Breaking News
Loading...
26 April 2009

Tanggapan Dari Orang Tua Kepada Anak Muda

Sunday, April 26, 2009

Masih ingat postingan saya sebelumnya tentang pendapat anak muda mengenai perlakuan orang tua? Nah, sekarang ini marilah kita melihat bagaimana pandangan orang tua terhadap anak muda. Pendapat orang tua kali kali ini diwakili oleh Ust. Endang Abdurrahman, salah satu guru/dosen sekaligus pengasuh dan orang tua saya di STAIL Hidayatullah Surabaya :D semoga dengan begini, hal-hal yang membuat putusnya hubungan komunikasi antara orang tua dan anak muda yang belakangan sering terjadi dapat kita lihat apa sebab dan akibatnya.

Oh ya, postingan ini bukan bermaksud membenturkan dua kalangan yang berbeda, tapi bagaimana kita melihat perbedaan sudut pandang dua kalangan ini. Isi dari postingan yang saya blockquote di bawah ini adalah isi pendapat Beliau yang sedikit saya edit (disarankan) untuk disesuaikan tanpa merubah maksud yang sebenarnya dari email yang dikirim ke saya karena kalau menaggapi lewat komentar nanti kepanjangan :D. OKE selamat membaca dan merenungkan tentang hal ini. :t

Assalamu'alaikum

Makasih San! Saya udah baca komen-nya di postingan saya. Rasanya gak leluasa bikin komen terlalu panjang, ya udah saya kirim aja lewat email, mudah2an gak bosen bacanya yaa. Saya ingat waktu dapat pencerahan di beberapa pengasuh saya dulu, saya pernah ditanya....bagaimana menjadi ortu yang baik? saya waktu itu tidak bisa jawab, rasanya blm pantas memberikan jawaban. Tapi itulah yang selalu saya ingat dari beliau, kalo waktu itu saya sedang dididik menjadi 'orang tua'. Dan itu saya rasakan sampe sekarang. Beruntung saya diasuh oleh orang yang tau bagaimana mendidik anak untuk zamannya.

Ada yang menarik dari Dr. Muhammad Iqbal buat kita tentang Visi ayahnya. Ada yang bisa kita petik dari ayah Dr. Muhammad Iqbal. Kepada Iqbal kecil, ayahnya memberi nasehat, "Bacalah Al- Qur'an seakan-akan ia diturunkan untukmu."

Tentunya banyak nasehat yang pernah diberikan ayahnya. Tetapi nasehat inilah yang membekas di dada Iqbal kecil sehingga mempengaruhi perkembangan jiwanya.

Tentang nasehat ayahnya ini, ia memberi kesaksian."Setelah itu," kata Dr. Muhammad Iqbal menuturkan, "Al-Qur'an terasa berbicara langsung kepadaku!"

Inilah nasehat yang sangat visioner. la mengingatkan hal-hal pokok yang apabila itu hidup dalam dirinya, maka seluruh pikiran dan tindakannya akan terwarnai. Hal yang sama berlaku untuk motivasi, dorongan belajar, nasehat tentang perilaku dan seterusnya. Ada nasehat yang hanya memiliki kekuatan satu dua jam, ada nasehat yang memiliki kekuatan satu dua minggu dan ada juga nasehat yang memiliki kekuatan hingga masa yang sangat panjang.

Kemampuan memberi nasehat yang paling tepat untuk menggerakkan kebaikan dalam diri anak asuh, kerapkali bukan lahir dari kecerdasan pengasuhnya. Betapa banyak anak- anak yang memiliki pengasuh yang berpendidikan tinggi, tetapi kualitas pengasuhan dan pendidikan yang ia (anak asuh) terima hanya setingkat dengan mereka yang tidak mampu menamatkan pendidikan dasar di SD Inpres yang paling buruk. Kenapa? Salah satunya sebabnya, karena pengasuh tidak punya visi dalam mengasuh dan mendidik.

Contoh sederhana. Tugas pengasuh adalah membimbing dan mendidik anak asuh, sedangkan tugas anak asuh adalah menjalankan komitmen awalnya sebagai anak yang siap menjadi dewasa pada saatnya. Tidak ada masalah yang perlu dirisaukan seandainya masing-masing menjalankan perannya dengan baik. Pengasuh dengan secara alamiah akan cenderung 'menekan' anak asuh. Tanpa disuruh, mereka akan melakukannya. Sebagian anak asuh bahkan merasa kebingungan bagaimana menghadapi pengasuh yang begitu 'arogan' terhadap anak asuh. Terjadilah saling tuduh biang kekacauan. Pengasuh menuduh anak asuh tidak siap dibina, anak asuh menuduh pengasuh hanya memaksakan kemauannya sendiri. Padahal akar masalahnya terletak pada rendahnya komitmen kita menjalankan tugas sebagai pengasuh dan anak asuh. Atau, boleh jadi kita memiliki komitmen yang sangat kuat, tetapi tidak memiliki visi yang jelas.

Tetapi harap diingat, lamunan yang tak diikuti dengan upaya yang keras, gambaran yang jelas dan tujuan yang kuat, bukanlah visi. la adalah angan-angan kosong. Tak bernilai.

Mungkin ini adalah bagian dari skenario Alloh untuk menjadikan kita sebagai orang tua yang berbeda dengan orang tua kita. Paling tidak kita dapat mencontoh dari kebaikannya dan berniat kuat untuk membuang sifat buruknya.

Semoga Allah Ta'ala melindungi kita, beserta seluruh keturunan kita. Semoga kita semua dapat kembali kepada-Nya dalam keadaan ridha dan diridhai-Nya.

Allahumma amin.


Bagaimana?

30 comments:

  1. setuju banget,kalo kita udah dewasa dan berpikir sendiri masaksih mau ikut sifat bapak,kalo teladan bapak itu boleh diikuti.karena bapak,ibu ,kita sendiri hanyalah insan biasa yang mempunyai kekurangan masing-masing....

    ReplyDelete
  2. keteladanan orang tua mesti kita ikuti.

    ReplyDelete
  3. casual cutie jg bingung, begini salah begitu salah. yang penting casual cutie ikutin yang bener

    ReplyDelete
  4. Saya selalu berpikir ke arah sudut pandang orang tua saya, mereka gak bakal mungkin jerumusin saya :)

    ReplyDelete
  5. sory baru OL sobat iksan.. gmn kabarnyaa...?

    ReplyDelete
  6. Yang pasti yang di kasi tau orang tua ke kita itu ga pernah jelek, orang tua pasti memberikan hal terbaik bagi anaknya..

    Hwehehehehe

    ReplyDelete
  7. sebagai orang tua dan calon orang tua sudah semestinya kita mempunyai dasar pengetahuan yang kuat tentang bagaimana menjadi contoh dan suri tauladan yang baik bagi anak-anak dan generasi muda yang kelak menggantikan posisi yang tua.

    ReplyDelete
  8. @ KartoloCyber
    Baik boss saya juga agak sibuk nih :-L

    ReplyDelete
  9. Sebenarnya siapa yang salah...???

    ReplyDelete
  10. @ Aditya Ramadhan
    entahlah...........
    terkadang memang orang tua yang salah dalam mendidik dan mengasuh, tapi terkadang juga anak muda itu yang salah karena tidak tahu diri. tergantung siapa dia-nya ;)

    ReplyDelete
  11. Terkadang diantara beberapa hal yang baik yang saling dipertahankan oleh anak dan ortu masing2 harus banyak2 introspeksi sebab tidak selamanya yang kita anggap baik itu tepat. Dan untuk menjadi pengasuh dan anak asuh yang baik tentunya harus menghilangkan sikap gengsi dan memegang komitmen yang udah disetujui masing2...moga qw kelak bisa jadi pemimpin yang baik buat keluargaku...amiinn....

    ReplyDelete
  12. sebagai anak muda ataupun sebagai orang tua sebenarnya memang harus sadar menempatkan diri dimana agar keharmonisan tetap terjalin.

    ReplyDelete
  13. pendapat yg menarik
    makasih sharingnya

    ReplyDelete
  14. mungkin kalopun kita sudah beranjak dewasa, nasihat yang diberikan oleh orang tua bisa kita seleksi. bukan niat untuk membangkang tapi, kalo nasihatnya salah kita gak harus ngikutin kan. Alangkah lebih baiknya kita yang balik menasehati orang tua apabila mereka salah, tentunya dengan tutur kata yang lembut.

    gud post bro, ini masukan berarti buat ane...

    ReplyDelete
  15. i cant understand ur language plz write it in english

    ReplyDelete
  16. Salam kenal,

    Orangtua memang harus belajar jadi Guru yang jenius bagi anaknya, atau belajar mendidik dengan kreatif.
    Saya orangtua yang sedang belajar, dan terus belajar menjembatini perbedaaan pola pikir dengan anak-anak saya.

    Karena kedua anak saya merupakan harta yang tak ternilai harganya.

    ReplyDelete
  17. ikutilah yang baik-baik dan jangan ikuti yang buruk atau maksiat.

    ReplyDelete
  18. Very nice! The information in this post is pretty useful! ED Penis

    ReplyDelete
  19. christian louboutin is one of the most stylish shoes brand,christian louboutin shoes are high-heels, and they need louboutin shoes sale to bring customer new feeling of the christian louboutin sale,louboutin sale. Women love the CL shoes to show their beautiful christian louboutin pumps, and christian louboutin boots can give them chance to own christian louboutin online shoes.christian louboutin 2010.In case you have christian louboutin knockoffs in your mind, expect the rates for the christian louboutin outlet to be more reasonably priced. People, though are skeptical of putting on a shoes christian louboutin, so one must know the discount christian louboutin that such items carry, especially when they are bought from a good christian louboutin shop like Replica Handbags Pro christian louboutin 2011.

    ReplyDelete
  20. kita sebagai anak muda harus menuntunjukan hal yang postif agar kita bisa lebih di hargai oleh orang tua

    ReplyDelete
  21. find them, such as electronics stores, camera shops and more. However,

    ReplyDelete
  22. nasehat yang sangat baik...
    semoga kita semua juga bisa menjadi orang tua yang baik pula untuk anak-anak kita semua.

    ReplyDelete
  23. artikel yang bagus....
    semoga bermanfaat untuk orang banyak.

    ReplyDelete

Komentar Anda mewakili siapa Anda
Be Your Self !

 
Toggle Footer