempat, hehe promosi

    ReplyDelete
  82. aku dulu juga di tertawakan bro ketika ikut investasi online, memang kena scam sih..tapi dari hal itulah bangkit dengan mengenal sisttem monetisasi lain :)

    ReplyDelete
  83. Thank you for another great article. Where else could anyone get that kind of information in such a perfect way of writing? I have a presentation next week, and I am on the look for such information.

    ReplyDelete
  84. hidup blogger...! mari lanjutkan blogging...! smangat...!

    ReplyDelete
  85. selamat atas 2 tahun blogging nya.
    Didalam blogging yang terpenting adalah mengembangkan kemampuan menulis kita, mempopulerkan blog kita baik dengang blogwalking/search engine/dll, serta terus menambah pengetahun tentang blog.

    ReplyDelete
  86. salam kenal Sobat Ihsan...
    Apa yang sobat rasakan dalam ngeblog saya juga merasakan, bahkan teman banyak yang tidak seperti kita menilai lemah kegiatan blogger ini, "paling multi level marketing" itulah kata mereka...

    Saya juga ngeblog hampir tiga tiga, apa yang belum pernah saya dapat selama ini, bisa saya rasakan, punya pengasilan dari internet... bukan sombong "Dollar"...
    tapi diluar sana mereka mereka tidak penah merasakannya :)

    jadi, sobat Ihsan.. tetaplah dengan semangatnya...
    terus berkarya memelalui artikel dan berbagi informasi... suatu saat, orang orang yang tidak mengerti dunia blogger akan menyadarinya...

    salam blogger
    apri

    ReplyDelete
  87. wah udah senior sekali bro...numpang baca-baca ya, buat perluas wawasan :)

    ReplyDelete
  88. benar bro..apalagi sekarang banyak blog2 di blogger di hapus tanpa sebab

    ReplyDelete
  89. Thanks for your sharing.
    It's so kind of you.I have got a useful information from you.
    replica handbags is dedicated to providing the best and newest
    designer handbags at a fraction of the cost.

    replica bags

    christian louboutin shoes

    christian louboutin

    hair straighteners

    ghd straighteners

    ReplyDelete
  90. bener brow, maju terus IT dan Blogger negeri

    sarwojowo.net

    ReplyDelete
  91. makasih mas, semakin termotivasi untuk terus berkarya di dunia internet dengan blog. salam blogger

    ReplyDelete
  92. Klo menurut saya sih bukannya sok tahu ya mas, karena saya juga pernah ngalamin hal tersebut, belum lama malah, sampai saya tunjukin printnan pembayaran dari paypal saya, kebetulan toko tempat saya bekerja ada gramedianya,

    wah udah senior sekali bro...numpang baca-baca ya, buat perluas wawasan :)

    ReplyDelete
  93. Perlu belajar lebih banyak lagi nih kayaknya

    ReplyDelete
  94. Setuju bro.. Blogging itu menambah pengetahuan... ;-)

    ReplyDelete
  95. masyaallah wis 2 tahun mas, aq baru 3 bln. gmn rasanya pendapatan online? mengasyikan kan? bagi2 resepnya donk!!

    salam

    ReplyDelete
  96. Harus selalu terus belajar blog nie.. thx yah postnya

    ReplyDelete
  97. emang sangat sulit untuk tetap konsinten,... aku punya blog ..rata2 tiga bulan udah bosan dan aku tinggalin... sulitttttt konsisten... :(

    ReplyDelete
  98. semangat..!
    lanjutkan posting" anda.!

    ReplyDelete
  99. Mantap ...udah 2 tahun blogging :)

    semoga tambah sukses ya mas

    ReplyDelete
  100. Wah udah senior sekali gan udah lama ngeblognya

    ReplyDelete
  101. Memang semuanya berasal dari diri kita sendiri. percaya diri aja. kalau mau bisa

    ReplyDelete
  102. wah kayaknya ihsan usah kecanduan ngeblog neeh

    ReplyDelete
  103. Termasuk kawakan juga ya, terus maju Mas, jangan patah arang, semoga blognya bermanfaat.

    ReplyDelete
  104. One stop place to find best cusinart Ice cream maker with best price and offer more than 35% Off

    ReplyDelete
  105. Informasi yang sangat menarik untuk di baca thank untuk infonya.

    ReplyDelete
  106. yup, makin berumur, makin dewsa cara pikirnya, itu seharusnya walau tidak semua orang begitu

    ReplyDelete
  107. Very useful information! I'll definately link your blog from my page. ED Penis

    ReplyDelete
  108. dulu ngeblog cuma sebagai hobby ajah, kini udah lain sudah jadi lebih sekadar hanya ngeblog :D

    ReplyDelete
  109. bener gan, internet itu mencerdaskan apabila kita tepat menggunakannya

    ReplyDelete
  110. Narutopedia Express is exclusive encyclopedia about everything in naruto anime like character biographies, jutsu, hidden village, handseal, jinchuriki, akatsuki, and other skills

    ReplyDelete
  111. Narutopedia Express is exclusive encyclopedia about everything in naruto anime like character biographies, jutsu, hidden village, handseal, jinchuriki, akatsuki, and other skills

    ReplyDelete
  112. Narutopedia Express is exclusive encyclopedia about everything in naruto anime like character biographies, jutsu, hidden village, handseal, jinchuriki, akatsuki, and other skills

    ReplyDelete
  113. Narutopedia Express is exclusive encyclopedia about everything in naruto anime like character biographies, jutsu, hidden village, handseal, jinchuriki, akatsuki, and other skills

    ReplyDelete
  114. Narutopedia Express is exclusive encyclopedia about everything in naruto anime like character biographies, jutsu, hidden village, handseal, jinchuriki, akatsuki, and other skills

    ReplyDelete
  115. Ternyata multi talent ya, bagus Mas, lanjutkan

    ReplyDelete
  116. Pokoknya actionkan saja, mungkin diawal sulit jika terbiasa pasti mudah

    ReplyDelete
  117. Banyak penghalaman berharga kok di sini Mas

    ReplyDelete
  118. Nggak percaya sama Mas nggak papa, yang pentingkan ilmunya bisa manfaat bagi sendiri atau orang

    ReplyDelete
  119. Mereka menggonggong kita tetap berlalu mas, ga perlu buktikan apa2.. yang penting kita enjoy dan tetap maju..

    ReplyDelete
  120. Percaya deh, siapa dulu, mas Ihsan.

    ReplyDelete
  121. Hebat bisa bertahan sampai 2 tahun, biasanya pebisnis lain hanya 1 tahun, itupun nggak sampai.

    ReplyDelete
  122. 2 tahun pastinya mendapat banyak pengalaman.

    ReplyDelete
  123. Tidak sedikit orang yang mempunyai banyak kelebihan. Hebat mas Ihsan.

    ReplyDelete
  124. tenang aja gan... saya sepenuh hati kok... hehehehehehe

    ReplyDelete
  125. artikel mas Ichsan selalu berkualitas.... selamat yach.....

    ReplyDelete
  126. waduh mas kasihan tuh temennya, klo dia kerja sbg marketing masih mau keliling nawarin produknya? capek deh...
    sekarang jamannya internet marketing, apa - apa orang sekarang tinggal googling. saya punya teman yang sales aja udah mulai melek internet marketing. maju terus mas semangat..

    ReplyDelete
  127. Yup, banyak sekali orang (yg ga ngerti) meragukan passive income dari internet, kalo saya mah ngadepin orang kaya gitu cukup dengan seyuman aja sob :D

    ReplyDelete
  128. terimakasih untuk supportnya Mas

    ReplyDelete
  129. artikel mas Ichsan selalu berkualitas.... selamat yach.....

    ReplyDelete
  130. wah gan kalo saya dunia dan akhirat,, wak wak wak,,, terima kasih gan buai informasiny

    ReplyDelete
  131. Informasi yang berguna sob,,,
    saya juga masih sangat pemula nih...

    ReplyDelete
  132. mantap banget ni infonya,,, semoga bermanfaat bagi kita semua,,,

    ReplyDelete
  133. saya juga lagi belajar ngeblog nih mas, tlng dukungannya ya. Mksh

    ReplyDelete
  134. Good article! Thank you so much for sharing this post.Your views truly open my mind.

    ReplyDelete
  135. It's a great article! so happy to read it!

    ReplyDelete
  136. I am following your blog regularly and got great information. I really like the tips you have given.

    ReplyDelete
  137. great comments thank you for sharing usefull information

    ReplyDelete
  138. You are very professional in this area ! I agree with your point of view!

    ReplyDelete
  139. yang penting semangat terus gan

    ReplyDelete
  140. salut deh .. msh bs exist tuk menulis di blog ini .. nih yg namanya seleksi alam .. siapa yg paling bertahan itulah pemenangnya .. keep posting bro.. lam kenal

    ReplyDelete
  141. iya bener sob dgn ngeblog jdi nambah pengetahuan dan juga ngerti apa makna ngeblog. Oya, ijin nyundul2 a d s nya ya

    ReplyDelete
  142. saya juga sedang belajar menjadi full time blogger :D

    ReplyDelete
  143. Saya rasa mereka hanya butuh bukti, dan mas ihsan pasti sudah membuktikannya! Tapi apalah artinya angin yang menghempas wajah kita, angin itu toh hanya akan berlalu :-) so, daripada sibuk berfikir 'mereka tidak percaya saya bisa banyak hal' lebih baik berfikir 'apa saya bisa memberi mereka banyak hal!' Ivoel

    ReplyDelete
  144. Ane juga baru belajar gan,,,, ingin merasakan juga enknya penghasilan dari Internet...

    ReplyDelete
  145. emang semuanya dituntut untuk tidak setengah hati, artinya kalo udah kadung nyebur kalo ga berenang ya pasti akan tenggelam, tinggal pilih mana, mau berenang atau mau tenggelam..itu aja kuncinya, Android Tips | Android Tips | Android Tips

    ReplyDelete
  146. Saya juga percaya. Dunia internet bukanlah dunia tanpa hasil, melainkan akan ada banyak sekali informasi yang di dapat dan juga berpotensi menjadi penghasilan..

    ReplyDelete
  147. wah yanga jelas abang udah terbukti.. saya masih berusaha, mudah2n rejekinya bisa menular ke saya

    ReplyDelete
  148. benar juga tuh gan ,
    sangat bermanfaat sekali gan informasinya , makasih banyak ya gan

    ReplyDelete
  149. wah infonya seru juga nih gan , makasih banyak ya gan, happy bloging kawan

    ReplyDelete
  150. It is also a good idea to attend trade fairs as it increases your connections within

    ReplyDelete
  151. waaaahh ane percaya gan... agan kan udah masternya hehehehe

    ReplyDelete
  152. ngblog itu mencurahkan isi hati...
    jadi kaya diary juga...
    salam blogger....

    ReplyDelete
  153. wah artikel'y sangat menarik,
    ya percaya, maju trss ya

    ReplyDelete
  154. wahh mantapp juga ya bisa berkecimpung di dunia maya...hee

    ReplyDelete
  155. Sudah ditraktir masih gak percaya? harus dikasih makan duit tuh

    ReplyDelete
  156. bener juga gan...kalo ngeblog jangan setengah-setengan......kalo setengah-setengah mending gausah ngeblog sekalian alias mundur....

    ReplyDelete
  157. benar mas Ihsan, kita tidak boleh setengah-tengah dalam ngeblog. Saya sendiri sedang berusaha untuk tidak setengah-tengah dalam ngeblog. makasih mas Ihasan atas Sharingnya.

    Cara Membuat Website

    ReplyDelete
  158. wah bener banget gan ...ak juga sama gan di gituin ma pacarku.. gak percaya banget dia tu,,,

    ReplyDelete

Komentar Anda mewakili siapa Anda
Be Your Self !

 
Toggle Footer