Breaking News
Loading...
13 March 2010

Hati-hati Memilih Domain Situs atau Blog Anda

Saturday, March 13, 2010
Hati-hati Memilih Domain Situs atau Blog Anda kawan. Bukan saya menakut-nakuti tapi ini memang telah terjadi :D Pernah baca postingan saya dulu tentang You Tube Islam yang shahih dan aman? nah sekarang domainnya dah ga' bisa dibuka karena di ambil "paksa" sama google karena kesamaan merk dagang, yaitu YouTube yang menjadi milik google tersebut. Dan parahnya lagi, google mengintervensi godaddy tempat dimaan domain itu berada hingga jadilah situs tersebut tidak bisa diakses lagi. Hanya karena ada sedikit tambahan Islam dibelakangnya.

Oke itu luar negeri, sekarang di dalam negeri. Salah satu blogger Indonesia dituntut oleh perusahaan Raksasa Sony Corporation Japan karena kemiripan domain, dia adalah Sony Arianto Kurniawan dengan domainnya sony-ak.com yang telah online sejak tahun 2003! (waw lama amat, kalah telak aq) Dituntut karena kesamaan SONY, padahal itu nama dia bukan merek dagang. Emang nama Sony hanya punya Sony Corporation Japan saja? Woiiiiiii enak aja! itu nama orang bukan mereka dagang. Dan kita sebagai bloger Indonesia harus dukung Mas Sony mempertahankan domain dia. Okey?

Bayangkan kalau suatu saat ada perusahaan yang menggunakan nama saya, IHSAN dan dia terkenal kemudian menuntut domain RUANGIHSAN.COM menjadi milik mereka sedangkan saya pemlik nama IHSAN juga. Mau diambil tuch domainku juga? "Woiiiiiiiii sadar dulu. Emang nama IHSAN hanya punya nenek moyang U yang diwariskan ke U apa?" buka mata dong? dunia ini luas, negara banyak, orang milyaran, apalagi nama? satu orang aja bisa punya nama lebih dari satu? belum lagi orang yang telah meninggal, semua punya nama kan? berapa banyak jumlahnya? hitung sendiri :D

Nowgoogle.com?
waduh kalau situs Nowgoogle.com yang sedang mengadakan kontes nowGoogle.com Adalah Multiple Search Engine Popular dicaplok juga karena kesamaan domain dengan google, gimana ya? padahal kontes nowGoogle.com Adalah Multiple Search Engine Popular dah mau berakhir lo? saya ga' ikutan karena sedang sibuk menghadapi dua ujian yang masih tertunda karena harus PKL dulu sebulan. Mudah-mudahan google tidak melakukan pencaplokan kepada nowgoogle seperti pencaplokan YuoTubeIslam dulu itu. Kita susah untuk menilai siapa yang salah, karena namanya beda walau mirip.

Nah bagi kita, hati-hati dan perjuangkan saat memilih domain utuk blog atau situs kita. Karena hati-hati aja tidak cukup, kalau kita suka, pertahankan domain itu karena ITU PUNYA KITA / ITU PUNYA SAYA.

okey happy blogging

UPDATE: jika Sobat ingin mendukung Sony Di Facebook, segera gabung di GRUP Sony, Jangan Renggut Nama Temanku! dan Dukung Sony AK lawan Sony Corp

190 comments:

Post a Comment

Komentar Anda mewakili siapa Anda
Be Your Self !

 
Toggle Footer