Breaking News
Loading...
20 August 2009

Selamat Bagi Yang Mendapat Pengalaman di BSPP

Thursday, August 20, 2009
Experience is the best teacher, pengalaman adalah guru yang terbaik, saya percaya itu. Walaupun kalau dilihat lebih dalam lagi ternyata yang jadi guru terbaik bukan hanya pengalaman tapi masih banyak hal lain yang bisa dijadikan guru terbaik. 3 bulan belajar SEO lewat lomba bersama para peserta lomba BSPP yang diadakan oleh Mas Albri terasa begitu melelahkan, padahal saya hanya ikut sekitar satu bulan setengah saja. Karena sebulan akhir hanya mengandalkan optimasi terakhir dan saya tinggal karena harus berangkat KKN. Saat saya tinggal tersebut rasa pesimis telah ada dalam diri ini karena saat itu posisi saya masih di posisi 9 google.co.id. dan optimasi besar-besaran yang saya lakukan seperti optimasi yang sudah-sudah. Mencari backlink dari direktori gratisan baik dari blog maupun web yang dofollow.

Setelah seminggu KKN saya ada urusan ke kota Ngawi dan sempat singgah ke warnet, saya lihat posisi saya jadi lebih baik. Entah kenapa, padahal telah seminggu lebih berlalu sejak saya optimasi terakhir sebelum keberangkatan. Apa optimasi terakhir itu berfungsi dan berhasil? oh ya optimasi terakhir yang saya lakukan adalah mencari backlink dari social bookmark baik dari dalam dan luar negeri. Dan diantara direktori tersebut ada yang minta reciprocal link untuk mereka, ya saya kasih dengan membuatkan posting khusus untuk para partners saya tersebut di ruang partner. Tentunya yang tidak minta reciprocal link lebih banyak lagi. Tapi optimasi terakhir yang saya lakukan adalah berburu backlink dari social bookmark lokal alias yang ada untuk wilayah Indonesia. Saya membuat posting banyak2 disana dengan backlink ke postingan yang saya lombakan.

Ketika ada Sobat lain yang bertanya ke saya, apa sih rahasianya? Saya jawab saya hanya mengandalkan backlink. Entah dia percaya atau tidak :D saya memakai blog utama saya ini yang berakhiran blogspot.com yang katanya tidak SEO friendly, entah mitos atau bukan saya pakai saja, padahal saya telah menurunkan blog bermesin WP yang sekarang sedang ERROR, alhamdulillah saya menerunkan blog ini karena ternyata blog WP yang saya terunkan ERROR hingga akhir lomba sekarang ini karena selalu teredirect ke situs social bookmark. Oh ya dua blog wp percobaan saya juga teredirect ke situs tersebut, kayanya hostingnya yang bermasalah, tapi Sobat saya yang lain yang makai hosting tsb biasa2 aja kok blognya kenapa ya? Padahal saya tidak begitu ngerti dunia wordpress dan self hosting, yang saya tahu sejak pertama kali ngeBlog ya blog gratisan dari blogger.com.

Apa ada penolong tersembunyi? Saya juga tidak tahu atda atau tuidaknya, tapi kalau memang ada tolong beritahu saya, saya ingin mengucapkan terima kasih. Berikut ini adalah cara yang saya gunakan dalam bermain SEO di belajar SEO para pemula ini.

Berburu backlink dari social bookmark
Banyak sudah blog yang memberikan alamat social bookmark baik dalam dan luar negeri tapi saya hanya memberikan social bookmark dari dalam negeri aja:
1. http://memburu.info
2. http://yehiapress.org
3. http://infogue.com
4. http://lintasberita.com
5. http://kafeinfo.com
6. http://bookmarkindo.com
7. http://www.tentang.net
8. http://www.indofeed.com
9. http://definisi.net
10.http://yournews.astaga.com
11.http://www.liputankhusus.com

Berburu backlink dari blog dofollow
Kalau dulu kita susah untuk mencari blog dofollow, sekarang kita mudah untuk menemukannya, karena saya lihat banyak blogger yang akhirnya ikut meramaikan kampanye blog dofollow, termasuk saya.

Berburu backlink dari iklan baris
Jangan sepelekan pengiklan kecil-kecilan ini. Karena kita mudah mendapatkan taburan backlink dari situs pengiklan yang kebanyakan gratis dan tanpa daftar ini. Dan angan heran kalau melihat ada blog master yang diterunkan ke kontes SEO nasional ataupun internasional membeli space di situs iklan baris yang selalu tampil di halaman pertama situs pengiklan tersebut.

Membuat backlink dari dummy blog
Akhirnya saya memanfaatkan juga blog-blog saya yang lain yang kebanyakan adalah blog percobaan tapi masih terindeks di google. Dan salah satu blog dummy saya pernah menempati posisi 8 di kontes belajar seo para pemula mengalahkan blog blogspot saya ini, karena blog dummy tersebut blog dari WP yang dimanjakan dengan berbagai plugin siap pakai. Tapi akhirnya hilang juga dari peredaran google.co.id.

Semuanya dari dalam dan luar negeri, walau saya pernah membaca sebuah artikel seorang master yang mengatakan dengan pasti kalau lombanya di Indonesia ya harus pakai situs dan blog yang ada di Indonesia. Tapi saya pakai aja dari luar negeri, kan berburu backlink?

Yang penting bukan menang atau kalah, tapi pengalaman dalam bermain lomba SEO itu yang membuat kita tahu strategi dalam bermain SEO. Banyak blogger yang ikut lomba ini dengan menulis posting tentang belajar seo para pemula, tapi tujuannnya bukan ikut lomba. Mungkin hanya melihat kemampunnya dalam menempatkan posisi blognya di ajang kontes, atau mungkin juga hanya sekedar penggembira aja di tengah-tengah keramaian peserta. Sehingga wajar kalau panitianya punya kriteria dan syarat khusus untuk peserta dan hanya peserta yang memenehi kriteria tersebut yang dianggap pemenang bukan yang asal ikutan aja walapun posisinya masuk 10 besar.

SEO yang kebanyakan orang/blogger ngeri mendengarnya (membacanya) ternyata menyenangkan dan mengasyikkan. Hanya kita yang belum mengenalnya saja yang mengatakan kalau SEO itu hanya untuk orang tertentu saja. TIDAK!. Semua kalangan ternyata bisa bermain SEO baik itu untuk lomba maupun untuk optimasi blognya di search engine. Blog/situs yang memiliki konten bagus, tapi SEOnya jelek juga susah untuk diketahui keberadaannya mungkin admin hanya dengan blogwalking saja orang lain mengetahui kalau blog/situs tersebut ada. Tapi kalau dengan SEO yang bagus, orang akan tahu dengan sendirinya lewat search engine yang mengantarkan ke blog tersebut.

TERIMA KASIH
Saya bukan siapa-siapa, saya masih pemula di blogsphere. Ada yang mengatakan saya sudah master, entah apa alasannya mengatakan seperti itu, kalau mau lihat perkembangan saya, ya... lihat aja perkembangan blog ini. Karena blog ini adalah blog utama saya sejak awal saya mengenal dunia blogging dan blog ini pula blog pertama saya yang sukses dan keluar dari ruang percobaan setelah sebelumnya blog percoaan yang lain gagal dan harus saya tinggalkan.

Terima kasih untuk para blogger yang mendukungku di kontes belajar seo para pemula, terlalu banyak untuk di sebutkan.
-Baik dengan Mas Albri sebagai panitia lomba,
-blog yang memasang link posting yang saya lombakan,
-peserta yang tukaran link dengan saya,
-admin blog dofollow yang memberikan tempat bagi saya untuk berkomentar dengan link posting yang saya lombakan (dan tidak menghapus komen saya),
-blogger yang memberikan tip-tip seonya untuk saya dari pengalaman-pengalamannya,
-blog-blog yang memberikan informasi kemana saya harus mencari backlink gratisan,
-situs iklan baris gratis yang membiarkan iklan saya masih nebeng di situ,
-dan para komentator di posting BSPP tersebut yang jumlahnya merupakan jumlah komentar terbanyak di postingan yang saya tulis di blog ini yang secara langsung memberi semangat kepada saya,
-juga kepada pendukung saya yang tidak mau memberitahu kepada saya kalau dia mendukung saya dan parahnya saya tidak tahu kalau dia mendukung saya.
Saya minta maaf jika merepotkan Sobat semua karena tanpa Sobat semua saya bukanlah siapa-siapa.

Selamat untuk para pemenang belajar seo para pemula.
Experiance is the best teacher

67 comments:

Post a Comment

Komentar Anda mewakili siapa Anda
Be Your Self !

 
Toggle Footer