Breaking News
Loading...
24 December 2009

Menjadi Produsen dan Kontributor Informasi di Internet Lewat Blog

Thursday, December 24, 2009
Apakah Sobat sadar kalau menjadi seorang blogger yang menulis apapun di blog secara tidak langsung menyebarkan informasi ke seluruh dunia? Yupz lewat internetlah informasi itu tersebar dengan cepat. Sejelek-jeleknya tulisan kita, kalau sudah terindeks SE (Search engine/mesin pencari) maka kemungkinan besar akan didatangai pengunjung yang mencari informasi tersebut. kita menjadi Produsen dan Kontributor Informasi di Internet Lewat Blog kita. Kita tidak hanya sebagai penyebar informasi, tetapi juga sebagai produsen informasi yang tentunya menjadi salah seorang kontributor informasi untuk siapa saja di internet ini.

Coba kalau Sobat nonton TV dan mendengar sebuah informasi, dan coba Sobat browsing/surfing di internet, dalam waktu cepat informasi itu telah ada dan dibahas kupas-tuntas di sebuah blog atau web. Tidak seperti di TV yang terbatas waktu, di internet lewat blog atau web kita bisa tahu masalah tersebut dari berbagai sudut pandang yang jauh lebih lengkap dan puas rasanya daripada yang dibahas di TV atau koran atau media lainnya. Tapi sadarkah kita kalau kita juga memberi informasi kepada orang lain yang mencari referensi tertentu dan diarahkan Search Engine ke blog kita?

Atau kalau kita seorang siswa/mahasiswa, biasanya untuk memperkuat argumen, kita masih browsing di internet untuk menambah khazanah dan pengetahuan kita di mata kuliyah yang sedang kita pelajari saat ini. Walau terkadang ada beberapa dosen saya yang tidak mengakui keilmiahan referensi dari blog. Saya akui dia memang kurang pengetahuannya tentang blog yang bersumber dari referensi yang valid dan kuat. Biasanya sebelum menulis posting, seorang blogger membutuhkan penguatan dari sumber lain seperti buku, nah karena terkadang tidak mencantumkan buku itulah si admin blog/web dianggap tidak ilmiah dan artikelnya tidak dianggap valid dan tidak boleh dijadikan rujukan di karya tulis, padahal menurut saya tergantung blog atau web tersebut sejauh mana kevalidan dia memberikan informasi.

Walau saya akui terkadang blog memang dijadikan ruang ekspresi buah pikirannya sebebas-bebas adminnya mengungkapkan ekspresi diri sehingga isinya tidak bernilai dimata keilmiahan akademik karena benar-benar sebagai diary online. Tapi tidak semua blog seperti itukan? Ada yang benar-benar memberikan informasi yang sangat ilmiah dan bisa dipertanggungjawabkan kevalidannya. Nah disinalh kenapa copy-paste diperbolehkan, karena secara langsung kita meberikan informasi itu. Kalau tidak boleh dicopy, ngapain kita tulis di blog yang menjadi konsumsi publik? iya kan? hanya saja ada yang sangat salah dengan melakukan plagiat dan menganggapnya karya dia. Jadi, lewat internet khususnya bloglah kita berkarya nyata dan memberikan sumbangsih kepada ilmu pengetahuan sekarang ini.

Semangat Ngeblog!

159 comments:

Post a Comment

Komentar Anda mewakili siapa Anda
Be Your Self !

 
Toggle Footer